Jelaskan 3 Teknik Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Tekstil

Admin
0

Teknik ragam hias pada bahan tekstil adalah salah satu cara untuk memberikan nilai estetika pada karya yang dihasilkan. Ada 3 teknik penerapan ragam hias pada bahan tekstil, yaitu bordir, sulam, dan rajutan. Bordir merupakan teknik penerapan hiasan pada bahan tekstil dengan menggunakan benang berwarna. Sulam merupakan teknik yang memotong kain dan dijahit ke kain lainnya. Rajutan adalah teknik penerapan ragam hias dengan cara menjalin benang atau benang wol. Semua teknik ini dapat diterapkan pada berbagai macam bahan tekstil, seperti katun, sutra, atau wol.

Kumpulan Pertanyaan dan Jawaban yang Berkaitan dengan "Jelaskan 3 Teknik Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Tekstil":



Jelaskan 3 Teknik Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Tekstil



Daftar Isi:

1. jelaskan 3 teknik penerapan ragam hias pada bahan tekstil​


Jawaban:

Tiga teknik penerapan ragam hias di atas bahan tekstil yaitu :

   Membantik yaitu menggambar di atas kain dengan menggunakan malam dan corak-corak tertentu.

   Menyulam yaitu teknik menggambar dekoratif menggunakan benang sulam, jarum dan motif tertentu.

   Menyablon yaitu menggambar diatas kain dengan bentuk yang inginkan.

Penjelasan:

Tekstil merupakan bahan yang terbuat dari serat, baik serat alami maupun serat buatan, contoh serat yang berasal dari alam adalah serat nanas, serat pisang atau serat dari sutera, Dari jenis-jenis serat tersebut, maka akan menghasilkan beberapa jenis tekstil seperti katun, wol, sutera dan juga brokat.


2. jelaskan 3 teknik penerapan ragam hias dari bahan tekstil​


Jawaban:

Penerapan ragam hias pada bahan tekstil dapat dilakukan dengan cara membatik, menenun, membordir, menyulam dan melukis.

Penjelasan:

Bahan tekstil dibuat dengan menjalin benang pakan dan lungsi dengan beragam pola jalinan. Membuat bahan tekstil bisa dilakukan dengan alat tenun tradisional maupun yang modern.


3. jelaskan 3 teknik penerapan ragam hias pada bahan tekstil


Teknik membuat ragam hias pada bahan tekstil:

Batik, mencelupkan warna pada kain dengan penghalang lilin untuk menciptakan coraknya. Tenun, menyusun benang-benang dengan pola tertentu hingga menjadi selembar kain. Sulam, menghias permukaan kain dengan pola jahitan tertentu.

Penjelasan

Ragam hias adalah variasi pada permukaan benda baik berupa warna, gambar, ketinggian, hingga pola seratnya. Fungsi dari ragam hias adalah untuk mempercantik dan menambah nilai seni pada suatu benda. Objek benda yang dihias bisa berupa perabot kayu, senjata, kain, hingga bagian dari bangunan. Pemilihan ragam hias disesuaikan dengan material benda, kegunaan, budaya, dan selera calon pembeli karya seni.

Ragam hias pada kain cukup banyak jenisnya. Kain dapat memiliki ragam hias dengan menambahkan motif. Cara yang dapat dilakukan dengan mengatur warna benang pada tenunan, mencelupkan warna, menyulam dengan benang, hingga melukis dengan cat khusus kain. Cara menambahkan motif tersebut disebut dengan teknik penerapan ragam hias.

Teknik ragam hias pada kain:

Batik adalah cara menambah motif pada kain dengan menghalangi masuknya warna yang dicelup dengan bahan lilin. Tenun merupakan cara membuat kain dengan menyusun serta menganyam benang-benang hinggan menjadi selembar kain. Ragam hias pada kain tenun didapat dari pola susunan benang yang berwarna berbeda. Sulam dilakukan dengan memasukan benanh benang-benang pada permukaan kain sesuai pola tertentu hingga menciptakan bentuk. Lukis pada kain dapat dilakukan dengan menguatkan cat khusus kain maupun cat acrylic. Aplikasi ialah cara menambahkan gambar atau motif dengan menambahkan potongan-potongan kain kecil.

