Surat Untuk Mendoakan Orang Sakit

Admin
0

Surat Untuk Mendoakan Orang Sakit

Surat untuk mendoakan orang sakit adalah salah satu cara untuk memperlihatkan perhatian dan perhatian kita kepada orang yang sedang sakit. Surat ini dapat berisi ucapan semangat, ucapan dukungan, atau hanya berisi doa agar orang yang sakit cepat sembuh. Ini dapat menjadi cara yang efektif untuk menunjukkan bahwa kita peduli dengan orang yang sakit dan berharap mereka akan segera pulih.

Untuk membuat surat untuk mendoakan orang sakit, tuliskan ucapan semangat dan dukungan Anda kepada orang yang sakit. Buatlah doa yang berbeda untuk orang yang sakit, berikan umpan balik positif, dan berikan kata-kata yang menghibur. Usahakan untuk menggunakan kata-kata yang bersahabat dan berhati-hati, dan jangan lupa untuk mengakhiri surat Anda dengan doa untuk kesembuhan.

Surat untuk mendoakan orang sakit adalah cara yang bagus untuk menunjukkan perhatian dan dukungan Anda. Dengan menuliskan doa yang bermanfaat, Anda dapat membantu orang yang sakit menemukan semangat untuk sembuh dan mendapatkan kesembuhan yang sebenarnya.


Pertanyaan dan Jawaban Lainnya:

Table of Content:

1. 16. Berikut ini yang termasuk bacaantasbih adalah ....a. Subhanallahb. Alhamdulillahc. Allahu Akbard. Lailaha llallah17. Berikut ini yang tidak termasuk adabberdoa adalaha. mengangkat kedua tanganb. suci dari hadasC. membaca suratd. memahami isi doa18. Waktu yang baik untuk berdoa adalaha. siang harib. sore haric. malam harid. sepertiga malam terakhir19. Berikut ini yang termasuk contohberdoa untuk diri sendiri adalah ....a. doa untuk orang tuab. doa untuk mencari ilmuc. doa untuk muslimind. doa untuk orang sakit20. Berikut ini yang termasuk contohberdoa untuk orang lain adalah ....a. doa untuk orang tuab. doa menuntut ilmuc. doa masuk masjidd. doa sesudah wudu​


Jawaban:

16.a

17.b

18.d

19.b

20.a

Jawaban:

16. A

17. C

18. D

19. B

20. A

Penjelasan:


2. perhatikan firman Allah SWT adalah Al Quran surat an-nahl ayat 15 di bawah ini makna yang terkandung pada ayat diatas adalah A. kewajiban menaati perintah kedua orang tua kecuali apabila kedua orang tua menyuruh berbuat maksiat kepada Allah SWT B. selalu mendoakan kedua orang tua memohon ampun untuk keduanya baik saat mereka masih hidup maupun sesudah wafat C .Ridha Allah SWT terletak pada keridhaan orang tua terhadap anaknya sebaliknya murkanya ada pada murkanya orang tua dan menjauhi ucapan atau tindakan yang menyakiti hati orang tuanya meskipun kata-kata sepele seperti berkata ah​


وَاَلْقٰى فِى الْاَرْضِ رَوَاسِيَ اَنْ تَمِيْدَ بِكُمْ وَاَنْهٰرًا وَّسُبُلًا لَّعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَۙ

15. Dan Dia menancapkan gunung di bumi agar bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk,


3. Singkawang, 29 Mei 2020 Tamanku, Rendrawan di Pontianak Salam manis, Rendra, aku senang sekali membaca suratmu tentang cita-citamu.Wah, menarik sekali cita-citamu! Tetapi, apa kamu benar ingin menjadi pilot? Kau tidak takut ketinggian, kan? Surat pribadi untuk soal nomor 14 dan 15! Oh, ya Rendra, kalau aku bercita-cita ingin menjadi dokter. Kamu tahu alasanku? Aku tertarik menjadi dokter karena aku ingin membantu orang-orang yang sedang sakit. Di sekitarku masih banyak orang sakit yang tidak dapat berobat ke dokter karena mereka tidak mempunyai biaya. Kelak, jika aku sudah menjadi dokter, aku akan membantu orang yang tidak mampu tanpa memungut biaya. Kita saling mendoakan ya, semoga cita-cita kita akan tercapai. Sampai di sini dulu, ya. Lain kali kita sambung lagi. Aku tunggu suratmu berikutnya. Teman baiku BaskaraNugraha Informasi yang terdapat pada surat pribadi tersebut adalah . . . Rendrawan menceritakan kepada Baskara tentang cita-citanya menjadi dokter. Baskara bercerita cita-citanya menjadi seorang dokter kepada Rendrawan. Rendrawan bercita-cita menjadi dokter karena ingin membantu orang lain. Baskara ingin menjadi pilot karena ia tidak takut dengan ketinggian. A.Rendrawan menceritakan kepada Baskara tentang cita-citanya menjadi dokter. B.Baskara bercerita cita-citanya menjadi seorang dokter kepada Rendrawan. C.Rendrawan bercita-cita menjadi dokter karena ingin membantu orang lain. D.Baskara ingin menjadi pilot karena ia tidak takut dengan ketinggian.


Jawaban:

A. Rendrawan menceritakan kepada Baskara

tentang cita citanya menjadi dokter

Penjelasan:

karena pada surat tersebut Rendrawan menceritakan cita cita nya menjadi dokter kepada Baskara

Detail:

Pelajaran : Bhs Indonesia

Materi : Cerpen

Semoga membantu dan bermanfaat#

Penjelasan:

FYAN1440WITH BRAINLY_____________________

======>Bhs.Indonesia <======

Jawaban :

B. Baskara bercerita cita-citanya menjadi seorang dokter kepada Rendrawan.

Penjelasan :

Buktinya terdapat dalam kutipan, "Rendra, kalau aku bercita-cita ingin menjadi dokter. Kamu tahu alasanku? Aku tertarik menjadi dokter".


