Saluran Mobilitas Sosial Yang Paling Demokratis Adalah

Admin
0

Ada beberapa jalur mobilitas sosial yang ada di Indonesia. Namun, yang paling demokratis adalah pendidikan.

Pendidikan Sebagai Saluran Mobilitas Sosial

Dalam satu generasi, seseorang dapat mengubah status sosialnya, dan pendidikan merupakan salah satu faktor di dalamnya. Dalam pendidikan, semua orang memiliki kesamaan peluang dan hanya keberhasilan akademiklah yang akan menentukan siapa yang akan sukses.

Seluruh Orang Memiliki Kesamaan Peluang

Tidak peduli latar belakang mereka, pendidikan memberikan kesempatan yang sama bagi semua orang. Dengan belajar dengan baik dan meraih prestasi akademik yang tinggi, seseorang dapat memperoleh pekerjaan yang lebih baik dan kondisi kehidupan yang lebih baik.

Pendidikan Menentukan Kesuksesan

Hanya keberhasilan akademik yang akan menentukan apakah seseorang akan sukses atau tidak dalam kehidupan. Meskipun orang yang memiliki latar belakang keluarga yang lebih kaya mungkin memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik, namun pada akhirnya, keberhasilan hanya didasarkan pada kinerja akademik seseorang.

Kesimpulannya, pendidikan merupakan saluran mobilitas sosial yang paling demokratis untuk semua orang di Indonesia. Ini memberi kesempatan yang sama bagi semua orang untuk memperoleh kesuksesan dalam kehidupan.



Kumpulan Pertanyaan dan Jawaban yang Berkaitan dengan "Saluran Mobilitas Sosial Yang Paling Demokratis Adalah":



Saluran Mobilitas Sosial Yang Paling Demokratis Adalah



Daftar Isi:

1. saluran mobilitas sosial yang paling demokratis


Menurut Pitirim A. Sorokin, mobilitas sosial vertikal mempunyai saluran-saluran dalam masyarakat. Proses mobilitas sosial vertikal melalui saluran-saluran tersebut disebut sebagai social circulation. Saluran-saluran mobilitas vertikal, antara lain angkatan bersenjata, lembaga negara, sekolah, organisasi politik, ekonomi, dan keahlian.


Saluran Mobilitas Sosial

1. Angkatan Bersenjata
Angkatan bersenjata berperan dalam masyarakat dengan sistem militerisme. Misalnya, dalam keadaan perang. Suatu negara akan mengharap kemenangan dari suatu peperangan. Jasa seorang prajurit akan dihargai tinggi oleh masyarakat. Karena jasanya pula ia akan meningkat ke kedudukan yang lebih tinggi.

2. Lembaga Keagamaan
Dalam lembaga keagamaan setiap agama mengajarkan bahwa manusia mempunyai kedudukan sederajat. Misalnya, dalam sejarah Paus Gregorius VII yang jasanya sangat besar dalam pengembangan agama Katolik, dulunya hanya anak seorang tukang kayu. Dari contoh tersebut dapat dikatakan bahwa pemuka-pemuka agama bekerja keras untuk menaikkan kedudukan orang-orang ini dari lapisan rendah dalam masyarakat.

3. Sekolah
Lembaga pendidikan merupakan saluran nyata dalam mobilitas sosial vertikal. Sekolah juga dapat dikatakan sebagai sosial elevator bergerak dari yang paling rendah ke paling tinggi. Kadangkadang dijumpai keadaan di suatu sekolah hanya dapat menerima siswa dari suatu kelas tertentu. Sekolah-sekolah memikirkan jika dimasuki oleh lapisan yang rendah akan menjadi saluran mobilitas sosial yang vertikal.

4. Organisasi Politik
Organisasi politik dapat memberi
peluang besar bagi para anggotanya. Pada masyarakat yang demokratis, lembaga pemilihan umum memegang peranan penting dalam pembentukan kepemimpinan. Organisasi-organisasi politik mempunyai peranan yang sama walaupun dalam bentuk yang lain. Supaya seseorang terpilih sebagai pemimpin, terlebih dahulu harus mampu membuktikan dirinya sebagai orang yang berkepribadian baik dan juga mempunyai wujud aspirasi-aspirasi yang baik.