Pelajari lebih lanjutJenis-jenis ragam hias di Indonesia https://brainly.co.id/tugas/48634275Keunikan motif pada kain https://brainly.co.id/tugas/6592197

Detail jawaban

Kelas: 7

Matpel: Seni Budaya

Bab: Ragam hias

Kode: 7.19.3

#AyoBelajar


4. 1.jelaskan 3 teknik penerapan ragam hias di atas bahan tekstil?2.jelaskan 3 manfaat penerapan ragam hias di atas bahan tekstil?________________________1.jelaskan 3 teknik penerapan ragam hias pada kayu?2. jelaskan 3 manfaat penerapan ragam hias pada kayu?​


jawaban:

teknikpenerapanragamhiasbahantekstil:membatik yaitu menggambar di atas kain dengan menggunakan malam dan corak corak tertentu.menyulam yaitu teknik menggambar dekoratif menggunakan benang sulam, jarum dan motif tertentu.menyablon yaitu menggambar diatas kain dengan bentuk yang diinginkan.

manfaat:memberikan pengetahua tentang keanekaragaman budaya ragam hias dan kearifan lokal tentang kehidupan masyarakat penggunanya.ragam hias dapat memberi suasana energik dan dinamis pada hasil karya bahan tekstil.menambah nilai ekonomi pada karya seni dari bahan tekstil.

teknikpenerapanragamhiaspadakayu.melukis: yaitu penerapan ragam hias yang bertujuan untuk menghias suatu karya kayu yang sudah jadi dengan cara menorehan gambar atau model yang diinginkan menggunakan cat atau politur.mengukir: yaitu penerapan ragam hias yang dilakukan dengan cara membuat tonjolan dan cekunan pada permukaan kayu yang dibentuk berdasrkan pola tertentu.gabunganantaramelukisataumengukir: teknik penerapan ini menggabungkan teknik melukis dan mengukir menjadi satu.manfaat:awet.lebih mudah ditemukan dan juga kuat.menghemat sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.penjelasan: karena kayu dapat di daur ulang atau tebang pilih dan lebih mudah juga untuk menemukannya dibandingkan dengan alam yang tidak bisa diperbarui.

5. tuliskan 3 teknik penerapan ragam hias pada bahan tekstil dan jelaskan masing-masing


1. Teknik Ukir
Jenis bahan yang dapat digunakan dalam teknik ukir dapat berupa bahan dari kayu. Kayu yang sudah diberi ragam hias kemudian diukir sesuai dengan pola yang sudah ditentukan. Alat yang digunakan harus menyesuaikan dengan ukuran ragam hias yang dibentuk.

2. Teknik Cor
Teknik cor umumnya menggunakan bahan-bahan yang dicairkan terlebih dahulu seperti bubuk gips, tanah liat, dan logam. Bahan-bahan tersebut ada yang menggunakan air sebagai bahan tambahannya dan ada yang menggunakan proses pemanasan/ pembakaran seperti logam, penggunaan teknik cor dilakukan dengan cara membuat negatif atau model yang akan dicetak, membuat cetakan, pembakaran, dan pada tahap penyelesaian hasilnya dilapisi cat dan pelapis vernis/melamin.

3. Teknik Pengecatan
Keindahan ragam hias dapat dijumpai pada lingkungan kita. Ragam hias dengan motif tertentu terlihat dengan nuansa warna-warni yang indah dengan perpaduan warna cat yang harmonis. Aplikasi motif ragam hias dapat dilakukan dengan pengecatan pada bahan kayu, batu, maupun besi. Bahan-bahan tersebut terlebih dahulu dibuat ragam hiasnya, kemudian dilakukan pengecatan sesuai dengan pola ragam hiasnya.

6. penerapan ragam hias dari bahan tekstil banyak dijumpai di Indonesia.Apa saja teknik penerapan ragam hias pada bahan tekstil?​


Jawaban:

desain yg ingin di buat atau flora dan fauna menyatuh kan satu sama lain


7. jelaskan 3 teknik penerapan ragam hias diatas bahan tekstil


Teknik penerapan ragam hias diatas bahan tekstil yaitu membatik, membordir, dan menyulam.

8. 1.teknik apa saja yang dapat di gunakan dalam membuat ragam hias pada bahan tekstil? 2.apa fungsi ragam hias pada bahan tekstil? 3.pengertian bahan tekstil? 4.jenis" bahan pewarna tekstil? 5.berbagai teknik untuk menerapkan ragam hias pada bahan tekstil? 6.jelaskan 3 teknik penerapan ragam hias di atas bahan tekstil? 7.jelaskan 3 manfaat penerapan ragam hias di atas bahan tekstil?