4. Kegiatan 3 Tugas 3 Mengonversikan Teks Cerita Fiksi dalam Novel (2) Konveraikan teks "Gadis kecil dan Doanya" di atas menjadi sebuah teks lain dengan struktur yang berbeda Berapa kali kita harus kehilangan orang yang begitu penting dalam hidup? Sepasang mata milik seorang gadis cilik tampak khusyuk mengamati sekeliling ruangan putih bersih itu. Berpindah-pindah dari monitor dengan angka-angka yang tidak dia mengerti, yang selalu mengeluarkan bunyi teratur itu, ke selang-selang panjang dengan cairan bening yang mengalir dan bermuara ke pergelangan tangan satu sosok yang terbaring di ranjang. Seseorang yang begitu dicintainya. Kerabat satu-satunya.... Allah... jangan biarkan dia meninggal. Matanya berkaca. Butiran air yang ingin tumpah ditahannya sekuat tenaga. Gadis kecil dengan bola mata bulat itu menggigit bibir keras-keras. Berharap dengan begitu genangan air yang siap menderas akan berhenti. Dia harus kuat, percuma menangis. Dia harus kuat. lebih baik berdoa. Ibunya dulu sering mengulang-ulang kalimat itu. “Berdoa, Ra... mengaji. Minta sama Allah.” “Apa Allah selalu mengabulkan doa?” Dia ingat perempuan yang melahirkannya tersenyum saat mendengar pertanyaan itu. “Allah mendengar doa, Ra. Allah nggak pernah menyia-nyiakan doa yang meminta.” Rara tidak puas, mengejar lagi. “Tapi, apa pasti dikabulkan, Bu? Rara ingin punya jendela...” kalimat itu menggantung sejenak sebelum bersuara pelan, “Rara juga ingin Ibu sembuh.” Perempuan dengan wajah teduh itu menggenggam tangan anak satu-satunya, sebelum berbisik, “Allah pasti mengabulkan setiap doa, Ra. Tapi kadang ada doa-doa lebih penting yang harus didahulukan.” Tapi Rara ingin Ibu sembuh.... Rara ingin waktu bisa berulang dan peristiwa yang menyebabkan ibunya sakit tidak perlu terjadi. Seperti membaca pikiran Rara, Ibu mulai mengusap-usap rambut anak semata wayangnya itu. “Rara bacakan ayat Quran untuk memohon kesembuhan, ya? Masih ingat?” Jemari ibu yang bergetar susah payah membuka halaman Alquran yang dibawakan Rara ke pembaringan. Dan di halaman itu, telunjuk Ibu berhenti. Alquran surat Al Anbiya, ayat 83—84. Malam hening. Hanya suara jernih Rara yang patah-patah mengaji. Dan sekarang, ayat yang sama ingin dibacakannya bagi sosok terkasih yang sudah hampir seminggu tak menyapanya lagi. Jangan mengangis, Ra. Berdoa.... Suara Ibu, entah siapa yang membawanya mampir ke telinga. Rara menggigit bibirnya lagi. Air mata ini sulit sekali diaturnya.


entah berapa kali kita akan kehilangan orang yang penting,tapi semuanya pasti akan pergi dan kita pasti akan merasa kehilangan begitu juga saat kita yang akan pergi orang yang kita sayangpun akan merasa kehilangan.kita akan merasa kehilangan orang penting dari berapa banyak orang yang kita sayang.

5. 30. Amatilah gambar iklan berikut.perut ketika berolahragaC. Ketika berolahraga, kami selalu sarapan agartidak sakit perutD. Kami selalu sarapan agar tidak sakit perutketika berolahraga34. Para pemenang lomba, waktu dan tempat kamipersilakan naik ke atas panggung.Perbaikan kalimat tersebut adalahA. Pemenang lomba silakan naik ke atasB.Para pemenang lomba dipersilakan menaikipanggungC. Para pemenang lomba kami persilakan naikke panggungPara pemenang lomba, silakan Anda naik keatas panggung35. Kak Raka kuliah di fakultas technik, jurusantechnik sipilKalimat iklan yang cocok untuk gambar tersebutadalah ....A. Jika haus, minumlah air ini.B. Anda ingin sehat? Minumlah "Jernih", airpegunungan alami.C. Silakan Anda minum "Jernih".D. "Jernih" diminum oleh setiap orang.31. Perhatikanlah teks pidato berikut dengan cermat.Kami siswa kelas VI mengucapkan terimakasih kepada Bapak dan Ibu Guru yangtelah mendidik kami dengan keikhlasan dankesabaran. Karena itulah, kami memperolehnilai-nilai yang baik. Kami juga mohon maafkepada Bapak dan Ibu Guru atas apa yang telahkami lakukan. ...Kalimat penutup yang tepat untuk melengkapiteks pidato tersebut adalah ....A. Terima kasih atas kehadiran Bapak dan IbuGuru yang sudah hadir pada acara perpisahankelas VI.B. Demikian yang dapat kami sampaikan, jikaada tutur kata yang tidak berkenan, kamimohon maaf.C. Kami juga mohon doa, agar kami dapatmelanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dansekolah yang kami inginkan.D. Banyak kenangan yang kami alamiselama kami di sekolah ini, baik kenanganmenyenangkan, maupun menyedihkan.32. Pidato Kepala Sekolah dapat ... semangat untukbelajar.Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapikalimat di atas adalahA. ditumbuhkanB. pertumbuhanC. menumbuhkanD. ditumbuhi33. Cermatilah paragraf berikut dengan cermat.Keluarga kami membiasakan berolahragasetiap pagi untuk menjaga kebugaran dankesehatan tubuh. Kami selalu sarapan pagi agarsupaya tidak sakit perut ketika olahraga.Perbaikan kalimat yang digarisbawahi adalah .....A. Kami selalu sarapan pagi agar tidak sakitperut ketika berolahragaB. Kami selalu sarapan pagi supaya tidak sakitKesalahan ejaan pada kalimat tersebut ada padakata ...A. kuliahB. fakultasC. technikD. Sipil36. Bacalah kutipan surat berikut.Halo, apa kabarmu, Nana!Aku ingin memberi kabar padamu. Aku akanberlibur ke Yogyakarta minggu depan. Jika tidakada perubahan rencana, aku akan berkunjungke rumahmu di sana. Apakah kamu tidakada rencana hari itu? Aku ingin mengajakmumemanjat pohon di kebun kakekku. Aku sudahtidak sabar bertemu denganmu.Kesalahan penggunaan tanda baca pada surattersebut adalah ....A. tanda seru (!)B. tanda titik (.)c. tanda tanya (?)D. tanda koma ()37. Sekian dulu berita dariku [...] kutunggu balasansuratmu [...]Tanda baca yang tepat untuk melengkapi kalimattersebut adalah ....A. (.) dan (.)B. (!) dan (.)C. () dan (!)D. () dan (0)38. Kalimat berikut yang menggunakan tanda seru (!)yang benar adalah ....A. Besok aku diajak pergi ke pantai!B. Adikkulah yang bermain boneka!C. Buanglah sampah pada tempatnya!D. Ayah sedang membaca koran!39. wisatawan asing berkunjung ke pulau bali, merekakebanyakan berasal dari jepang, australia, inggris,dan amerika.Perbaikan ejaan pada kalimat tersebut adalahA. Wisatawan asing berkunjung ke Pulau Bali,Tolong di jawab ya aku lg butuh bngttt dan kalian jangan cuma manfaatin poinnya ya​