5. Organisasi Ekonomi
Ekonomi dalam wujud organisasi memegang peranan yang sangat penting sebagai saluran mobilitas sosial vertikal. Misalnya, perusahaan assembling mobil, perusahaan ekspor-impor. Orang kaya selalu menduduki lapisan tinggi dalamukuran masyarakat. Gejala ini juga dapat dilihat pada masyarakat tradisional. Dalam masyarakat tradisional sering melakukan upacara-upacara adat. Upacara-upacara adat pastilah memerlukan biaya yang tidak sedikit. Orang-orang yang mampu melaksanakan upacara tersebut adalah orangorang yang secara material mampu.

6. Organisasi-Organisasi Keahlian
Organisasi-organisasi keahlian merupakan suatu wadah yang dapat menampung individu-individu dengan masingmasing keahliannya untuk diperkenalkan dalam masyarakat. Contoh organisasi keahlian adalah himpunan sarjana ilmu pengetahuan, persatuan sastrawan, dan organisasi pelukis.

Horton dan Hunt (1987) mencatat ada dua faktor yang memengaruhi tingkat mobilitas pada masyarakat modern, yaitu faktor struktural dan faktor individu.


Faktor Struktural

Faktor struktural adalah jumlah relatif dari kedudukan tinggi yang bisa dan harus diisi serta kemudahan untuk memperolehnya. Contoh faktor struktural adalah ketidakseimbangan lapangan pekerjaan dengan jumlah pelamar.

Faktor Individu

Faktor individu adalah kualitas tiap-tiap orang ditinjau dari tingkat pendidikan, penampilan, dan keterampilan pribadi. Faktor nasib juga dikategorikan sebagai faktor individu.

Kedua faktor di atas bersifat saling melengkapi. Misalnya, suatu daerah membuka banyak lowongan pekerjaan, tetapi penduduknya tidak memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan. Di sisi lain, dengan struktur sosial yang kaku masih saja ada orang yang bisa menyesuaikan diri.

2. saluran mobilitas sosial yang paling demokratis adalah


saluran mobilitas sosial antara lain

1. Lembaga politik

2. Lembaga pendidikan

3. Lembaga agama

4. Organisasi profesi

5. Lembaga ekonomi

6. Lembaga kepilisian

7. Lembaga keluarga

diantara saluran mobilitas sosial,yang paling demokratis adalah lembaga politik

3. Saluran mobilitas sosial yg paling demokratis


Saluran mobilitas paling demokratis adalah Lembaga Keagamaan

Semoga bermanfaat ya.....

4. saluran mobilitas sosial yang paling efektif di antara saluran-saluran mobilitas sosial lainnya adalah


Lembaga yang paling efektif dan paling konkret untuk terjadinya mobilitas vertikal ke atas bagi seluruh lapisan masyarakat adalah lembaga pendidikan.


5. saluran-saluran mobilitas sosial​


Jawaban:

pendidikan, organisasi politik, organisasi ekonomi, organisadu propersi, organisasi keagaaman, angkatan bersenjata dan perkawitan

Penjelasan:

sumbermaterikls8pts


6. ada beberapa saluran dalam mobilitas sosial. Dari beberapa saluran mobilitas, mana yang paling banyak dipilih masyarakat jelaskan​


Saluran mobilitas tersebut adalah perkawinan, karena mayoritas masyarakat akan mengalami dan melaksanakan pernikahan. Setelah masyarakat melaksanakan pernikahan mobilitas akan terjadi. Seperti perpindahan tempat tinggal dimana istri ikut tinggal bersama suami dan tidak bersama orang tuanya lagi, bahkan dapat berpindah wilayah atau daerah.

Pembahasan

Mobilitas sosial adalah proses pergerakan atau perpindahan status sosial masyarakat ke dalam bentuk vertikal maupun bentuk horizontal.

