Pencipta Lagu Kinanti Adalah Sunan

Admin
0

Ada seorang penulis lagu yang terkenal bernama Sunan, yang menciptakan lagu Kinanti. Lagu ini terkenal dengan liriknya yang indah dan melankolis. Sunan telah menjadi salah satu tokoh penting di dunia musik Indonesia, terutama di daerah Jawa Timur. Dia sangat terampil dalam menulis lirik dan mencari inspirasi dari kehidupan sehari-hari di daerahnya.

Kinanti, Lagu Puitis Dari Sunan

Lagu Kinanti mengisahkan tentang keindahan dan kesedihan cinta. Dengan suara yang merdu, lagu ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Liriknya yang puitis dan melankolis membuat banyak orang tergerak hatinya. Melalui musiknya, Sunan berhasil menyampaikan perasaan manusia tentang cinta dan kesepian.

Karya Sunan, Simbol Kebudayaan Indonesia

Karya Sunan menjadi simbol kebudayaan Indonesia yang maju dan berdikari. Lagu-lagu yang dihasilkannya sangat dapat dinikmati oleh banyak orang di berbagai usia. Karya-karya Sunan juga telah mendapat pengakuan di tingkat nasional dan Internasional, membuktikan kecintaannya pada seni dan budaya Indonesia.

Pencipta Lagu Kinanti Adalah Sunan



Kumpulan Pertanyaan dan Jawaban yang Berkaitan dengan "Pencipta Lagu Kinanti Adalah Sunan":



Pencipta Lagu Kinanti Adalah Sunan



Daftar Isi:

1. Kinanti dan Sinom adalah tembang Jawa ciptaan Sunan Muria sedangkan mijil dan Maskumambang diciptakan oleh sunan​


Jawaban:

Sunan kudus

Penjelasan:

No google ┻━┻ ︵ヽ(`Д´)ノ︵ ┻━┻(┛❍á´¥❍)┛彡┻━┻


2. Yg menciptakan tembang sinom dan kinanti adalah sunan


Yang menciptakan adalah Sunan Muria

3. pencipta lagu sinom dan kinanti


Sinom  : senandung Kinanti : sunan muria


4. sunan Muria menciptakan nyanyian yang sinom dan Kinanti carilah informasi tentang makna lagu tersebut,jelaskan pula alasan kedua lagu tersebut dijadikan media dakwah Islam


Menurut Ahmad Mukhlasin dalam jurnalnya yang berjudul 'Pendidikan Karakter Pemimpin Melalui Tembang Dolanan (Analisis Tembang Lir-ilir Karya Sunan Kali Jaga)', Lir Ilir mempunyai makna bangkitlah.

Tembang Lir Ilir dimaksudnya untuk memberi tahu orang-orang bahwa sebagai Umat Muslim, kita harus bangkit atau sadar akan adanya Allah. Senantiasa kita harus terus menjadi pribadi yang baik yang membuat orang lain bahagia jika melihat kita.


5. sunan giri menciptakan lagu


dhandanggula
..........

6. Sunan Giri berdasar dalam menciptakan tembang untuk berdakwah tembang yang pertama kali diciptakan berjudul...A. Pucung dan kidung B. kidung dan kinantiC. kinanti dan asmarandanaD. Pucung dan asmarandana​


Jawaban:

B. kidung dan Kinanti

Penjelasan:

smg membantu


7. dua tembang hasil ciptaan sunan Muria adalah.. A. Tombo Ati. B. Sinom dan kinanti. C. Sinom dan asmaranda. D. Pucing dan kinanti ​


JAWABAN:

B. Sinom dan Kinanti

PENJELASAN:

Isi dari tembang ciptaan Sunan Muria ini juga masih berkaitan dengan ajaran Agama Islam di mana lebih bermakna ke alam.

"MAAF KALAU SALAH"


8. Sunan Muria berdakwah menggunakan lagu mencapai Simon dan Kinanti yang dilakukan di pulau?​


Jawaban:

Disekitar Jawa Tengah

Penjelasan:

Sunan Muria berdakwah dari Jepara, Tayu, Juana hingga sekitar Kudus dan Pati.

Semoga memberikan pencerahan.


9. tembang yang diciptakan sunan Bonang adalah....a.tembang pangkur b.tembang kinantic.tembang durma d.tembang sinom​


Jawaban:

Maafmautanya,inikansoalbahasaJawa bukanbahasaArab.

C. Tembang durma

Penjelasan:

Semoga membantu,

Jawaban:

c tembang Dorma

Penjelasan:

jadikan jawaban yang terbaik


10. 14. Sunan Giri bejasa dalam penciptaan tembang. Tembang yang pertama kali diciptakan berjudul .... a. Pucung dan Kidung b. Kidung dan Kinanti c. Kinanti dan Asmarandana d. Pucung dan Asmarandana ​


Jawaban:

a. pucung dan kidung

Penjelasan:

maaf ya kalo salah jadikan jawaban yang tercerdas


11. lagu .......... adalah ciptaan Sunan Kalijaga​


Jawaban:

Lir ilir

Semiga Membantu

Jawaban:

lir ilir

Penjelasan:

Tembang Lir-ilir dikenal sebagai tembang dolanan atau lagu daerah Jawa Tengah, dalam liriknya menggunakan kata perumpamaan yang memiliki arti ganda, hal ini yang mencerminkan kedalaman ilmu Sunan Kalijaga dalam berdakwah.

