Peradaban Inca Hancur Akibat

Admin
0

Peradaban Inca merupakan satu-satunya kerajaan di Amerika Selatan yang mampu melampaui kemajuan Eropa pada masa itu. Namun, pada abad ke-16, peradaban ini mengalami kehancuran akibat kedatangan bangsa Spanyol yang ingin menguasai wilayah tersebut.

Penjajahan Spanyol

Bangsa Spanyol datang dengan membawa senjata dan membawa penyakit-penyakit yang membunuh banyak orang Inca. Selain itu, mereka juga merampas harta benda dan menjajah wilayah tersebut selama 300 tahun lamanya.

Dampak

Akibat penjajahan Spanyol, banyak kebudayaan Inca yang hilang dan banyak orang yang terbunuh. Selain itu, Spanyol juga memaksakan agamanya pada masyarakat Inca dan merusak sistem pemerintahan yang sudah ada.

Tetapi, masyarakat Inca tetap mempertahankan budaya mereka dan sejumlah bangunan mereka pun masih berdiri hingga saat ini, menjadi bukti sejarah yang penting tentang peradaban ini.



Kumpulan Pertanyaan dan Jawaban yang Berkaitan dengan "Peradaban Inca Hancur Akibat":



Peradaban Inca Hancur Akibat



1. Peradaban dari suku inca hancur dan terhenti seyelah ditaklukka oleh bangsa


Sebelum menjawab Peradaban dari suku inca hancur dan terhenti setelah ditaklukan, terlebih dahulu membahas secara singkat mengenai bagaimankah Peradaban Inca. 

Peradaban Suku Inca adalah Peradaban yang berkembang di sekitar pegunungan Andes, Amerika Selatan. Peradaban ini sudah menggunakan berbagai kemajuan dalam bidang  teknologi, hukum, dan kepercayaan, yang hampir sama dengan peradaban Mesopotamia dan Mesir kuno, yakni dewa matahari.  


Sistem hukum pada masa kerajaan Inca sangat tegas, jika ada yang melanggar peraturan ia diberi teguran. Jika ia melakukan kesalahan yang sama, ia akan diberi hukuman mati. masyarakat diwajibkan memberikan tanah seperti bentuk wakaf, untuk pendirian dan pemeliharaan kuil, tempat tinggal untuk para jompo, pendeta, prajurit, janda dan orang sakit.



Sistem pengetahuan mereka sudah sangat baik, salah satu yang dapat kita saksikan sebagai salah satu tujuh keajaiban dunia bernama “Maccu Piccu”.


Kerajaan  Inca  runtuh dalam waktu kurang dari 50 tahun karena pendudukan Spanyol yang dipimpin oleh Fransisco Pizarro. Fransisco Pizzaro adalah penjelajah dari Spanyol yang melakukan penjelajahan di Samudera Pasifik. Ia berhasil membunuh raja terakhir Inca bernama Atahualpa di tahun 1533. saat itu merkantilisme sangat marak terjadi, yakni bahwa emas dan perak merupakan pengganti uang. Spanyol mengambil kekayaan emas di Inca dan membangun kota lima, Ibukota negara Peru saat ini. Inilah akhir dari berakhirnya Peradaban Inca dan Amerika Selatan dijajah oleh Spanyol.

 

Untuk menambah pengetahuanmu tentang peradaban suku Inca atau Peradaban Amerika Kuno dan Peradaban Inca, klik link di bawah ini. 

Peradaban Amerika Kuno

https://brainly.co.id/tugas/6313455

................................................

Kode Soal   : 10.3.5
Kelas           : X (1 SMA)
Pelajaran    : Sejarah
Kategori      : Peradaban Kuno di Dunia
Kata Kunci  : Peradaban Amerika Kuno, Peradaban Inca

2. dalam peradaban inca terdapat tiga sapa inca yang berhasil mengembangkan peradaban ninja salah satu sampai inca tersebut adalah huayana capac yang berhasil.?​


Dalam peradapan Inca terdapat tiga sapa Inca yang berhasil mengembangkan peradapan Inca salah satunya adalah Huayana Capac yang berhasil menaklukan wilayah dan memimpin pasukan Inca hingga ke Ekuador.