Karakteristik mobilitas sosial, sebagai berikut:

Dapat melibatkan individu maupun kelompok dalam masyarakat. Tergantung pada struktur sosial masyarakat. Menyebabkan adanya ketegangan dan kecemasan. Terjadinya perubahan struktur soaial masyarakat.

Bentuk atau konsep mobilitas sosial, yaitu:

Mobilitas sosial naik Mobilitas vertikal turun Mobilitas intragenerasi Mobilitas antargenerasi

Jenis-jenis mobilitas sosial, sebagai berikut:

Mobilitas sosial vertikal Mobilitas sosial horizontal Mobilitas sosial lateral Mobitilas sosial struktural

Faktor penyebab mobilitas sosial, sebagai berikut:

Faktor pendorong, yaitu:

Status pekerjaan Kondisi politik Kondisi ekonomi Ekonomi ganda Penghambat dan penunjang mobilitas Perbedaan kemempuan atau keterampilan Perbedaan sikap dan perilaku

Faktor penghambat, yaitu:

Perbedaan ideologi Perbedaan ras Perbedaan suku dan budaya Perbedaan kepentingan Diskriminasi

Saluran mobilitas sosial, yaitu:

Angkatan bersenjata Organisasi politik Organisasi ekonomi Lembaga pendidikan Lembaga keagamaan Organisasi keahlian Perkawinan

Pelajari lebih lanjut

materi tentang jenis-jenis mobilitas sosial brainly.co.id/tugas/7487999

materi tentang stratifikasi sosial brainly.co.id/tugas/13388168

materi tentang interaksi sosial brainly.co.id/tugas/3539730

----------------------------------------------------- Detail jawaban

Kelas: 8 - SMP

Mapel: Sosiologi

Bab: Mobilitas Sosial

Kode: -

Kata kunci: bentuk-bentuk dari mobilitas sosial, faktor penyebab mobilitas sosial,  jenis-jenis mobilitas sosial, karakteristik dari mobilitas sosial, definisi dari mobilitas sosial,saluran dari mobilitas sosial.

AJ.


7. 1) Bagaimanakah pendidikan bisa dijadikan sebagai saluran mobilitas sosial? 2) Bagaimanakah organisasi politik bisa dijadikan sebagai saluran mobilitas sosial? 3) Bagaimanakah ekonomi bisa dijadikan sebagai saluran mobilitas sosial? 4) Bagaimanakah organisasi profesi bisa dijadikan sebagai saluran mobilitas sosial! 5) Bagaimana dampak positif mobilitas sosial dalam kehidupan masyarakat? 6) Bagaimana dampak negatif mobilitas sosial dalam kehidupan masyarakat? Setelah menjawab semua pertanyaan kalian buat kesimpulan yang berkaitan dengan Saluran-saluran mobilitas sosial dan dampak mobilitas sosial​


1. Lembaga pendidikan merupakan saluran mobilitas sosial vertikal ke atas dan perangkat untuk melakukan pergerakan dari tingkatan lapisan sosial yang rendah menjadi lapisan sosial yang lebih tinggi. Dengan adanya lembaga pendidikan, seseorang memiliki kesempatan untuk meningkatkan atau memperbaiki status sosialnya.

2. Organisasi politik dapat menjadi saluran mobilitas sosial bagi anggotanya.Seorang anggota partai politik,mempunyai peluang mendapatkan kedudukan dalam partainya. Bahkan,terdapat peluang menjadi anggota DPR sebagai calon dari partai tersebut.

3. Dalam kaitannya sebagai saluran mobilitas sosial, organisasi ekonomi dapat meningkatkan status sosial seseorang melalui penghasilan dan jabatan yang mereka terima di sebuah organisasi ekonomi. Semakin tinggi ppendapatan dan jabatan, maka semakin tinggi pula status sosial mereka di masyarakat.

4. dengan adanya organisasi profesi, sesorang bisa meningkatkan kemampuan dan tingkatan sosialnya dengan bersosialisasi bersama orang yg berprofesi sama dengannya. sehingga strata sosial seseorang akan terngkat/ terjadi mobilitas vertikal.