1. mengukir dan menggambar ( melukis )
3.bahan yang mengandung serat
4.indigosol dan naptol
5. songket, menyulam, bordir,dll.
1.Membatik,menenun,menyulam,dan melukis
2.Menambah keindahan dan kadang ada maknanya
3.Kain kain gitu
4.pewarna buatan sintetis misalnya naptol
pewarna alami misalnya kesumba
5.Membatik,menenun,menyulam
6.-'-
7.Menambah keindahan
Menambah nilai suatu kain
Memberikan makna didalamnya

9. jelaskan 3 teknik penerapan ragam hias diatas bahan tekstil!


1. Menyulam, merupakan salah satu teknik menggambar yang bertujuan untuk dekoratif dengan menggunakan alat jahit seperti jarum sulam, benang, pemidangan.
2. Membatik adalah cara membuat/menggambar motif pada kain atau bahan yang lain dengan sistem tutup dengan bahan malam, cetak dan celup dengan warna.
3. Sablon adalah sebuah teknik untuk menggambar diatas bahan dengan bentuk yang kita kehendaki. Proses penyablonan menggunakan screen sablon dan rakel sablon dalam proses pengerjaannya.

10. 1.teknik apa saja yang dapat di gunakan dalam membuat ragam hias pada bahan tekstil? 2.apa fungsi ragam hias pada bahan tekstil? 3.pengertian bahan tekstil? 4.jenis" bahan pewarna tekstil? 5.berbagai teknik untuk menerapkan ragam hias pada bahan tekstil? 6.jelaskan 3 teknik penerapan ragam hias di atas bahan tekstil? 7.jelaskan 3 manfaat penerapan ragam hias di atas bahan tekstil?


1. Penerapan ragam hias pada bahan tekstil dilakukan dengan teknik yang berbeda-beda misalnya sulam, batik, sablon tenun ikat ,bordir ,dan songket

4.pewarna alam di hasilkan dari ekstrak Akar akaran ,Daun ,buah, kulit kayu dan kayu .pewarna alami misalnya suga dan kesumba pewarna buatan (sintetis) dibuat dari bahan kimia misalnya naptol dan indigosol

baru dua maaf ya

11. jelaskan 3 teknik penerapan ragam hias pada bahan tekstil


dengan cara dicetak, dibuat dengan tangan (dimotif)a) Batik tulis
b) Batik lukis
c) Batik ikat
d) Batik cetak
e) Tenun
f) Bodir
g) Sulam
h) Lukis

12. Jelaskan 3 teknik penerapan ragam hias atas bahan tekstil?


Tiga teknik penerapan ragam hias di atas bahan tekstil yaitu :

1. Membantik, yaitu menggambar di atas kain dengan menggunakan malam dan corak-corak tertentu.

2. Menyulam, yaitu teknik menggambar dekoratif menggunakan benang sulam, jarum dan motif tertentu.

3. Menyablon, yaitu menggambar diatas kain dengan bentuk yang inginkan.

Jawaban:

membantik yaitu menggambar diatas kain.

Penjelasan:

semoga membantuu


13. 1.Jelaskan 3 teknik penerapan ragam hias di atas bahan tekstil !2.Jelaskan 3 manfaat penerapan ragam hias di atas bahan tekstil !3.Jelaskan 3 teknik penerapan ragam hias pada bahan kayu !4.Jelaskan 3 Manfaat penerapan ragam hias pada bahan kayu !5.Tuliskan jenis-jenis dan sifat bahan tekstil !​


Jawaban:

1.Tiga teknik penerapan ragam hias di atas bahan tekstil yaitu : -Membantik yaitu menggambar di atas kain dengan menggunakan malam dan corak-corak tertentu. -Menyulam yaitu teknik menggambar dekoratif menggunakan benang sulam, jarum dan motif tertentu. -Menyablon yaitu menggambar diatas kain dengan bentuk yang inginkan.

2.Mengembangkan kreatifitas dalam ilustrasi dan desain.

Memberikan kepuasan emosional tersendiri bagi pengrajin ragam hias sebagai ungkapan ekspresi.

Mengangkat identitas budaya.

Memberikan pengetahuan pengetahuan dan inspirasi bagi penikmat ragam hias.

3.Yaitu penerapan ragam hias yang dilakukan dengan cara membuat tonjolan dan cekungan di permukaan kayu yang dibentuk berdasarkan pola tertentu.

Langkah-langkah mengukir yaitu sebagai berikut:

- Menyiapkan alat dan bahan untuk mengukir kayu

- Memilih bentuk ragam hias yang akan diukir

- Membuat sketsa ragam hias pada bahan kayu

- Mengukir kayu sesuai sketsa gambar yang telah dibuat

- Menghaluskan bagian-bagian ukiran dengan menggunakan amplas agar permukaan ukiran lebih halus.