Pembahasan :

Suku Inca adalah sebuah suku yang mengalami peradapan di Amerika Kuno. Pada awal mulanya peradan Suku Inca diawali didaerah Cuszo, kemudian sapa INca pertama kali mendirikan kerajaan Cuszo yakni manco Capac. Ketika kepemimpinannya perkembanga peradapan Inca pun dimulai hingga menguasai derah di peguungan Andes.

Kekaisran selanjutnya di bawah pimpinan Pachautec, mulai memberlakukan ekspansi wilayah dalam jangka panjang. Kemduian meletusnya perang saudara untuk menjadi Inca Hurin.

Hingga kerajaan inca kedatangan bangsa Spanyol, dan aksi perlawanan yang dilakukan bangsa Inca membuatnya kalah dna mengalami keruntuhan.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari tentang bangsa Inca brainly.co.id/tugas/12765894

Pelajari tentang peradapan bangs Inca brainly.co.id/tugas/15767446

----------------------- Detil Jawaban

Kelas : 9 SMP

Mapel : Sejarah

Bab:  Internasional  

Kode kategori : 9.10.14

Kata kunci: Bangsa Inca, Peradpan, Huayana Capac


3. apa pengaruh peradaban inca​


Penjelasan:

Pengeringan makanan agar awet

0.0


4. rangkuman peradaban inca ,maya,astec​


Jawaban:

maksudnya di apain Dan bagaimana


5. pengaruh peradaban inca


pengeringan makanan agar awet

6. kehidupan ekonomi peradaban inca


*Perekonomian Kerajaan Inca didasarkan pada pertanian di bawah pengawasan Kerajaan. Tanaman pertanian yang paling utama adalah kentang dan jagung.
*Masyarakat tidak mengenal kepemilikan tanah. Tanah-tanah yang bagus diberikan kepada para bangsawan yang kemudian dikelola oleh para buruh yang mereka miliki.
*Peternakan juga merupakan hal yang penting.Terutama peternakan llamas dan vicunas. Dari binatang ini mereka dapat memproduksi daging, susu dan kain wol alpaca.

7. peradaban suku maya,inca,dan aztec dapat digolingkan sebagai jenis peradaban?


Kalo gak salah peradaban amerika kuno

8. Apa nama candi peradaban inca


Nama candi disebut Manchu Picchumanchu picchu......
trims

9. bagaimana sistem pemerintahan yang berlaku pada peradaban inca


sistem pemerintahannya adalah kepala suku dan para tetua. karena dianggap bisa berkomunikasi dengan para dewa dan juga dengan nenek moyang. pemilihan kepala suku didasari oleh tingkat ilmu dan pengalamn mereka

10. 1. Apa saja ancaman dari dalam dan luar saat peradaban inca? 2. Bagaimana masyarakat peradaban inca melakukan kontak dan interaksi (sosialisasi) ?


Kategori soal: Sejarah
Kelas: SMA
Pembahasan:

1. Ancaman peradaban Inca dari dalam yaitu perang saudara antara dua bersaudara, Huascar dan Atahualpa, anak dari raja Inca, Huayna Capac dan sejumlah wilayah baru yang ditaklukan bangsa Inca mulai bergejolak terhadap kerajaan Inca. Hal ini yang melemahkan kekuasaan nenek moyang bangsa Peru tersebut. Sementara ancaman dari luar adalah datangnya Spanyol yang ingin menguasai wilayah Inca yang dipimpin oleh Fransisco 'Paco' Pizarro. Bahaya wabah cacar juga melemahkan bangsa Inca.
2. Bangsa Inca melakukan kontak dengan wilayah lain yang akan dikuasai dengan cara damai, yaitu menawarkan bergabung dengan kerajaan dan sejumlah barang mewah sebagai hadiah. Umumnya wilayah yang menjadi target tersebut menerima penawaran dari mereka, bagi yang menolak, bangsa Inca akan menyerang mereka dan membunuh penguasanya. Sementara itu, untuk interaksi di bidang ekonomi, mereka umumnya menggunakan sistem barter karena belum mengenal sistem uang. Untuk berinteraksi, mereka umumnya menggunakan bahasa Quechua sebagai bahasa sehari-hari.     