5. Meningkatkan Integrasi SosialTerjadinya mobilitas sosial dapat memengaruhi dan meningkatkan integrasi sosial masyarakat. Contoh, ketika seseorang berpindah ke lingkungan sosial yang baru, maka ia akan menyesuaikan diri dengan gaya hidup, nilai dan norma yang dianut lingkungan tersebut.

6. Dampak negatif mobilitas sosial, yaitu konflik dan gangguan psikologis." Mobilitas sosial adalah salah satu bentuk perjuangan manusia dan kelompok sosial untuk mencapai posisi sosial yang tinggi. Dalam hal ini, sangat wajar jika menimbulkan persaingan yang umumnya akan memicu konflik.

7. Jawaban ada di gambar.

Penjelasan:

Jadikan jawaban terbaik ya :₩

8. saluran mobilitas sosial merupakan sarana bagi seseorang atau golongan dalam melakukan mobilitas sosial. saluran mobilitas sosial yang paling demokratis adalah?​tolong bantu ya kak


Sorokin

Penjelasan : iya,karena saluran sorokin adalah saluran yg paling demokratis dari yg lainnya dalam melakukan mobiltas sosial


9. mobilitas mobilitas sosial bisa terjadi dengan saluran mobilitas sosialnya Tuliskan realita di masyarakat yang melakukan mobilitas sosial melalui saluran pendidikan politik organisasi ekonomi dan profesi Jelaskan contoh alasan orang tersebut melakukan mobilitas sosial melalui saluran-saluran tersebut ​


Jawaban:

orang2 melakukan Mobilitas Sosial melalui organisasi(ekonomi profesi politik) karena di organisasi orang dapat saling mendukung sesama untuk mengedepankan ide atau keuntungan masing2/bersama


10. Saluran mobilitas sosial yg paling efektif di antara saluran-saluran mobilitas sosial lainnya adalah.


PENDIDIKAN

pendidikan dianggap sebagai sesuatu yang penting dikarenakan pendidikan bisa membuat seseorang menjadi berdaya. Seseorang dengan pendidikan yang lebih tinggi pastinya akan lebih dihargai dibandingkan dengan orang dengan pendidikan rendah. Banyak lowongan pekerjaan mencantumkan syarat pendidikan yang tinggi bagi calon pelamar. Maka dari itu, pendidikan bisa menjadi saluran mobilitas sosial yang efektif.

SEMOGAMEMBANTU;)


11. 1. Mengapa organisasi politik bisa menjadi saluran mobilitas sosial? 2. Mengapa organisasi ekonomi bisa menjadi saluran mobilitas sosial? 3. Mengapa organisasi profesi bisa menjadi saluran mobilitas sosial? 4. Mengapa lembaga keagamaan bisa menjadi saluran mobilitas sosial? 5.Mengapa perkawinan bisa menjadi saluran mobilitas sosial? 6. Mengapa organisasi keolahragaan bisa menjadi saluran mobilitas sosial? 7.Mengapa lembaga militer bisa menjadi saluran mobilitas sosial?


Jawaban:

1) Organisasi politik dapat menjadi saluran mobilitas sosial bagi anggotanya.Seorang anggota partai politik,mempunyai peluang mendapatkan kedudukan dalam partainya. Bahkan,terdapat peluang menjadi anggota DPR sebagai calon dari partai tersebut.

2) karena, dengan adanya organisasi ekonomi kita bisa meningkatkan mobilitas sosial kita melalui organisasi tersebut. dengan organisasi ekonomi kita dapat dengan mudah meningkatkan mobilitas sosial kita

3) Organisasi profesi dapat menjadi sarana saluran mobilitas sosial dikarenakan organisasi profesi merupakan salah satu bagian dari saluran mobilitas sosila, yaitu Organisasi Keahlian.

4) para pemuka agama selalu berusaha keras untuk menaikkan kedudukan orang orang dari lapisan rendah dalam masyarakat agar memperoleh kedudukan yang sederajat.