Jawaban:

30. B. Anda ingin sehat? Minumlah "jernih" , air pegunungan alami.

31. B. Demikian yang dapat kami sampaikan, jika ada tutur kata yang tidak berkenan, kami mohon maaf.

32. C. Menumbuhkan

33. A. Kami selalu sarapan pagi agar tidak sakit perut ketika berolahraga

34. B. Para pemenang lomba dipersilahkan menaiki panggung.

35. C. Technik

36. A. tanda seru (!)

37. D. (,) Dan (.)

38. C. Buanglah sampah pada tempatnya!

39. Wisatawan asing berkunjung ke pulau Bali. Mereka kebanyakan berasal dari Jepang, Australia, Inggris, dan Amerika.

Itu aja , maaf kalo salah...


6. 30. Amatilah gambar iklan berikut.ketika berolahraga34. Para pemenang lomba, waktu dan tempat kamipersilakan naik ke atas panggung.Perbaikan kalimat tersebut adalah ...A. Pemenang lomba silakan naik ke atasB. Para pemenang lomba dipersilakan menaikipanggungC. Para pemenang lomba kami persilakan naikKalimat iklan yang cocok untuk gambar tersebutke panggungD. Para pemenang lomba, silakan Anda naik keadalah ....atas panggungA. Jika haus, minumlah air ini.35. Kak Raka kuliah di fakultas technik, jurusanB. Anda ingin sehat? Minumlah "Jernih", airtechnik sipil.pegunungan alami.C. Silakan Anda minum "Jernih".Kesalahan ejaan pada kalimat tersebut ada padaD. "Jernih" diminum oleh setiap orang.kata ...A. kuliah31. Perhatikanlah teks pidato berikut dengan cermat.B. fakultasKami siswa kelas VI mengucapkan terimaC. technikkasih kepada Bapak dan Ibu Guru yangD. sipiltelah mendidik kami dengan keikhlasan dan36. Bacalah kutipan surat berikut.kesabaran. Karena itulah, kami memperolehnilai-nilai yang baik. Kami juga mohon maafHalo, apa kabarmu, Nana!kepada Bapak dan Ibu Guru atas apa yang telahAku ingin memberi kabar padamu. Aku akankami lakukan. ...berlibur ke Yogyakarta minggu depan. Jika tidakada perubahan rencana, aku akan berkunjungKalimat penutup yang tepat untuk melengkapike rumahmu di sana. Apakah kamu tidakteks pidato tersebut adalah ....ada rencana hari itu? Aku ingin mengajakmuA. Terima kasih atas kehadiran Bapak dan Ibumemanjat pohon di kebun kakekku. Aku sudahGuru yang sudah hadir pada acara perpisahantidak sabar bertemu denganmu.kelas VI.B. Demikian yang dapat kami sampaikan, jikaKesalahan penggunaan tanda baca pada suratada tutur kata yang tidak berkenan, kamitersebut adalahmohon maaf.A. tanda seru (l)c. Kami juga mohon doa, agar kami dapatB. tanda titik (.)melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi danC. tanda tanya (?)sekolah yang kami inginkan.D. tanda koma (,)kenangan yangD. Banyakkami alami37. Sekian dulu berita dariku [...] kutunggu balasaselama kami di sekolah ini, baik kenangansuratmu [...]menyenangkan, maupun menyedihkan.32. Pidato Kepala Sekolah dapat ... semangat untuk Tanda baca yang tepat untuk melengkapi kalimtersebut adalah ....belajarKata berimbuhan yang tepat untuk melengkapiA. (.) dan ()kalimat di atas adalah ....B. (!) dan (.)A. ditumbuhkanC. () dan ()B. pertumbuhanD. () dan ()C. menumbuhkan38. Kalimat berikut yang menggunakan tanda serD. ditumbuhiyang benar adalah33. Cermatilah paragraf berikut dengan cermat.A. Besok aku diajak pergi ke pantai!B. Adikkulah yang bermain boneka!Keluarga kami membiasakan berolahragaC. Buanglah sampah pada tempatnya!setiap pagi untuk menjaga kebugaran dankesehatan tubuh. Kami selalu sarapan pagi agarD. Ayah sedang membaca koran!39. wisatawan asing berkunjung ke pulau bali, mesupaya tidak sakit perut ketika olahraga.kebanyakan berasal dari jepang, australia, inPerbaikan kalimat yang digarisbawahi adalah ....dan amerika.A. Kami selalu sarapan pagi agar tidak sakit Perbaikan ejaan pada kalimat tersebut adalperut ketika berolahragaA. Wisatawan asing berkunjung ke PulauB. Kami selalu sarapan pagi supaya tidak sakitTolong di jawab ya aku bener bener lg butuh bngtttt​


