Tentukan Jenis Pronomina Persona Dalam Kutipan Tersebut

Admin
0

Pronomina persona adalah kata ganti yang digunakan untuk menggantikan orang dalam sebuah kalimat. Ada tiga jenis pronomina persona, yaitu orang pertama, orang kedua, dan orang ketiga. Dalam kutipan, kita perlu menentukan jenis pronomina persona yang digunakan. Jika menggunakan kata ganti "saya," "kami," "aku," atau "kita," maka itu merupakan orang pertama. Jika menggunakan kata ganti "kamu," "anda," atau "engkau," maka itu merupakan orang kedua. Sedangkan, jika menggunakan kata ganti "dia," "mereka," atau "ia," maka itu merupakan orang ketiga.

Kumpulan Pertanyaan dan Jawaban yang Berkaitan dengan "Tentukan Jenis Pronomina Persona Dalam Kutipan Tersebut":



Tentukan Jenis Pronomina Persona Dalam Kutipan Tersebut



Daftar Isi:

1. 1. tentukan jenis pronomina persona dalam kutipan tersebut! 2. tentukan jenis pronomina penunjuk dalam kutipan tersebut! 3. tentukan konjungsi koordinatif dalam kutipan tersebut! 4. tentukan konjungsi subordinatif dalam kutipan tersebut! 5. jelaskan fungsi penggunaan pronomina dan konjungsi yang digunakan dalam kutipan tersebut!


Jenis promina persona dalam kutipan tersebut adalah kata ganti orang ketiga yaitu penggunaan kata "ia".Jenis promina penunjuk dalam kutipan tersebut adalah promina penunjukumum yaitu penggunaan kata "ini".Konjungsi koordinatif dalam kutipan tersebut yaitu "atau" dan "dan".Konjungsi subordinatif dalam kutipan tersebut yaitu subordinatif waktu dan subordinatif atributif. Subordinatif waktu yaitu penggunaan "selama". Fungsi penggunaan promina dalam kutipan tersebut yaitu sebagai kata ganti, kata "ia" menggantikan Sinta Ridwan, kata "ini" menggantikan Antologi Bintang V1.7. Fungsi penggunaan konjungsi koordinatif dalam kutipan tersebut yaitu kata penghubung penambahan dan pemilihan. Fungsi penggunaan konjungsi subordinatif dalam kutipan tersebut yaitu sebagai penanda awal peristiwa.

Penjelasan:

Promina atau kata ganti adalah sebuah kata yang digunakan sebagai kata ganti untuk mewakili suatu subjek, benda, atau tempat. Berdasarkan penggunaannya, promina terdiridari tiga jenis yaitu:

Promina personaPromina penunjukPromina penanya.

Konjungsi atau kata hubung berguna untuk menghubungkan dua kata, frasa, atau klausa. Jenis-jenis konjungsi antara lain:

Konjungsi koordinatifKonjungsi korelatifKonjungsi subordinatifKonjungsi antarkalimat.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang promina https://brainly.co.id/tugas/162766

Materi tentang konjungsi https://brainly.co.id/tugas/1781816

#BelajarBersamaBrainly


2. Sebutkan jenis-jenis pronomina persona!


Dalam bahasa Indonesia, pronomina persona disebut juga dengan kata ganti orang. Pronomina persona adalah kata yang digunakan untuk pengganti orang. Pronominа Personа terdiri atas:

Kаtа gаnti orаng pertаmа tunggаl, seperti : sаyа, аku.Kаtа gаnti orаng pertаmа jаmаk, seperti : kitа, kаmi.Kаtа gаnti orаng keduа tunggаl, seperti : engkаu, kаmu, аndа.Kаtа gаnti orаng keduа jаmаk, seperti : kаliаn.Kаtа gаnti orаng ketigа tunggаl, seperti : diа, beliаu.Kаtа gаnti orаng ketigа tаmаk, seperti : merekа.Pembahasan

Pronomina persona atau kata ganti orang dikelompokkan menjadi tiga besar, yaitu kata ganti orang pertama, kedua, dan ketiga. Dari tiga kelompok ini, diklasifikasikan lagi menjadi bentuk tunggal dan jamak.

Kаtа pronominа аtаu dаlаm bаhаsа Inggris, pronouns, berаsаl dаri kаtа Lаtin yаitu pro yаng berаrti menggаntikаn dаn nomen yаng berаrti аpа pun yаng bernаmа. Jadi, pronomina atau kаtа gаnti ini digunаkаn untuk merujuk pаdа kаtа bendа lаin, biаsаnyа subjek аtаu objek.

