Perbedaan Tari Kreasi Dan Tari Tradisional

Admin
0

Tari Kreasi dan Tari Tradisional memiliki perbedaan yang signifikan. Tari Kreasi merupakan tarian yang diciptakan berdasarkan keinginan dan kreativitas penari, sedangkan Tari Tradisional merupakan tarian yang telah menjadi warisan budaya turun temurun dan tidak banyak mengalami perubahan. Meskipun Tari Kreasi dapat menggabungkan gerakan-gerakan dari Tari Tradisional, namun Tari Kreasi lebih bebas dalam pengembangan gerakan dan tema yang ditampilkan. Sebagai hasil kreasi baru, Tari Kreasi mampu memperkaya keanekaragaman budaya Indonesia.

Kumpulan Pertanyaan dan Jawaban yang Berkaitan dengan "Perbedaan Tari Kreasi Dan Tari Tradisional":



Perbedaan Tari Kreasi Dan Tari Tradisional



1. perbedaan tari tradisional tari kreasi


tari tradisional adalah tari yg berasal dari daerah tertentu
sedangkan tari kreasi adalah tari yg dibuat sendiri
maaf kalau salah:)

2. perbedaan tari tradisional dengan tari kreasi?​


Perbedaan nya:

-tari tradisional menampilkab khas daerah asal tari secara penuh

-tari kreasi mungkin saja menampilkan ciri tersebut,tetapi tidak secara keseluruhan

-tari tradisional biasanya dikaitkan kesebuah legenda atau cerita rakyat

-tari tradisional tidak bisa dirubah sesuai zaman

-tari kreasi bisa diadaptasi dari tari tradisional,modern,campuran

Trimss!!smga membantu


3. Apakah yang membedakan tari tradisional dengan tari kreasi


perbedaannya adalah 1. Tari tradisional menampilkan ciri khas daerah asal tari tersebut secara penuh 
2. Tari kreasi mungkin saja menampilkan ciri tersebut, tetapi tidak secara keseluruhan dan selebihnya rekaan yang merupakan campuran. atau bahkan tidak menampilkan sisi tradisionalnya. 
3. Tari tradisional biasanya sering dikaitkan dengan legenda tertentu di sebuah daerah ataupun tradisi atau ritual tertentu yang sering dilakukan sebuah daerah atau sebuah kerajaan. 
4. Beberapa tari tradisonal tidak bisa dilakukan atau ditampilkan begitu saja, penari, penonton bahkan waktunya sudah ditentukan. misalnya tari penyambutan terhadap tamu kerajaan.. 
5. Tari tradisional tidak bisa dirubah sesuai zaman 
6. Tapi Tari Kreasi ( rekaan/ kontemporer ) bisa diadaptasi dari tari tradisional, modern, atau campuran.
semoga membantuTARI TRADISIONAL ADALAH TARI YANG SUDAH MENJADI CIRI KHAS DAERAH MASING2.SEDANGKAN TARI KREASI  YAITU TARI YANG MENGGABUNGKAN SATU TARI DENGAN YANG LAINNYA

MAAAPPP KLO SALAH

4. Apa yang membedakan tari tradisional dengan tari kreasi?​


Jawaban:

Tari tradisional merupakan tari yang berkembang di suatu daerah secara turun temurun. Sedangkan. Tari kreasi merupakan Tari yang dilakukan di waktu dan di tempat tertentu untuk mengekspresikan dan mengungkapkan ide ide atau pikiran. ... Gerakan pada tari tradisional memiliki arti dan makna tertentu.

Perbedaan tari kreasi dan tari tradisional

Pembahasan:

Tari tradisional merupakan tari yang berkembang di suatu daerah secara turun temurun. Sedangkan

Tari kreasi merupakan Tari yang dilakukan di waktu dan di tempat tertentu untuk mengekspresikan dan mengungkapkan ide ide atau pikiran.

Tari tradisional lebih bersifat kedaerahan.

Tari kreasi bisa diartikan sebagai perpaduan antar gerak tari, seperti perpaduan antara tari tradisional, modern,dll.

Tari tradisional diiringi dengan musik tradisional.

Tari tradisional biasanya menggunakan pakaian/baju adat sesua daerahnya masing masing.

Gerakan pada tari tradisional memiliki arti dan makna tertentu.

Tari tradisional biasanya bertumpu pada nilai nilai budaya yang ada pada suatu daerah tertentu.

Selain gerakan tariannya, busana, irama, maupun tata rias tari kreasi merupakan hasil modifikasi tari tradisional.