Jawaban:

30. B

31. B

32. C

33. D

34. B

35. C

36. A

37. D

38. C

39 kepotong

Penjelasan:

materi penggunaan tanda baca

susunan kalimat yang benar

iklan

pidato

Jawaban:

30.B

34.B

36.C

37.B

38.C

32.C

itu aja ya. maaf jika salah.

komen yaaa


7. Yang bukan termasuk dalam kategori rendah hati adalahRamah kepada orang lainMerendahkan diriSewenang-wenangMenghargai orang lainOption 5salah satu perilaku rendah hati yang diteladankan Tuhan Yesus adalahMembasuh kaki murid-muridNyaMemberi makan lima ribu orangMengubah air menjadi anggurMembangkitkan orang matiSalah satu ciri orang yang sombong adalahSuka memamerkan kekayaannyaSuka membagi hartanyaSuka menang sendiriSuka berdiam diriTuhan Yesus mengajarkan perilaku rendah hati dan murah hati. Yang bisa dilakukan oleh Yesus aadalahPergi berdoa sendirianMemperhatikan orang banyakMelayani semua orangMengerjakan pekerjaannyaOrang yang rendah hati ketika menerima keberhasilan akan bersikapHebatBanggaTenangBahagiaSikap positif terhadap kekurangan yang kita miliki adalahMerasa maluMemperbaiki diriTidak percaya diriMenutup diriSikap positif yang ditunjukkan oleh para pelajar pada masa kini adalahMudah marahMampu menahan diriSUka berfoya-foyaMerasa nyaman dengan kelompoknyaSikap yang tepat dalam hubungan manusia dengan sesamanya adalahMenjadii kawan bagi sesamanyaMenjadi saingan bagi sesamanyaMemeperjuangkan hak keluargaSaling berlomba untuk menangYang merupakan bukti bahwa manusia itu peduli terhadap sesamanya adalahPerbuatan mengancam sesamanyasenang melihat sesamanya mengalami kesusahanMembantu memperhatikan sesamanyaMemusuhi dan menjauhi sesamanyaTindakan Tuhan Yesus yang menunjukkan kepedulian kepada sesama yang didorong oleh belas kasihan adalahMemeberi makan lima ribu orangMenyembuhkan orang yahudi sajaBersahabat dengan para pejabatBerdebat dengan ahli tauratTuhan Yesus mengajarkan bahwa sikap peduli pada manusia ditunjukkan kepadaStatus sosial yang samaHanya kepada rekan atau sahabat sajaKepada semua orang tanpa kecualiKepada relasi yang menguntungkan sajaYang bukan merupakan bentuk kepedulianTerlibat dalam upaya penanggulangan bencana alamMenjadi mitra pemulihan kecanduan obat terlarangMenjadi penagih utang yang sulit bayar dengan kasarMenolong anggota masyarakat yang mengalami kesusahanSalah satu ciri orang yang peduli adalahMenunjukkan sikap yang simpati dan empatiPandai berbicara di muka umumSuka berpergian ke banyak tempatMemiliki pengetahuan yang luasSikap hidup yang mendasari sikap peduli yang ditunjukkan oleh Tuhan Yesus adalahDamaiKasihAdilJujurBentuk solidaritas positif dalam kehidupan sehari-hariMenolong sesama yang mengalami kecelakaanMembela teman di hadapan guruTerlibat dalam tawuran antar kampungIku-ikutan menikmati obat-obatan terlarangSikap solidaritas yang dibangun dengan dasar yang benar akan melahirkanKepandaianKompromiPerdamaianKesetiakawananYang bukan merupakan tindakan kompromi dalam kehidupan sehari-hari orang Kristen adalahMengikuti teman-teman merokok dan minum-minuman kerasTidak berangkat ke gereja karena didatangi temanMembawa tetangga yang sakit ke rumah sakitMembiarkan teman yang kesusahanSikap yang benar apabila diajak kompromi dengan dosa adalahMengaminiMengiyakanMenundaMenolakSikap yang dapat merusak upaya memupuk solidaritas dengan sesama adalahEgoisMembeda-bedakanBerprasangkaMarahPaulus menujukkan solidaritas kepada jemaat di Yerusalem denganMengimbau jemaat untuk saling menopang dalam doa dan danaBerjalan keliling di seluruh Asia KecilMenulis surat-surat penegmbalaanBerdiam diri di Yeruslemtolongin harus di kumpul skrng​


Jawaban:

1. Sewenang wenang

3. Suka memamerkan kekayaannya

6. Memperbaiki diri

8. Menjadi kawan bagi sesamanya

9. Membantu dan memperhatikan sesamanya


8. No Action,Talk Only (OMong DOang pada suatu hari seorang pendeta pastor dimintai bantuan oleh sebuah keluarga miskin keluarga tersebut tidak memiliki rumah atau tempat untuk berteduh karena kesibukan pelayanan sang rohaniwan ia berjanji akan mendoakan keluarga tersebut beberapa hari kemudian kepala keluarga tersebut menulis sepucuk surat.kami kelaparan dan anda mengkota bayi kami bahwa bunga bakung dan burung di udara dipelihara oleh Tuhan apalagi orang beriman pasti dipelihara kami terkena musibah dan anda ke tempat ibadah untuk berdoa bagi kesengsaraan kami kami ingin bekerja dan anda sibuk mengharamkan pekerjaan yang anda anggap tidak pantas padahal hal-hal dan kami sangat membutuhkannya kami sakit dan anda berlutut bersyukur kepada Allah atas kesehatan anda sendiri kami telanjang tidak punya pakaian dan anda mempertanyakan dalam hati kesopanan penampilan kami bahkan Anda menggurui kami tentang etika dan aurat kami bertutur tentang kejamnya dunia Anda mengajarkan kami untuk tetap mengasihi tapi betul bagaimana pahitnya kehidupan ini anda mencari kami tentang nilai-nilai kehidupan kami kedinginan dan gelapnya malam dan anda meninggalkan kami sendirian untuk berdoa Anda kelihatan begitu suci begitu dekat dengan Allah namun kami tetap amat lapar kesepian dan kedinginan masihkah kami bisa menemukan pribadi seperti guru agung dalam buku besar yang anda baca Anda kelihatan sangat sempurna begitu mulia namun anda tidak seperti guru agung dalam buku besar itu setelah membaca tulisan itu rohani hewan tersebut terharu dan berkata dalam hati kasihan keluarga itu(analisa inspirasi,Penulis)pertanyaan1. bagaimana seharusnya sikapmu dalam menanggapi atau menyikapi persoalan yang dihadapi keluarga miskin tersebut?(dalam cerita diatas)2. buatlah 4 motto tentang sikap peduli terhadap sesama.3. apakah ada keuntungan bagi diri kita sendiri jika kita peduli terhadap orang lain?​