Ciri-ciri pronomina adalah

Pronominа аtаu kаtа gаnti menggаntikаn kаtа bendа (nominа).Bisа menjаdi subjek аtаu objek kаlimаt.Dalam bаhаsа Indonesiа, pronominа jugа bisа digunаkаn untuk menggаntikаn penunjuk tempаt. Pelajari Lebih LanjutMateri tentang pronomina persona pada https://brainly.co.id/tugas/7374314Materi tentang menemukan pronomina dalam teks pada https://brainly.co.id/tugas/24285415Materi tentang contoh pronomina pada https://brainly.co.id/tugas/4058195Detail Jawaban

Kelas : -

Mapel : Bahasa Indonesia

Bab : Pronomina

Kode : -

#TingkatkanPrestasimu

#SPJ3


3. Sebutkan jenis dan bentuk pronomina persona!


Jawaban:

Pronomina, atau kata ganti, ialah jenis kata yang berfungsi menggantikan nomina lain atau frasa nomina lain.

Penjelasan

Pronomina persona,

yaitu pronomina yang dipakai untuk mengacu pada orang. Pronomina persona dapat mengacu pada diri sendiri (pronomina persona pertama), mengacu pada orang yang diajak bicara (pronomina persona kedua), atau mengacu pada orang yang dibicarakan (pronomina persona ketiga). Contoh:

a) pronomina orang pertama: aku, saya. b) pronomina orang kedua: kamu, engkau, anda. c) pronomina orang ketiga: dia, ia.

Pronomina non persona

yaitu pronomina yang dipakai untuk mengacu pada sesuatu (biasanya benda), bukan pada orang. Contoh:

ini, itu.


4. Pronomina persona artinya


pronomina adalah kata yg d pakai utk mengacu ke nomina lain utk menggantikan nomina lainnya

5. Namun, sekarang hanya dalam beberapa bulan saja mereka sudah mahir menggunakan berbagai jenis teknologi....Pronomina yang terdapat dalam teks tersebut termasuk kategori.... A. Pronomina penanya B. Pronomina penunjukC. Pronomina persona orang pertama D. Pronomina persona orang kedua E. Pronomina persona orang ketiga​


Jawaban:

E. Pronomina persona orang ketiga

Penjelasan:

Karena disana menyebutkan *mereka* yang merupakan Pronomina persona orang ketiga jamak


6. arti dari pronomina persona


poronomia yang dipakai untuk mengacu pada orang, atau mengacu pada orang yang diajak bicaramengacu pada orang yang di ajak bicara

7. jelaskan tentang pronomina persona


Kata ganti orang (pronomina persona). Terbagi tiga dan dapat bersifat tunggal maupun jamak, baik kata maupun frasa pronomial. Hanya dapat digunakan untuk mengganti nomina orang, nama orang, atau hal-hal lain yang dipersonifikasikan. Perkecualian adalah "ia", yang dalam kalangan terbatas sering digunakan untuk menggantikan nomina tak bernyawa[1]. Pronomina perlu dibedakan dari sapaan, seperti Saudara, Bapak, Ibu, Tuan, Nyonya, Yang Mulia, dsb. Sebagian dari mereka termasuk nomina.

#semoga membantu

8. Apa yang dimaksud dengan pronomina persona dan pronomina non persona?


Jawaban:

Pronomina, atau kata ganti, ialah jenis kata yang berfungsi menggantikan nomina lain atau frasa nomina lain. Pronomina persona, yaitu pronomina yang dipakai untuk mengacu pada orang. Pronomina non persona, yaitu pronomina yang dipakai untuk mengacu pada sesuatu (biasanya benda), bukan pada orang.

Jawaban:

Pronomina, atau kata ganti, ialah jenis kata yang berfungsi menggantikan nomina lain atau frasa nomina lain.

Pronomina persona, yaitu pronomina yang dipakai untuk mengacu pada orang. Pronomina persona dapat mengacu pada diri sendiri (pronomina persona pertama), mengacu pada orang yang diajak bicara (pronomina persona kedua), atau mengacu pada orang yang dibicarakan (pronomina persona ketiga). Contoh: a) pronomina orang pertama: aku, saya. b) pronomina orang kedua: kamu, engkau, anda. c) pronomina orang ketiga: dia, ia.

Pronomina non persona, yaitu pronomina yang dipakai untuk mengacu pada sesuatu (biasanya benda), bukan pada orang. Contoh: ini, itu.

Semoga membantu ya


9. pronomina persona artinya


Pronomina persona adalah pronomina yang dipakai untuk mengacu pada orang.
Semoga membantu ^-^

10. jelaskan perbedaan pronomina persona dan pronomina nonpersona​


Jawaban:

Pronomina, atau kata ganti, ialah jenis kata yang berfungsi menggantikan nomina lain atau frasa nomina lain. Pronomina persona, yaitu pronomina yang dipakai untuk mengacu pada orang. ... Pronomina non persona, yaitu pronomina yang dipakai untuk mengacu pada sesuatu (biasanya benda), bukan pada orang


11. Kalimat pronomina persona adalah


Jawaban:

pronomina merupakan nama lain dari “kata ganti”.