Tari kreasi merupakan karya atau kreativitas dari suatu kelompok maupun individu.


5. Apa yang membedakan tari tradisional dengan tari kreasi?


Jawaban:

Jika tari tradisional, adalah tarian yang tumbuh dan berkembang di suatu daerah tertentu, yang dianut secara turun temurun oleh masyarakatnya.

Jika tari kreasi, adalah tari klasik yang diaransemen dan dikembangkan sesuai perkembangan zaman, namun tetap mempertahankan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Penjelasan:

Semoga Membantu...


6. Apa perbedaan tari kreasi daerah atau tradisional tari kreasi modern dan tari kreasi kontemporer


Jawaban:

Jika tari kreasi daerah yang masih menganut beberapa aturan tarian daerah aslinya, berbeda dengan tari kreasi modern tidak memiliki aturan-aturan tertentu. Menariknya pada tari kreasi modern, tidak ada aturan dalam gerakan, dan berbagai aspek lain dalam tarian

tolong minta jawaban tercerdasnya ya ^_^


7. jelaskan perbedaan tari kreasi daerah/tradisional,tari kreasi modern,dan tari kreasi kontemporer?​


Jawaban:

Perbedaan tari kreasi daerah/tradisional, tari kreasi modern, dan tari kontemporer adalah

Tari kreasi daerah adalah tari yang mengalami perubahan yang mengikuti zaman, sehingga terjadi perubahan dalam bentuk, gerak tetapi tetap memiliki ciri dari daerah tersebut.Tari kreasi modern adalah tari yang tidak memiliki aturan didalamnya sehingga dapat mengekspresikan diri dengan bebas.Tari kreasi kontemporer adalah tari yang diciptakan karena adanya suatu isu atau permasalahan sehingga gerakan yang dimiliki unik dan mempunyai makna.

Penjelasan:

Tari kreasi daerah merupakan sebuah tarian yang diciptakan dengan inovasi dan dikembangan mengikuti zaman tetapi tidak meninggalkan ciri khas dari daerah tersebut. Sehingga jika diamati dapat melihat perbedaan dan keunikan dari tarian daerah. Ciri-ciri dari tari kreasi daerah adalah tari tersebut merupakan hasil eksplorasi dari tari tradisional dengan sebuah ungkapan atau ekspresi pribadi yang menampilkan sebuah kebebasan dan menandakan asal daerah asal. Fungsinya adalah menunjukkan kreasi tanpa menghilangkan unsur budaya. Contohnya Tari Nguri asal Kerajaan Sumbawa, Tari Merak asal Jawa Barat, Tari Kupu-kupu asal Bali.

Tari kreasi modern adalah tari yang diciptakan dan dikembangkan mengikuti perubahan zaman, tari ini tidak memiliki aturan pada gerakannya sehingga dapat mengekspresikan diri secara bebas. Fungsi tari ini adalah membuat manusia dapat mengekspresikan emosinya secara bebas. Contohnya Tari Kuntulan yang merupakan tarian rakyat di daerah Pemalang.

Tari kreasi Kontemporer adalah tari yang diciptakan karena adanya isu atau permasalahan yang terjadi sehingga dituangkan dalam sebuah tari. Tari yang diciptkana memiliki gerakan yang unik, selain itu musik yang digunakan juga sangat unik. Contoh tari kontemporer adalah Tari Cak Rina yang diciptakan oleh tokoh tari kontemporer asal Indonesia, Sardono W.

Pelajari Lebih Lanjut

Perbedaan tari kreasi tradisi dan kreasi modern https://brainly.co.id/tugas/28438043Keunikan tari kreasi kontemporer https://brainly.co.id/tugas/12770131

#BelajarBersamaBrainly


8. Apa perbedaan tari kreasi daerah/tradisional, tari kreasi modern, dan tari kreasikontemponer? ​


Jawaban:

Tari tradisional adalah semua tari yang mengalami perjalanan sejarah yang cukup lama dan menjadi tumpu pada pola tradisi masyarakat yang sudah ada sedangkan tari kontemporer adalah tarian yang terpengaruh dampak modernisasi serta bersifat bebas dan tak terikat oleh pakem-pakem gerak sebagaimana pada tarian tradisional.

Penjelasan:

semogamembantu

jangan lupa follow + jadikan yang terbaik

Jawaban:

Tari tradisional adalah semua tari yang mengalami perjalanan sejarah yang cukup lama dan menjadi tumpu pada pola tradisi masyarakat yang sudah ada sedangkan tari kontemporer adalah tarian yang terpengaruh dampak modernisasi serta bersifat bebas dan tak terikat oleh pakem-pakem gerak sebagaimana pada tarian tradisional.