5)

6)

7)

8)

Penjelasan:

please kasih jawaban terbaik. itu saja yang aku tahu. maaf kurang lebihnya saya mohon maaf


12. Buatlah masing-masing dua (2) contoh mobilitas sosial berdasarkan saluran-saluran mobilitas sosial​


Jawaban:

Contoh saluran saluran mobilitas sosial pada pendidikan adalah seorang anak yang miskin serta dikucilkan oleh lingkungannya sendiri, mendapatkan suatu kesempatan untuk belajar ke jenjang pendidikan yang tinggi. Setelah lulus, kemudian menggunakan ilmu yang diperoleh untuk membantu di lingkungan sekitarnya. Lingkungan yang selama ini telah mengabaikannya sekarang akan lebih peduli dan menghormati anak tersebut.

Penjelasan:

Hai teman-teman BrainlyLovers...!!! Sekarang kita akan membahas mobilitas sosial.

Selamat belajar...!!!

1. Pengertian

Mobilitas sosial adalah gerak suatu perpindahan yang dilakukan individu atau kelompok orang dari status sosial yang satu menuju status sosial yang lain.

2. Bentuk mobilitas social berdasarkan tipenya

a. Mobilitas Sosial Vertikal

Mobilitas sosial vertikal adalah suatu perpindahan status sosial dari individu atau sekelompok orang dalam lapisan sosial yang berbeda-beda.

Dapat dibagi menjadi :

Mobilitas sosial vertikal naik atau sosial climbing adalah mobilitas yang terjadi karena peningkatan status atau kedudukan individu

Mobilitas sosial vertikal turun atau sosial sinking adalah proses penurunan status maupun kedudukan individu.

b. Mobilitas Sosial Horizontal

Mobilitas sosial horizontal adalah melakukan perpindahan status individu atau kelompok sosial yang satu menuju kelompok sosial yang lain dengan sama derajatnya atau sama rata. Mobilitas horisontal tidak bisa dianalisa lebih tajam, dikarenakan dalam mobilitas horizontal erat kaittanya dengan isu sara, seperti agama, ras, budaya, dan lain sebaginya.

c. Mobilitas Sosial Lateral

Mobilitas Sosial Lateral adalah perpindahan status individu atau kelompok atau daerah yang satu ke daerah yang lain, namun tanpa mengubah status sosial secara langsung.

3. Saluran Mobilitas Sosial

a. Lembaga Pendidikan

Sekolah dianggap sebagai social elevator. Dengan demikian, sekolah adalah saluran untuk melakukan suatu mobilitas sosial yang pergerakkannya dari kedudukan yang rendah menuju kedudukan yang Iebih tinggi.

b. Organisasi Ekonomi

Organisasi ekonomi memegang peranan penting saluran mobilitas sosial vertical dikarenakan, faktor ekonomi menjadi simbol status pada kedudukan individu.

c. Lembaga Keluarga

Lembaga keluarga bisa menjadi saluran mobilitas sosial, dengan cara pernikahan atau mengasuh anak angkat yang dapat dilakukan dalam masyarakat.

d. Lembaga Agama

Seseorang yang memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang agama yang lebih baik akan dihormati masyarakat. Sehinga akan diangkat sebagal pemuka agama serta menjadi panutan dalam masyarakat.

e. Angkatan Bersenjata

Seseorang yang menjadi anggota angkatan bersenjata akan berjasa dalam membela nusa, bangsa, dan negara. Dengan jasa-jasanya dapat memperoleh penghargaan dan kenaikan pangkat. Kenaikan pangkat dalam angkatan bersenjata telah menunjukkan adanya mobilitas sosial vertikal naik.

f. Organisasi Politik

Organisasi politik dapat memberikan kesempatan yang besar bagi setiap anggotanya untuk mendapatkan kedudukan yang lebih tinggi. Misalnya pada saat pemilihan umum.


13. Apa saja Saluran saluran mobilitas sosial ​


Jawaban:

Angkatan Bersenjata.

Lembaga Keagamaan.

Lembaga Pendidikan.

Organisasi Politik.

Organisasi Ekonomi.

Organisasi Keahlian.

Organisasi perkawinan.

semoga membantu:)

Jawaban:

Angkatan Bersenjata.

Lembaga Keagamaan.

Lembaga Pendidikan.

Organisasi Politik.