- Memberikan sentuhan akhir pada hasil ukiran, biasanya dengan menutup hasil ukiran menggunakan silak agar serat kayu hasil ukiran tetap tampak.

Penjelasan:


14. Penerapan ragam hias pada bahan tekstil dapat diterapkan dengan berbagai teknik, diantaranya adalah dengan teknik lukis. Coba sebutkan dan jelaskan langkah-langkah dalam penerapan ragam hias pada bahan tekstil dengan teknik lukis! ​


Jawaban:

melukis

Penjelasan:

karena berbagai menghias


15. jelaskan 3 teknik penerapan ragam hias di atas bahan tekstil


1. Menyulam, merupakan salah satu teknik menggambar yang bertujuan untuk dekoratif dengan menggunakan alat jahit seperti jarum sulam, benang, pemidangan.
2. Membatik adalah cara membuat/menggambar motif pada kain atau bahan yang lain dengan sistem tutup dengan bahan malam, cetak dan celup dengan warna.
3. Sablon adalah sebuah teknik untuk menggambar diatas bahan dengan bentuk yang kita kehendaki. Proses penyablonan menggunakan screen sablon dan rakel sablon dalam proses pengerjaannya.

16. 1.Jelaskan 3 teknik penerapan ragam hias di atas bahan tekstil 2.Jelaskan 3 manfaat penerapan ragam hias di atas bahan tekstil


1. teknik sulam, teknik batik, teknik ikat, bordir, dan songkat.

17. jelaskan 3 buah teknik penerapan ragam hias pada bahan tekstil​


jawaban:

1.membatik adalah menggambar atas kain dengan menggunakan malam dan corak² tertentu

2.menyulam adalah teknik menggambar dekoratif menggunakan benang sulam,jarum dan motif tertentu

3.menyablo adalah menggambar diatas kain dengan bentuk yg diinginkan


18. 1.Jelaskan 3 teknik penerapan ragam hias di atas bahan tekstil2.Jelaskan 3 manfaat Penerapan ragam hias di atas bahan tekstil​


Jawaban:

1.membantik yaitu menggambar di atas kain dengan menggunakan malam dan corak-corak tertentu, menyulam yaitu teknik menggambar dekoratif menggunakan benang sulam, jarum dan motif tertentu dan menyablon yaitu menggambar diatas kain

2.Mengembangkan kreativitas dalam bidang ilustrasi serta desain.

Menambah nilai jual pada bahan tekstil dengan ragam hias tersebut.

Memberikan nilai keindahan pada bahan tekstil tersebut, dan lain sebagainya

Penjelasan:

dibuku ku kya gitu jawabannya dan jangan lupa like

SEMOGAMEMBANTU


19. 1.JELASKAN 3 TEKNIK PENERAPAN RAGAM HIAS DI ATAS BAHAN TEKSTIL 2.JELASKAN 3 MANFAAT PENERAPAN RAGAM HIAS DI ATAS BAHAN TEKSTIL


1.Penerapan ragam hias pada bahan tekstil dapat dilakukan dengan cara membatik, menenun, membordil, menyulam dan melukis.membuat pada bahan tekstil bisa dilakukan dengan alat tenuntradisional maupun yang modern.

jangan lupa jadikan jawaban terbaik yaa;)

20. 1. Jelaskan 3 teknik penerapan ragam hias di atas bahan tekstil 2.Jelaskan 3 manfaat penerapan ragam hias di atas bahan tekstil


1.* Menyulam, merupakan salah satu teknik menggambar yang bertujuan untuk dekoratif dengan menggunakan alat jahit seperti jarum sulam, benang, pemidangan.

*. Membatik adalah cara membuat/menggambar motif pada kain atau bahan yang lain dengan sistem tutup dengan bahan malam, cetak dan celup dengan warna.

*. Sablon adalah sebuah teknik untuk menggambar diatas bahan dengan bentuk yang kita kehendaki. Proses penyablonan menggunakan screen sablon dan rakel sablon dalam proses pengerjaannya.

2.Tiga manfaat penerapan ragam hias di atas bahan tekstil adalah

* Untuk menghadirkan nilai estetika atau keindahan

* Untuk memberi kesan terhadap kekayaan flora dan fauna di Indonesia

* Untuk memberi makna dan fungsi dalam kehidupan sosial budaya masyarakat pendukungnya.




Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)