Jawaban:

1.semiskinapapunkiranyaimanKristen dapatbertumbuh danberkembang menjadilebihbaikbukanmencari-carialasanagarhidupnyamandenganmenukarnyadenganpekerjaan2daging ygTuhantidaksuka,simiskintahuayatAlkitab burungdiudaraTuhan peliharabahkanbungabangkungtakkanlayukarenakekurangan air.ingatlah saudara Kristen hidupkitaitukataYesusuntukmenjadiBerkatbukanmenuntutmenerimaBerkat

2.1)Imamat 19:18 (TB) Janganlah engkau menuntut balas, dan janganlah menaruh dendam terhadap orang-orang sebangsamu, melainkan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri; Akulah TUHAN.

2)Matius 5:44 (TB) Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.

3)Matius 19:19 (TB) hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."

4)Markus 12:31 (TB) Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini."

3.Amsal 13:14 (TB) Ajaran orang bijak adalah sumber kehidupan, sehingga orang terhindar dari jerat-jerat maut.

keuntungannyaseperti ayatdiatas;agarkitaterhindar dari jerat2mautdalamkehidupan.apauntungnyakitamembalaskejahatan dengankejahatanyangadasiang,malamkamuhanyaakanberlelah-lelah memikirkan kecelakaan bagimusuhmudanTuhanpunakanmemberikan ganjaranbagimudanteruntukmusuhmuyangkamulawanDanKamumasihTidakMengandalkanTuhan.


9. 1. Kemampuan untuk menyadari perasaan orang lain dan bertindak untuk membantunya merupakan arti... 4 poin Amanah Jujur Empati Simpati 2. Manusia adalah makhluk sosial, ia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Perilaku kita sebaiknya adalah... 4 poin Mendengarkan apa kata orang lain Mengikuti apa yang dinginkan orang lain Merasakan apa yang dirasakan orang lain Merendahkan diri kepada orang lain 3. Sikap empati seorang pelajar dapat diwujudkan dalam bentuk... 4 poin Berbagi contekan saat ulangan Berbagi makanan saat makan bersama Meminjamkan alat tulis kepada teman yang tidak memiliki Membiarkan teman merasa kesusahan 4. Perhatikan pernyataan berikut ini: Yang termasuk perilaku berbuat baik kepada kedua orang tua adalah... 4 poin 1, 2, dan 3 1, 3, dan 4 2, 3, dan 4 1, 2 dan 4 4 5. Perhatikan hadits riwayat imam Al-Bukhari berikut ini: المؤمن للمؤمن كالبنيان يشدُّ بعضه بعضًا “Dari Abi Musa r.a. dia berkata, Rasulullah saw. bersabda, ‘Orang mukmin yang satu dengan yang lain bagaikan ... yang bagian-bagiannya saling mengokohkan. (H.R. Bukhari) 4 poin satu tubuh satu rumah satu pasukan satu bangunan 6. Contoh perilaku menghormati dan menghargai guru dapat diwujudkan dengan berbuat baik kepada guru, antara lain... 4 poin Belajar dengan sungguh-sungguh Berpakaian seragam sesuai dengan aturan sekolah Mengucapkan salam bila bertemu Selalu menceritakan keburukannya 7. Contoh perilaku berbuat baik kepada orang tua yang sudah meninggal adalah... 4 poin Membantu keperluannya Membelanjakan hartanya Memperebutkan harta warisan Mengunjungi sahabat orang tuanya 8. Contoh perilaku berbuat baik kepada orang tua yang masih hidup adalah... 4 poin Mendoakan dan melaksanakan nasihatnya Membelanjakan hartanya Memperebutkan harta warisan Menyimpan hartanya 9. Di bawah ini yang termasuk perilaku menghormati guru adalah... 4 poin Mendoakan dan melaksanakan nasihatnya Meminta nasihat-nasihatnya Memperebutkan harta warisan Mengunjungi sahabat-sahabatnya 10. Apabila melihat guru melakukan kesalahan, kita sebagai peserta didik harus... 4 poin Mencemoohkan Menceritakan ke orang lain Menegurnya dengan sopan Membiarkannya 11. Perilaku empati terhadap sesama dalam kehidupan sehari-hari dapat diwujudkan dengan cara berikut ini, kecuali ... 4 poin peka terhadap perasaan orang lain membayangkan seandainya aku adalah dia berlatih mengorbankan milik sendiri suka menyusahkan dan merepotkan orang lain 12. Hukum shalat Jum'at adalah ... 4 poin Sunnah Wajib Makruh Fardu Kipayah 13. Pada hari Jum'at, dalam QS. Al-Jumu'ah ayat 9 dengan tegas Allah memerintahkan kepada kita untuk melaksanakan Salat Jumat dan meninggalkan ... 4 poin Sekolah Jual Beli Pekerjaan Perbuatan keji dan munkar 14. Dalil yang menunjukkan bahwa Salat Jum’ah itu wajib adalah... 4 poin Q.S. al-Jumu’ah/62: 6. Q.S. al-Jumu’ah/62: 7. Q.S. al-Jumu’ah/62: 8. Q.S. al-Jumu’ah/62: 9. 15. Berikut ini adalah orang-orang yang dikenai kewajiban shalat Jum'at, kecuali ... 4 poin Baligh Laki-laki Perempuan Orang yang tidak sedang safar/dalam perjalanan 16. Orang yang menyampaikan khotbah Jum’ah disebut ... 4 poin Khotib Ustadz Muballigh Pa Kayiim 17. Orang yang sedang melakukan perjalanan jauh diberi keringanan untuk tidak Salat Jumat tetapi ia wajib... 4 poin Shalat Dzuhur Shalat jamak qasar Meng-qadha Shalat Membayar fidyah 18. Perhatikan hal-hal berikut ini:... Syarat sah untuk melaksanakan salat Jumat adalah... 4 poin 1, 2, dan 3 1, 2, dan 4 2, 3, dan 4 1, 3, dan 4 19. Perhatikan pernyataan berikut ini. Yang merupakan rukun khotbah adalah... 4 poin 1, 2, dan 3 1, 2 dan 4 2, 3 dan 4 1, 3 dan 4 20. Memakai pakaian putih, mencukur kumis, memakai wangi-wangian merupakan... 4 poin Sunah salat Jumat Syarat sah salat Jumat Syarat wajib salat Jumat Syarat khotbah Jumat 21. Halangan yang membolehkan kita tidak melaksanakan salat Jumat diantaranya adalah berikut ini ... 4 poin Masjidnya jauh Angin kencang hujan deras Terlalu sibuk dengan pekerjaannya Cuaca sangat panas sekali 22. Shalat Jum'at dapat menghapus dosa-dosa kecil selama .. 4 poin Satu tahun yang lalu Satu tahun yang akan datang Antara Jumat yang satu ke Jumat berikutnya Setahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang 23. Diantara sunnah-sunnah Rasulullah Saw yang dilakukan ketika malam atau hari Jum'at adalah ... 4 poin Baca surat Al-Baqarah sampai selesai Baca ayat Kursi, Al-Ikhlas, Mua'awwidzatain 1000 kali Membaca surat Al-Kahfi dan Memperbanyak shalawat Nabi Mandi kembang tujuh rupa dari tujuh sumur 24. Jika kita bicara ketika khatib sedang berkhotbah, salat Jumat yang kita lakukan akan.... 4 poin Kurang sempurna Sia-sia Sah Mandapat Dosa 25. Tempat yang bisa digunakan untuk melaksanakan salat Jumat adalah ... 4 poin Rumah Sakit Masjid Ruang Khusus Jalan Raya