Organisasi Ekonomi.

Organisasi Keahlian.

perkawinan


14. Ada beberapa saluran dalam mobilitas sosial. Dari beberapa saluran mobilitas, mana yang paling banyak dipilih oleh masyarakat Jelaskan ​


Jawaban:

Saluran mobilitas yang paling banyak dipilih oleh masyarakat adalah lembaga pendidikan karena melalui pendidikan orang dapat mengubah statusnya.

Penjelasan:

Semoga membantu ...Maaf kalau salah ...

15. Apa saja saluran saluran mobilitas sosial?


Jawaban:

contoh saluran saluran mobilitas sosial

a.pendidikan

b.organisasi politik

c.organisasi ekonomi

d.organisasi profesi

maaf kalo salah


16. Tuliskan dan jelaskan beberapa saluran-saluran mobilitas sosial dan beberapa dampak mobilitas sosial​


Jawaban:

BEBERAPASALURANSALURANMOBILITASSOSOAL:

Menurut Pitirim Sorokin, mobilitas sosial bisa dilakukan melalui 7 saluran mobilitas sosial, yaitu angkatan bersenjata, lembaga lembaga keagamaan, organisasi politik, organisasi ekonomi, organisasi keahlian, dan perkawinan.

BEBERAPADAMPAKMOBILITASSOSIAL:

Masyarakat berusaha untuk maju dan berkembang. ...

• Percepatan tingkat perubahan sosial dalam masyarakat. ...

• Konflik Antar Individu. ...

• Konflik Antar Kelas. ...

• Konflik Antar Generasi.

Penjelasan:

Mobilitas sosial adalah perpindahan posisi atau kedudukan seseorang atau kelompok orang dari satu lapisan ke lapisan lainnya. Mobilitas sosial dapat bersifat vertikal maupun horizontal.

Penjelasan:

SEMOGAMEMBANTU....

JADIKANJAWABANTERCERDASYA....

JANGANLUPADIFOLOW.....

BERIKANRANTINGSEMPURNA....


17. 2, jelaskan terjadinya mobilitas sosial melalui saluran-saluran mobilitas sosial!


Jawaban:

mobilitas sosial bisa dilakukan melalui 7 saluran mobilitas sosial, yaitu angkatan bersenjata, lembaga-lembaga keagamaan, organisasi politik, organisasi ekonomi, organisasi keahlian, dan perkawinan.

Penjelasan:

semoga terbantu ^-^

semagat yah kakkk belajarnnya ^-^

maaf kalau salah kakk :(

Jawaban:

Mobilitas sosial dapat terjadi karena melalui saluran yang ada.

saluran mobilitas terdiri dari angkatan bersenjata, lembaga pendidikan, lembaga keagamaan, organisasi politik, organisasi ekonomi, organisasi profesional dan pernikahan.

Penjelasan:

semoga membantu


18. mobilitas sosial vertikal mempunyai saluran salurannya dalam masyarakat adalah pengertian mobilitas sosial menurut.....


Jawaban : mobilitas sosial vertikal memiliki saluran-saluran dalam masyarakat. Proses mobilitas sosial vertikal ini disebut social circulation

Penjelasan:


19. saluran saluran mobilitas sosial​


Jawaban:

1.angkatan bersenjata

2.lembaga keamanan -maaf kalo salah

3.lembaga pendidikan sekian terimakasih

4.organisasi politik #pelajar bersama

5organisasi ekonomi branly

6.organisasi keahlian

Penjelasan:

1. Angkatan Bersenjata

Angkatan bersenjata memiliki garis komando yang tegas, yang mana para prajurit harus patuh sepenuhnya pada perintah atasan. Kenaikan status seorang prajurit sangat bergantung pada kedisiplinan dan intelektualnya, sehingga keberadaannya di masyarakat sangat dihargai. Mereka dianggap sebagai pelindung masyarakat.

2. Lembaga Keagamaan

Para tokoh agama mempunyai kedudukan yang terhormat di dalam masyarakat. Mereka sering memberikan nasihat keagamaan sehingga keberadaannya lebih dihargai oleh masyarakat.