11. Awal mula peradaban suku inca?


Awal mula peradaban suku inca terjadi pada tahun 1520 M disekitar pegunungan andes, amerika, didekat samudra pasifik dengan peradabannya yang paling terkenal hinga sekarang adalah macchu picu.

12. Kenapa peradaban suku inca bisa berkembang


Penjelasan:

Suku Inca adalah kelompok bangsa Indian dari Amerika Selatan yang muncul pertama kali di wilayah Pegunungan Andes pada abad ke-12.

Sejak saat itu, suku ini mendirikan kekaisaran dan secara bertahap membangun peradaban.

Terlepas dari kehebatan mereka, Suku Inca tidak dapat melawan wabah dan kehadiran penjajah Spanyol pada abad ke-16.

Asal-usul suku Inca

Menurut mitos yang beredar di Peru, asal-usul Suku Inca diawali dengan kisah tiga gua, yakni Gua di Tampu T'uqu (Tambo Tocco) bernama Qhapaq T'uqu, Gua Maras T'uqu (Maras Tocco) dan Sutiq T'uqu (Sutic Tocco).

Empat laki-laki dan empat perempuan bersaudara diceritakan keluar dari gua yang terletak di tengah.

Mereka adalah Ayar Manco, Ayar Cachi, Ayar Awqa (Ayar Auca), Ayar Uchu, Mama Ocllo, Mama Raua, Mama Huaco dan Mama Qura (Mama Cora), yang kemudian menjadi nenek moyang Suku Inca.

Nenek moyang Suku Inca ini dipercaya masih keturunan Dewa Inti (Dewa Matahari). Setelah membunuh saudara laki-lakinya, Ayar Manco kemudian memimpin keempat saudara perempuannya melewati hutan.

Mereka akhirnya akhirnya menetap di lembah subur di dekat Cusco, Peru, pada sekitar 1200 M. Setelah itu, Ayar Manco dikenal sebagai Manco Capac, Kaisar Suku Inca yang pertama.

Kekaisaran Inca

Bersama saudara-saudara perempuannya, Manco Capac membangun permukiman Inca pertama di Kota Cusco dengan tangan mereka sendiri.

Kota Cusco kemudian dijadikan pusat pemerintahan Kekaisaran Inca, yang sejak saat itu terus melakukan perluasan wilayah.

Kekaisaran Inca mencapai puncak keemasan pada abad ke-15, saat Viracocha Inca naik takhta menjadi kaisar kedelapan.

Didukung oleh kekuatan militer dua pamannya, Kaisar Viracocha Inca mampu mengalahkan Kerajaan Ayarmaca dan mengambil alih Lembah Urubamba.

Setelah itu, takhta dilanjutkan oleh putranya, yang memiliki gelar Pachacuti Inca Yupanqui (1438-1472).

Pachacuti Inca Yupanqui kemudian menjadi salah satu penguasa Inca yang paling berpengaruh.

Di bawah kekuasaannya, wilayah Kekaisaran Inca membentang dari Ekuador Utara ke Chili dengan populasi penduduknya mencapai 12 juta jiwa.

Tidak hanya itu, Pachacuti Inca Yupanqui berhasil membangun peradaban Inca, salah satu peradaban terbesar di Amerika Selatan.

Peradaban Inca

Hidup dengan cara bercocok tanam, Suku Inca telah mengembangkan sistem irigasi dan pertanian yang maju pada zamannya.

Mereka membangun kanal-kanal untuk mengairi lahan mereka dan mengubah lereng-lereng gunung menjadi bertingkat-tingkat (terasering) agar dapat digunakan sebagai lahan bercocok tanam.

Suku Inca memiliki sekitar 700 bahasa, tetapi bahasa resmi yang digunakan kekaisaran adalah bahasa Quechua.