Tari kreasi baru atau tari modern adalah tari-tari klasik yang dikembangkan sesuai perkembangan lingkungan zaman setempat termasuk juga di Indonesia.

Tarian kontemporer adalah gerakan tari kontemporer simbolik terkait dengan koreografi bercerita dengan gaya unik dan penuh penafsiran. sedangkan, tari kreasi baru sering disebut tari modern. tari kreasi baru merupakan karya tari garapan baru. tari ini tidak berpijak pada aturan yang telah ada

Penjelasan:

maaf kalo salah


9. perbedaan tari tradisional dan tari kreasi


tari tradisionl adalah tari yang berkebudayaan turun temuruntari yang kebudayaannya turun temurun

10. Apa perbedaan tari kreasi daerah/tradisional, tari kreasi modern, dan tari kreasi kontemporer?


Jawaban:

perbedaannya adalah alat musik yang di gunakan saat mengiringi tari masing masing,dan daerah nya juga berbeda beda.


11. Apa perbedaan tarian tradisional dan tarian kreasi​


Jawaban:

tarian tradisional merupakan tari yang berkembang di suatu daerah secara turun temurun sedang kan tari kreasi hasil modifikasi tari tradisional

Jawaban:

tarian tradisional memiliki cerita mistis tertentu atau cerita rakyat tertentu sedangkan tarian kreasi tidak memiliki cerita apapun dan hanya dinikmati saja tanpa ada unsur atau alasan tertentu dan hanya untuk hiburan saja

Penjelasan:

semoga membantu

jadiin yang terbaik ya kak


12. Jelaskan perbedaan tari kreasi daerah atau tradisional tari kreasi modern dan tari kreasi kontemporer


Jawaban:

perbedaanya yaituh tari kreasi tradisional mencerminkan kekayaan dan keanekaragamannya. tari kreasi moderen hanya tarian tari yang hanya garapan baru dan tari ini tidak berpinjak pada aturan,kemudian tari kontenporer adl gerakan simbolik hanya terkait koreografi dgn gaya unik dan penafsiran


13. Jelaskan perbedaan antara tari kreasi tradisional dengan tari kreasi kontemporer!​


Jawaban:

Tari tradisional adalah semua tari yang mengalami perjalanan sejarah yang cukup lama dan menjadi tumpu pada pola tradisi masyarakat yang sudah ada sedangkan tari kontemporer adalah tarian yang terpengaruh dampak modernisasi serta bersifat bebas dan tak terikat oleh pakem-pakem gerak sebagaimana pada tarian tradisional.

tari kreasi tradisional adalah tarian yang memiliki gerak tertentu yang diikat oleh tatanan budaya setempat baik secara etika dan estetika yang menggambarkan ciri khas dari masyarakat suatu daerah

/maaf aku hanya bisa kasih pengertian tari kreasi tradisional aja / semoga bermanfaat :)


14. Apakah perbedaan tari kreasi dengan tari tradisional ?


Jawaban:

Tari tradisional dan tari kreasi baru merupakan dua jenis seni tari yang berkembang di Indonesia.

Kedua seni tari ini memiliki persamaan dan perbedaan. Salah satu persamaannya terletak pada tujuan tarinya. Contoh, ada seni tari yang ditujukan untuk keperluan keagamaan, dan ada pula tari yang digunakan sebagai hiburan.

Sedangkan salah satu perbedaan tari tradisional dengan tari kreasi baru adalah penyajiannya. Tari tradisional disajikan sesuai nilai yang berkembang di suatu daerah. Sedangkan tari kreasi baru ditampilkan dengan pengembangan nilai yang ada.

Penjelasan:

semoga membantu

terimakasih


15. Apa perbedaan tari kreasi dan tari tradisional


kalau tari tradisional itu murni tarian dari daerah tersebut, kalau tari kreasi berasal dari pola pikir kreatif manusia yang di modifikasi, jenis tarian yang diinovasi agar terlihat modern. dan bisa diterima di masyarakat seiring berkembangnya zama

16. Jelaskan perbedaan tari kreasi daerah tradisional tari kreasi modern dan tari kreasi kontemporer


Jawaban:

perbedaanya yaituh tari kreasi tradisional mencerminkan kekayaan dan keanekaragamannya. tari kreasi moderen hanya tarian tari yang hanya garapan baru dan tari ini tidak berpinjak pada aturan,kemudian tari kontenporer adl gerakan simbolik hanya terkait koreografi dgn gaya unik dan penafsiran