========================================

semoga bermanfaat

selamat belajar dan semangatt

[tex]by:asya291006[/tex]


12. lagu-lagu yang diciptakan oleh Sunan Bonang berisi tentang ...., ...., ...., dan ....


ajaran agama islam, serta budaya sekitarnya. terutama budaya tanah jawa Konon lagu Tombo Ati merupakan ciptaan Sunan Bonang.

berisi tentang:
Tamba ati iku lima sak wernane. Maca Qur’an angen-angen sak maknane. Kaping pindho shalat wengi lakonana. Kaping telu wong kang sholeh kumpulana. Kaping papat kudu weteng ingkang luwe. Kaping lima dzikir wengi ingkang suwe. Salah sawijine sapa bisa ngelakoni, Insya Allah Gusti Allah nyembadani. Makudnya obat hati itu ada lima perkara. (yang pertama) membaca Al-Qur’an dengan (memahami) artinya. Yang kedua mengerjakan shalat malam (tahajjud). Nomor tiga sering berkumpul dengan orang saleh (berilmu). Yang keempat perut harus lapar dengan berpuasa. Yang kelima berlama-lama dzikir (mengingat Allah) di malam hari. Siapa pun yang mampu melakukannya Insya Allah akan dikabulkan Allah.


13. tembang Sinom dan Kinanti yang merupakan ciptaan Sunan Muria dibuat untuk tujuan...​


Menurut Solichin Salam di dalam buku Sekitas Wali Sanga terbitan Menara Kudu, Sunan Muria adalah putera kepada sunan Kalijaga hasil pernikahan beliau dengan Dewi Saroh, Puteri kepada Maulana Ishak. Dari itu, Sunan Muria adalah berpangkat anak saudara kepada Sunan Giri karena Maulana Ishak adalah ayahand kepada Sunan Giri

Setelah dewas, Sunan Muria telah bernikah dengan Dewi Sujinah, puteri kepada Sunan ngundung, dan telah memperolehi seorang putera yang bernama Pangeran Santri, dan yang dikemudian hari telah diberikan nama julukan Sunan Ngadilangu. Oleh itu, Sunan Muria juga memiliki pertalian keluarga dengan Sunan Kudu, karena Sunan Kudus adalah putera kepada sunan Ngudung (Raden Usman Haji).

Didalam usaha mengembangkan ajaran Islam kepada masyarakat umu, Sunan Muria telah turut menggunakan gamelan dan wayang kulit sebagai alat (media) untuk berdakwa. Dan telah dikatakan juga bahwa beliau adalah pencipta bagi tembang Sinom dan Kinanti.

Nama Sunan Muria sendiri diperkirakan berasal dari nama gunung (Gunung Muria), yang terletak disebelah Utara kota Kudus, Jawa Tenga, tempat dia dimakamka.


14. Sunan Muria berdakwah melalui kesenian. Ia menciptakan tembang Sinom dan Kinanti. Dakwahnya sampai ke beberapa kalangan/golongan. Sebutkan! *​


Jawaban:

kaum nelayan, pedagang, dan rakyat jelata.

like

jadiin jawaban terbaik

makasih


15. sunan bonang menciptakan lagu


lagu Tombo Ati
.
.
jadikan jawaban trbaik y..

16. Sebutkan lagu lagu dolanan ciptaan sunan giri


lagu cublak cublak suweng

17. 4. Walisanga yang menciptakan Gending Sinomdan Gending Kinanti untuk kepentingan dakwahadalah ....a. Sunan Muria c. Sunan Kalijagab. Sunan Girid. Sunan Bonang​


Jawaban:

A. Sunan Muria

Penjelasan:

Tembang Sinom dan Kinanti adalah ciptaan SUNAN MURIA. Sunan Muria sendiri adalah salah stau dari 9 walisongo. Walisongo ini adalah sebutan bagi tokoh-tokoh yang berperan besar dalam menyebarkan dan mengambangkan agama islam di nusantara khususnya di tanah Jawa yang kemudian menyebar ke berbagai wilayah lainnya di luar Jawa.

Nama lahir dari Sunan Muria adalah Raden Said atau lengkapnya Raden Umar Said. Sunan Muria ini disebutkan sebagai putra kandung dari Sunan Kalijaga, hasil perkawinannya dengan perempuan bernama Dewi Soejinah yang adalah putri dari Sunan Ngundung.

Sunan Muria ini dikenal karena menyebarkan agama islam di wilayah pedesaan termasuk di wilayah Gunung Muria yang letaknya sejauh 18 kilometer dari Kudus.


18. Jelaskan ciri ciri tembang kinanti ciptaan sunan kali jaga?? Tolong di jawab


Jawaban:

1.Memiliki guru gatra:6 baris setiap bait

2.Memiliki guru wilangan:8,8,8,8,8,8(artinya baris pertama terdiri dari 8 suku kata,baris ke-2 berisi 8 suku kata,dst)

3.Memiliki guru lagu:u,i,a,i,a,i,(artinya baris pertama berakhir dgn vokal u,baris kedua berakhir vokal i,dst)

maaf klo salah,semoga bermanfaat^^


19. APA LAGU CIPTAAN SUNAN DRAJAT


pangkur kl enda slh y

20. 3. Sinom dan Kinanti merupakan tembangyang diciptakan oleh ....a. Sunan Kalijagab. Sunan MuriaC. Sunan Kudusd. Sunan Giri​


jawaban:

b. sunan muria

Jawaban:

Sinom dan Kinanti merupakan tembang

yang diciptakan oleh sunan Muria

Penjelasan:

[tex]semoga \: membantu[/tex]^●^




Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)