Penjelasan:

Maaf klo salah:)


12. pronomina Persona adalah​


Jawaban:

Pronomina persona selalu mengacu ke orang, dapat menunjuk diri sendiri (pronomina persona pertama), mengacu kepada orang yang diajak bicara (pronomina persona kedua), atau mengacu ke orang yang dibicarakan (pronominal persona ketiga).

Pronomina persona selalu mengacu ke orang, dapat menunjuk diri sendiri (pronomina persona pertama), mengacu kepada orang yang diajak bicara (pronomina persona kedua), atau mengacu ke orang yang dibicarakan (pronominal persona ketiga).


13. Nextpronomina persona adalah...​


Jawaban:

pronominapersonaadalahkataygdipakaiuntukmengacupadanominalainsedangkanpronominapersonaadalahygdipakaiuntukmengacukpdorang

Penjelasan:

maapklosalah

Jawaban:

kata ganti orang

Penjelasan:

Ciri ciri pronomina persona?Biasanya kata ganti (pronomina) berada pada posisi fungsi dari subjek (S) dan Objek (O) pada suatu kalimat, tetapi sering juga pada kalimat tertentu berada di posisi predikat (P) didalam suatu kalimat.

Kata ganti (pronomina) letaknya bisa berubah-ubah, dengan kata lain tidak tetap.

maaf kalo salah

semoga membantu

aku liat dari buku.! :v


14. Pronomina yang terdapat dalam kalimat ketiga teks eksposisi merupakan pronomina persona....​


Jawaban:

Kata ganti orang (pronomina persona) kedua tunggal.

Penjelasan:

Kata "anda" pada kalimat tersebut merupakan kata ganti orang kedua tunggal.


15. 17. Pronomina yang terdapat dalam kutipan teks eksposisitersebut adalah .... *O A. pronomina persona pertama tunggalO B. pronomina persnoa pertama jamakO C. pronomina penunjukO D. pronomina penanya​


Jawaban:

A. pronomina persona pertama tunggal

Penjelasan:

Kalau Salah Maaf.

Semoga membantu ;)


16. 6. Ada tiga macam pronomina dalam bahasa Indonesia adalah… a. pronomina reduplikasi, pronomina frasa, pronomina takrif b. pronomina persona 1, pronomina persona II, pronomina persona III c. pronomina persona, pronomina penunjuk, pronomina penanya d. pronomina penunjuk umun, pronomina penunjuk tempat, pronomina penunjuk ihwal e. pronomina bernyawa, pronomina tak bernyawa, pronomina terbilang


c. pronomina persona,pronomina penunjuk , pronomina penanya

17. sebutkan jenis pronomina persona dalam teks cerpen? ​


Jawaban:

kata ganti orang tunggal (saya aku diriku )

kata ganti orang pertama jamak.. kami dan kita

kata ganti orang kedua tunggal... anda dan kamu

kata ganti orang kedua jamak.

kalian

kata ganti orang ketiga tunggal... dia... ia... beliau

Jawaban:

aku, saya =>sudut pandang pertama

kamu, kalian => sudut pandang kedua

dia, ia, mereka =>sudut pandang ketiga


18. arti dari pronomina persona dan pronomina non persona


Pronomina, atau kata ganti, ialah jenis kata yang berfungsi menggantikan nomina lain atau frasa nomina lain.


Pronomina persona, yaitu pronomina yang dipakai untuk mengacu pada orang. Pronomina persona dapat mengacu pada diri sendiri (pronomina persona pertama), mengacu pada orang yang diajak bicara (pronomina persona kedua), atau mengacu pada orang yang dibicarakan (pronomina persona ketiga). Contoh: a) pronomina orang pertama: aku, saya. b) pronomina orang kedua: kamu, engkau, anda. c) pronomina orang ketiga: dia, ia.


Pronomina non persona, yaitu pronomina yang dipakai untuk mengacu pada sesuatu (biasanya benda), bukan pada orang. Contoh: ini, itu.

19. Beliau adalah orang terpandang di kampungnya. Pronomina (kata ganti) yang terdapat dalam kalimat di atas adalah ....A. Pronomina persona yang menunjuk orang kedua. B. Pronomina penunjuk waktu C. Pronomina persona yang menunjuk orang ketiga. D. Pronomina penunjuk tempat E. Pronomina persona yang menunjuk orang pertama.​


Jawaban:

E. pronomina persona yang menunjuk orang pertama

Penjelasan:

maaf kalau salah


20. pronomina persona adalah


Kata Ganti orang (semoga membantu)kata ganti orang (pronomina persona)

Kata ganti orang atau disebut juga dengan kata ganti persona adalah suatu jenis kata ganti yang berfungsi menggantikan nomina. Sehingga dapat disimpulkan bahwa arti kata ganti orang (persona) adalah kata ganti yg digunakan dan berfungsi untuk menggantikan posisi nomina.




Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)