Jawaban:

1. simpati

2. mendengarkan apa kata orang lain

3. meminjamkan alat tulis.....

selebihnya jawab sendiri yaa, semangatt^^ jgn lupa difollow thankyouu

Jawaban:

1.Empati

2.Merasakan apa yang dirasakan orang lain

3.Meminjamkan alat tulis kepada teman yang tidak memiliki

4___________ soalnya kurang lengkap:)

5.satu bangunan

6.Mengucapkan salam bila bertemu

7.Mengunjungi sahabat orang tuanya

8.mendoakan dan melaksanakan nasihatnya

9.Mendoakan dan melaksanakan nasihatnya

10.Menegurnya dengan sopan

11.suka menyusahkan dan merepotkan orang lain

12.Wajib

13.Jual Beli

14.

15.Perempuan

16.Khotib

17.Meng-qadha Shalat

18.___________ soalnya kurang lengkap:)

19.___________ soalnya kurang lengkap:)

20.Sunah salat Jumat

21.Angin kencang hujan deras

22.Antara Jumat yang satu ke Jumat berikutnya

23.Membaca surat Al-Kahfi dan Memperbanyak shalawat Nabi

24.Sia-sia

25.Masjid

JADIKAN JAWABAN TERCERDAS:)


10. Perhatikan naskah drama berikut!AniPagi itu, ruang kelas VIII B hening. Setiap murid memperhatikan Ibu Dewi yang sedangmengajarkan karya sastra drama. Namun, Ibu Dewi melihat Ani yang beraut wajah pucat. TernyataAni memang sedang sakit.Ibu Dewi : Aņi, kalau sedang tidak sehat, kenapa tidak membuat surat izin saja? Sudahperiksa ke dokter? (Sambil mendekat ke tempat duduk Ani)Ani: Sudah, Bu. Tadi sebenarnya saya berniat untuk tidak masuk dan membuat suratizin sakit, tapi saya tidak ingin melewatkan pelajaran hari ini.Ibu Dewi : Ya tapi kamu kan sedang sakit. Kamu kan bisa bertanya pada teman-teman kamusoal materi pelajaran hari ini.Iya bu, tapi saya tetap menyayangkan kalau sampai melewatkan mata pelajaranhari ini. Apalagi saya sebenarnya paling suka kalau diajar oleh Bu Dewi.Ibu Dewi : Baiklah kalau begitu, Ani sekarang lebih baik pulang saja karena Ani sedang sakit.Untuk materi pelajaran hari ini, Ani bisa tanya ke teman Ani. Ibu akan menghubungiorang tua Ani untuk menjemput Ani pulang.Ani : Baiklah, Bu. Mungkin saya memang harus istirahat dulu biar bisa cepat sembuhdan tidak melewatkan kegiatan belajar lebih lama.Ibu Dewi : Benar An, Ani sekarang pulang dan istirahat di rumah, ya!Ani: Baik, Bu.Ibu Dewi : Nah, anak-anak, marilah kita doakan Ani agar lekas sembuh, ya! Kita semua jugaharus menjaga kesehatan agar dapat belajar dengan maksimal. Kesehatan itumahal harganya.Murid-murid : Baik, Bu.Jelaskan unsur drama tersebut!​yg bisaa jawab plisss jawab​