Kemajuan seni bangunan dari peradaban Inca dapat terlihat melalui peninggalan berupa istana-istana megah yang terbuat dari batu dengan ukiran-ukiran yang indah, benteng, jalan raya, hingga tata kota.

Suku Inca membangun sebagian besar kotanya di dataran tinggi dan sisi-sisi curam Pegunungan Andes.

Rumah-rumah dibuat dari batu yang beratapkan jerami. Meski dibangun tanpa menggunakan perekat, konstruksi bangunan mereka sangat kokoh dan diakui sebagai yang terbaik di dunia.

Salah satu peninggalan peradaban Inca yang paling terkenal adalah Machu Picchu di Peru.

Budaya Suku Inca

Suku Inca menganut sistem kepercayaan politheisme atau memuja banyak dewa, di mana dewa yang dianggap paling tinggi tingkatannya adalah Dewa Matahari.

Mereka juga kerap melakukan upacara Capacocha, atau upacara persembahan anak-anak untuk para dewa.

Anak-anak yang telah diberi minuman semacam bir akan tertidur, kemudian ditaruh di ceruk bawah tanah dan dibiarkan sampai mati membeku.

Bagi Suku Inca, anak-anak tersebut tidak dikorbankan untuk menyenangkan dewa, tetapi mereka akan bergabung dalam dunia dewa dan hidup bersama mereka.

Hal itu dianggap sebagai penghargaan tertinggi, karena mereka akan hidup lebih baik, yang tidak akan mereka dapat jika hidup menjadi manusia.

Runtuhnya peradaban Inca

Peradaban Inca diperkirakan runtuh karena kehadiran penjajah Spanyol pada abad ke-16 yang juga membawa wabah cacar.

Pada abad ke-16, seluruh wilayah mereka telah jatuh ke tangan bangsa Spanyol, yang terpikat oleh cerita kekayaan Suku Inca.

Meskipun kalah jumlah, bangsa Spanyol yang dipimpin oleh Francisco Pizarro berhasil menculik kaisar Inca dan menaklukkan rakyatnya karena persenjataan mereka lebih canggih.

Saat ini, keturunan Suku Inca masih ada dan hidup sebagai petani yang berbahasa Quechua di Pegunungan Andes.

Jumlah mereka diperkirakan mencapai 45 persen dari populasi total di Peru.

Peninggalan Suku Inca:

•Machu Picchu

•Winay Wayna

•Kota tinggi Llactapata

•Benteng Sacsayhuaman


13. apa pengaruh peradaban inca​


Jawaban:

Kekaisaran Inka atau Tawantinsuyu (Quechua: Negeri Empat Wilayah) adalah sebuah kerajaan yang terletak di wilayah yang sekarang adalah Peru dari 1438 sampai 1533. ... Inka disebut sebagai peradaban "pra-Columbus, artinya sudah ada sejak sebelum kedatangan Christopher Columbus.

Penjelasan:

maaf jika salah


14. bagaimana sistem pemerintahan yang berlaku pada peradaban inca


Dinasti Shang (1300-1027 SM)

Menurut penelitian sejarah Dinasti Shang merupakan dinasti yang kali pertama memerintah Cina. Dinasti Shang beribu kota di Yin Chu (An-Yang). Kaisar Shang memerintah sebagai raja imam (Priest King) dengan membagl-bagi kekuasaannya dalam 30 wilayah yang diperintah oleh raja-raja bawahan.