Penjelasan:

semoga membantu ya

jadikan jawaban tercerdas yh

17. apa perbedaan tari tradisional klasik dan tari tradisional kreasi


tari yang benar benar masih asli gerakan dan musiknya, sedangkan tari kreasi tradisional telah ditambahkan/dirubah musiknya

18. Apa saja perbedaan tari tradisional dan tari kreasi ?​


Tari tradisional adalah tari yang sudah berada di suatu daerah selama turun temurun sedangkan tari kreasi daerah adalah tari baru yang dibuat dengan mengikuti nilai nilai adat yang terkandung dalam suatu daerah.Contohnya adalah tari merak.

maaf jika salah atau kurang tepat

Penjelasan:

Tari tradisional merupakan tari yang berkembang di suatu daerah secara turun temurun. ... Selain gerakan tariannya, busana, irama, maupun tata rias tari kreasi merupakan hasil modifikasi tari tradisional. Tari kreasi merupakan karya atau kreativitas dari suatu kelompok maupun individu.


19. Apa perbedaan dari tari tradisional, tari kreasi, dan tari kontemporer​


Jawaban:

Tari kreasi merupakan bagian dari evolusi tari, yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Perubahan seni tari, termasuk seni tari kreasi juga terkait dengan perkembangan kehidupan masyarakat yang tak pernah berhenti, tidak terputus satu sama lain, melainkan saling berkesinambungan. Tari kreasi adalah jenis tari yang koreografinya masih berdasarkan tarian tradisional atau mengembangkan pola tari yang sudah ada. Pada awalnya, tari kreasi hanya merupakan perkembangan dari tari rakyat dan tari klasik. Namun, tari kreasi baru juga muncul karena orientasi gerak dari daerah yang berbeda atau dengan kombinasi gerak tari dari negara lain, dikembangkan dengan unsur tradisi yang ada dan pengiring yang bervariasi.

Beberapa contoh tarian yang termasuk pada tari kreasi adalah:

Tari Gebyar Trompong,

Tari Oleg Tambulilingan,

Tari Manuk Rawa (Bali),

Tari Karonsih (Jawa tengah),

Tari Kipas, dan

Tari Mainang Pulo Kampu (Sumatra).



Tari kreasi baru dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman, namun tidak menghilangkan nilai-nilai tradisi itu sendiri secara mendasar. Ada 2 jenis tarian kreasi baru, yaitu:

Tari kreasi berpolakan tradisi

Tari kreasi berdasarkan kaidah tari tradisional, baik dari segi koreografi, musik, tata busana, tata rias dan teknik teater. Ada sedikit perkembangan, tapi itu tidak menghilangkan elemen utama dari tradisi.

Tari kreasi non tradisi

Tari yang melepaskan diri dari pola-pola tradisi, baik dari segi koreografi, musik, rias dan kostum serta teknik teatrikal.



Tari tradisional dapat dipahami sebagai tarian yang berkembang di suatu daerah tertentu dan dipraktekkan oleh masyarakat daerah tersebut secara turun temurun. Pada saat yang sama, tari kreasi baru datang dari tari klasik atau tradisional, yang kemudian berkembang seiring berjalannya waktu.

Ok"saya akan bantu adek jawab soal tentang seni tari!

========================

>Tari tradisional

adalah tarian yang tumbuh di kalangan rakyat, ragam tarian rakyat tumbuh menurut letak geografis, seperti daerah pegunungan, dan pesisir pantai, hal ini yang membedakan bentuk dan dinamika tariannya.

>Tari kreasi

atau kadang disebut tari kreasi Nusantara adalah jenis tarian baru yang koreografinya masih berpijak pada tarian tradisional Nusantara atau tarian yang sudah ada. Tari kreasi merupakan perkembangan dari kesenian tradional, kesenian rakyat, atau kesenian klasik, yang diberi sentuhan modern.

>Tari kontemporer

Tari kontemporer adalah tari yang tidak menggunakan pakem atau aturan dari tari tradisi. Tari kontemporer memadukan unsur tradisi dengan unsur modern, namun tanpa menghilangkan jiwa dari tari tradisi tersebut. Jadi, dengan kata lain, tari kontemporer merupakan kombinasi antara tari tradisional dan tari modern.

====================="Sekian terima kasih dan semoga membantu"

=====================

Kerjasama:

@Brainly

@Kokbisa


20. perbedaan antara tari tradisional dan tari kreasi​


sukh san budaya

Penjelasan:

tari tradisioal adalah tari yang diwariskan dari dahulu hingga sekarang




Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)