3. Lembaga Pendidikan

Sekolah merupakan sarana yang konkrit untuk melakukan gerak vertikal, bahkan dianggap sebagai perangkat sosial (social elevator) dari kedudukan yang rendah menuju kedudukan yang tinggi.

4. Organisasi Politik

Partai politik menjanjikan peluang yang besar dalam meningkatkan status sosial seorang politikus yang profesional. Aktivitasnya yang sering berorasi di depan umum dengan mengatasnamakan partai, membuat namanya terkenal, sehingga keberadaannya lebih dihargai oleh masyarakat. Hal ini akan mempengaruhi status sosialnya.

5. Organisasi Ekonomi

Organisasi ini bersifat relatif terbuka dalam meningkatkan status seseorang. Seperti pada saat pemilihan Manajer Keuangan pada PT. Subur Ekonomi, beberapa orang karyawan mencalonkan diri untuk posisi yang menjanjikan itu, mereka akan gencar dalam berkampanye.

6. Organisasi Keahlian

Para profesional membentuk wadah untuk menampung aspirasi para anggotanya yang berprofesi sama. Misalnya; Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan sebagainya

Penjelasan:

maaf kalo salah

*semoga bermanfaat*


20. Saluran mobilitas sosial yang paling demokratis adalah …a.lembaga keagamaan b. partai politikc.lembaga pendidikan d. lembaga ekonomi​


Jawaban:

a. lembaga keagamaan.

Penjelasan:

Saluran Mobilitas Sosial

Menurut Pitirim A. Sorokin, mobilitas sosial vertikal memiliki saluran-saluran dalam masyarakat. Proses mobilitas sosial vertikal ini disebut social circulation. Berikut ini saluran-saluran terpenting dari mobilitas sosial.

Angkatan Bersenjata

Peranan angkatan bersenjata sangat penting dalam masyarakat dengan sistem militerisme. Jasa seorang prajurit akan dihargai tinggi oleh masyarakat, tanpa memerhatikan status atau kedudukannya semula. Sering melalui karier dalam kemiliteran, seorang prajurit dapat memperoleh kekuasaan dan wewenang yang lebih besar.

Lembaga-Lembaga Keagamaan

Setiap ajaran agama menganggap bahwa manusia mempunyai kedudukan yang sederajat. Untuk mencapai tujuan tersebut, pemukapemuka agama bekerja keras untuk menaikkan kedudukan orang-orang dari lapisan rendah dalam masyarakat. Selain itu, pemuka agama akan semakin dihormati oleh masyarakat, apabila ia mampu membimbing umatnya dengan baik.

Lembaga-Lembaga Pendidikan

Sekolah merupakan saluran konkret dari gerak sosial vertikal. Bahkan, sekolah dapat dianggap sebagai social elevator yang mengantarkan seseorang untuk bergerak dari kedudukan rendah menuju kedudukan yang lebih tinggi.

Organisasi Politik

Suatu organisasi politik seperti partai politik dapat memberikan peluang besar bagi anggota-anggotanya untuk naik dalam tangga kedudukan yang lebih tinggi, terutama pada saat berlangsungnya pemilihan umum. Agar seseorang terpilih dalam pemilu, ia harus membuktikan kemampuannya terlebih dahulu. Dalam hal ini, organisasi politik menjadi salah satu saluran pembuktian kemampuan diri.

Organisasi Ekonomi

Organisasi ekonomi memegang peranan penting sebagai saluran gerak sosial vertikal. Pada umumnya, seseorang dengan penghasilan tinggi akan menduduki lapisan sosial yang tinggi pula. Bahkan, faktor ekonomi sering menjadi simbol status bagi kedudukan seseorang dalam masyarakat.

Organisasi Keahlian

Yang dimaksud dengan organisasi keahlian antara lain himpunan sarjana ilmu pengetahuan sosial, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), persatuan para pelukis, dan lain-lain. Organisasi-organisasi ini dapat menjadi wadah bagi individu-individu yang tergabung di dalamnya untuk mendapatkan nama, sehingga dianggap menduduki lapisan atas dalam masyarakat.




Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)