15. Peradaban suku maya ,inca dan aztec dapat digolongkan sebagai jenis peradaban


Sebagai peradaban yang sudah maju, hal ini dibuktikan dengan ditemukan nya satu batu yang berisi tulisan-tulisan yang digunakan sebagai kalender hari di suku maya.. trma kasih!! Mohon maaf jika salah

16. Bagaimana sistem pemerintahan yang berlaku pada peradaban Inca?


Kekaisaran Inca berawal dari sebuah kerajaan kota kecil di pegunungan Andes bernama Kerajaan Kuzco. Kerajaan Kuzco kemudian membangun angkatan perang yg just Dan menundukkan kerajaan kerajaan lain di pegunungan Andes, lalu membangun Kekaisaran Inca yg kuat, bersatu, Dan damai. Kekaisaran Inca kemudian menjadi negara yg dihormati dan dipuji do Amerika selatan

17. Hubungan antara peradaban maya, aztek dan inca adalah


Hubungan atau kaitan antara peradaban maya, inca dan aztek yaitu sama-sama merupakan peradaban Amerika Kuno. Peradaban maya berada di wilayah Mexico, Guatemala hingga Honduras, Peradaban Aztek berada di wilayah lembah Mexico (mexico tengah), Peradaban Inca berada di wilayah Peru hingga Chili.

Pembahasan

Walau pun berhubungan dalam satu peradaban yaitu Peradaban Amerika Kuno, masing-masing peradaban memiliki aturannya masing-masing. Suku Aztec memilah-milah wilayahnya menjadi beberapa provinsi. Setiap provinsi dipegang oleh daerah yang paling besar. dan setiap provinsi memiliki peraturan yang berbeda-beda. Perbedaan peraturan itu bukanlah suatu masalah, selama setiap provinsi itu hormat kepada Kekaisaran Aztec. Suku Maya juga memilah-milah wilayahnya menjadi beberapa provinsi. Akan tetapi, masing-masing provinsinya memiliki pemimpin yang berbeda-beda, sama halnya seperti di eropa. Suku Inca memiliki daerah yang sangat luas. Akan tetapi, suku Inca mengatur daerahnya dengan sistem kerajaan. Jadi, Mereka hanya memiliki satu daerah penguasa dan satu pemimpin. Semua kegiatan dan aktivitas wajib dilaporkan kepada pemimpin yang berkuasa di masing-masing wilayah.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang peradaban di Amerika pada link berikut:
https://brainly.co.id/tugas/17867457

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4


18. Peradaban inca tidak menciptakan sistem tulisan . Bagaimana masyarakat suku inca menyimpan informasi mengenai peradabannya ? (tolong jawab dengan benar).


Jawaban:

melalui tokoh tokoh yg masih hidup

dan benda"peninggalan peradaban inca

Penjelasan:

smoga mmbntu.salam delima ❤


19. Peradaban inca Tidak menciptakan sistem tulisan. Bagaimana Masyarakat suku inca menyimpan informasi meneganai peradabannya


Peradaban Inca memang tidak mengenal sistem tulisan pada masa itu, sehingga mereka ada yang bertugas sebagai penyebar informasi yang disebut dengan Pelari Beranting. 

Pelari Beranting adalah Pemberi informasi secara cepat, karena Peradaban Inca tidak mengenal tulisan. Mereka biasanya dengan estafet karena kerajaan ini begitu luas. Jika informasi sudah sampai di masyarakat, mereka menyimpan informasi dalam bentuk sistem Quipu. Quipu adalah sebuah kawat dengan simpul yang memiliki kode tertentu, yang kemudian disimpan oleh warga. 
Untuk menambah pengetahuanmu tentang bagaimana interaksi sosial di Inca, klik link di bawah ini :

Sistem Sosial Inca
https://brainly.co.id/tugas/15783093

.....................................
Kode Soal   : 10.3.5
Kelas           : X (1 SMA)
Pelajaran    : Sejarah
Kategori      : Peradaban Kuno di Dunia
Kata Kunci  : Peradaban Inca, Quipu, Pelari Beranting


20. bagaimana sistem pemerintahan yang berlaku pada peradaban inca?


kekaisaran inca berawal dari sebuah kerajaan kota kecil di pegunungan Andes bernama Kerajaan Kuzco. Kerajaan Kuzco kemudian membangun angkatan perang yang kuat dan menundukkan kerajaan-kerajaan lain di pegunungan Andes, lalu membangun Kekaisaran Inca yang kuat, bersatu, dan damai. Kekaisaran Inca kemudian menjadi negara yang dihormati dan dipuji di Amerika Selatan.


Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)