Jawaban:

Penjelasan:

ani yang sedang sakit dan tidak mau tertinggal pelajaran


11. 7. Perhatikan pernyataan berikut ini !(1) Merasa yakin masuk surga karena didoakan oleh malaikiat(2) Menjadikan kita selalu berhati-hati dalam berkata(3) Mendorong manusia untuk berbuat kebaikan(4) Menjadikan kita selalu berhati-hati dalam berbuatPernyataan yang bukan termasuk fungsi beriman kepada malaikat adalah .A. 1 B2 C.3 D.4.كائه بل عبادوقالوا الله الرحمن ولدامكرمون8. Perhatikan surat Al Ambiya' ayat 26 berikut :Dan mereka berkata: "Tuhan Yang MahaPemurah telah mengambil (mempunyai)anak". Maha Suci Allah. Sebenarnya(malaikat-malaikat itu), adalah hamba-hamba yang dimuliakan.Pesan yang benar berdasar ayat di atas adalah :A Malaikat adalah hamba Allah yang dimuliakan'B Malaikat selalu bertasbihC Malaikat mendoakan orang-orang yang berimanD. Malaikat dapat berubah bentuk (menjilma)9. Kemampuan untuk menyadari perasaan orang lain dan bertindak untuk membantu orang lainmerupakan artiA. Empati B. Toleransi C Amanah D Istiqamah10. Manusia adalah makhluk sosial, mereka tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain Oleh karenaitu, sikap kita kepada orang lain adalah ...A Saling peduli dan tolong menolong kepada orang lain yang membutuhkan bantuanB. Mendengarkan dan memperhatikan perkataan orang lainC. Selalu mengikuti keinginan orang lainD. Membiarkan atau acuh tak acuh kepada orang lain yang merasa kesusahan11. Sikap empati seorang pelajar di lingkungan keluarga dapat diwujudkan dalam bentuk ....A Meminjamkan buku catatan atau alat tulis kepada temanB Berbagi makanan/jajan dengan saudaraC Menjenguk dan mendoakan teman yang sedang rawat inap di rumah sakitD. Tidak mempedulikan teman yang memerlukan sesuatu​


Jawaban:

7.A. 1

8.A. malaikat adalah hamba allah yang dimulyakan

9.A. Empati

10.A.saling peduli dan tolng menolong kepada orang lain yang membutuhkan bantuan

11.A. berbagi makanan/jajan dengan saudara


12. Bantu jawab plis 30. Pahala shalat berjamaah lebih banyak dibandingkan shalat sendirian, yaitu... A. 17 derajat B. 27 derajat C. 37 derajat D. 47 derajat 31. Perhatikan pernyataan berikut ini! (1) Pak Umar berumur 55 tahun dan kurang fasih membaca Al-Quran (2) Ibu Aminah berumur 57 tahun dan fasih membaca Al-Quran (3) Farhan berumur 15 tahun dan fasih membaca Al-Quran (4) Pak Rosyid berumur 35 tahun dan fasih membaca Al-Quran Orang yang paling tepat dipilih menjadi imam shalat adalah.... A. Umar B. Aminah C. Farhan D. Rosyid 32. Berikut ini adalah sahabat nabi Muhammad yang menemani ketika perjalanan hijrah ke Madinah, yaitu... A. Abu bakr As-Siddiq B. Abdur Rahman bin Auf C. Umar bin Khattab D. Ali bin Abi Thalib 33. Ridha Allas SWT ada pada ridha orang tua, dan murkanya Allah ada pada murka orang tua.” Maksud dari hadist tersebut adalah... A. Kalau ingin mendapatkan ridha orang tua, harus taat kepada Allah SWT B. Kalau ingin mendapat murka Allah SWT, sayangi orang tua C. Kalau ingin mendapat ridha Allah SWT, hormati orang tua D. Kalau ingin dicintai Allah SWT jauhilah orang tua 34. Berikut contoh perilaku yang mencerminkan perwujudan perilaku empati adalah... A. Weni menjenguk Lisa yang dirawat karena sakit demam berdarah B. Fatimah memberikan adiknya hadiah karena mendapat ranking terbaik C. Siti membantu ibunya yang sedang memasak D. Pak yunus memberikan hadiah sepeda kepada umar 35. Saat menghadapi musibah, ia selalu mengeluh, tetapi saat bahagia ia enggan berbagi. Sifat ini tidak baik karena akan menyebabkan... A. Disayang teman B. Keretakan hubungan persaudaraan C. Termotivasi untuk berusaha D. Menjadi hormat 36. Hukum mengerjakan shalat Juma’at bagi laki-laki dewasa adalah... A. Sunnah B. Wajib C. Mubah D. Makruh 37. Sikap empati seorang pelajar dapat diwujudkan dalam bentuk... A. Berbagi contekan saat ulangan B. Berbagi makanan saat makan bersama C. Meminjamkan alat tulis kepada teman yang tidak memiliki D. Membiarkan teman merasa kesusahan 38. Arti Qur’an Surat Jumuah ayat 9 adalah “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sholat jumat, maka bersegeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” Kata “jual beli” dalam ayat di atas bermakna.... A. Segala sesuatu berupa aktivitas keduniaan B. Uraian yang berkaitan dengan transaksi harga dengan orang lain C. Persoalan perdagangan yang menyebabkan shalat Jumat terganggu D. Perdagangan yang hanya untuk kepentingan pribadi 39. Berdoa untuk semua umat islam termasuk ...... khotbah jumat. A. Rukun B. Sunnah C. Kesempurnaan D. Keutamaan 40. Hukum shalat jumat bagi perempuan adalah.. A. Fardhu B. Wajib C. Sunnah D. Haram


Jawaban:

30.a

31.d

32.a

33.c

34.a

35.b

36.b

37.c

38.c

39.a

40.c

Penjelasan:


13. 5. Perhatikan naskah drama berikut!agi itu, ruang kelas VIII B hening. Setiap murid memperhatikan Ibu Dewi yang sedangmengajarkan karya sastra drama. Namun. Ibu Dewi melihat Ani yang beraut wajah pucat. TernyataAniAni memang sedang sakit.Dewi : Ani, kalau sedang tidak sehat, kenapa tidak membuat surat izin saja? Sudahperiksa ke dokter? (Sambil mendekat ke tempat duduk Ani)Ani: Sudah, Bu. Tadi sebenarnya saya berniat untuk tidak masuk dan membuat suratizin sakit, tapi saya tidak ingin melewatkan pelajaran hari ini.Ibu DewiYa tapi kamu kan sedang sakit. Kamu kan bisa bertanya pada teman-teman kamusoal materi pelajaran hari ini.:lya bu, tapi saya tetap menyayangkan kalau sampai melewatkan mata pelajaranhari ini. Apalagi saya sebenarnya paling suka kalau diajar oleh Bu Dewi.Ibu Dewi Baiklah kalau begitu. Ani sekarang lebih baik pulang saja karena Ani sedang sakit.Untuk materi pelajaran hari ini, Ani bisa tanya ke teman Ani. Ibu akan menghubungiorang tua Ani untuk menjemput Ani pulang.Ani : Baiklah, Bu. Mungkin saya memang harus istirahat dulu biar bisa cepat sembuhdan tidak melewatkan kegiatan belajar lebih lama.Ibu Dewi : Benar An, Ani sekarang pulang dan istirahat di rumah, ya!Ani: Baik, Bu.Ibu Dewi : Nah, anak-anak, marilah kita doakan Ani agar lekas sembuh, ya! Kita semua jugaharus menjaga kesehatan agar dapat belajar dengan maksimal. Kesehatan itumahal harganya.Murid-murid : Baik, Bu.Disadur dari: https://www.teksdrama.com/2012/09/contoh-drama-sekolah pendidikan.html, diunduh 9 September 2019.apa latar usasana dan latar budaya nya​


Jawaban:

suasana senang

budaya sehat


14. 11. Sikap yang menyenangkan terhadap takdir sejati adalah sebagai berikut, kecuali …a. Syukurlah selalub. selalu di kenal dengan Tuhanc. sabar dalam memenuhi kewajiband. Selalu lakukan perbuatan baike. kecewa ketika bisnis gagal12. Tindakan yang membawa manfaat bagi diri mereka sendiri, bagi keluarga dan bagi semua umat manusia disebut …a. hanyab. bijaksanac. terima kasihd. tindakan ilahie. Rida13. Rida adalah properti yang …a. Gembirakan seseorang untuk membuat kemajuanb. dapatkan pikiranc. digunakan untuk bersantaid. orang lain irie. Hindari ketidakpuasan14.Allah. Firdaus menjanjikan firdaus bagi orang percaya dan tindakan benar. Janji Tuhan ini ada dalam surat …a. Hanya [24] ayat 55b. Al Kahfi [18], ayat 107-108c. Sedih [38] ayat 27-28d. Dalam Timah [95] ayat 4-6e. Al An’am [6] ayat 13215. Orang yang usahanya menurut tradisi kenabian lebih buruk dari kemarin adalah di antara mereka yang …a. menderitab. stabilc. alasand. sedihe. binasa16. Mengunjungi dan berdoa untuk saudaranya yang sakit atau terpengaruh, termasuk contoh-contoh.a. hanyab. bijaksanac. Ridad. tindakan ilahie. sungguh-sungguh17. Sebagai seorang mukmin harus menikah, jika ada kemauan dan kesiapan dalam Alquran Sure An Nisa ayat …a. 3b. 4c. 5d. 7e. 918. Para wanita berikut ini najis untuk menikah, kecuali …a. Adik perempuan itub. Saudara perempuan susuc. Saudara perempuan ayahd. Kakak perempuan yang sedang menyusuie. Adik perempuan dari bibi ibu19. Pejabat yang ditunjuk sebagai wali pada keadaan dan alasan tertentu dipanggila. Wali Nasabb. Hakim walic. penjaga aqrabd. penjaga maulae. Wali Tahkim​


Perilaku yang bukan contoh sikap menyenangkan terhadap takdir  adalah kecewa ketika bisnis gagal. Orang yang senang terhadap takdir akan menerima kekagagalan dan selalu memperbaiki diri dari kesalahan yang telah dilalui. Istilah untuk tindakan yang membawa manfaat bagi diri mereka sendiri, bagi keluarga dan umat manusia adalah tindakan ilahi.Rida adalah sifat yang memberikan kegembiraan seseorang untuk membuat kemajuan. Dalil menyebutkan Allah menjanjikan surga Firdaus bagi orang yang percaya adalah Al Kahfi [18], ayat 107-108. Orang yang lebih buruk dari hari kemarin merupakan orang yang binasa.Perilaku tersebut merupakan contoh dari tindakan ilahi.Dalil menyebutkan anjuran menikah bagi orang yang memiliki kemampuan dan kesiapan adalah ayat ke 3. Perempuan yang tidak haram untuk dinikahi adalah tidak ada karena semua perempuan tersebut merupakan bagian dari mahram.Wali yang ditunjuk oleh lembaga pemerintah untuk menikahi seorang perempuan adalah wali hakim.Pembahasan

Pernikahan merupakan syariat yang merupakan salah satu sunah nabi yang membuat seseorang mendapat pahala jika melakukannya. Pernikahan akan mengurangi perzinaan.

Pelajari lebih lanjut Materi tentang pengertian dari wali nikah https://brainly.co.id/tugas/4242221Materi tentang pengertian dari pernikahan https://brainly.co.id/tugas/18233610Materi tentang hukum-hukum nikah https://brainly.co.id/tugas/8310237

Detail Jawaban

Kelas          : 1 SMA

Mapel         : Pendidikan Agama Islam

Bab             : Menjaga Martabat Manusia dengan Menjauhi Pergaulan Bebas dan Zina

Kode           : 10.14.12

#AyoBelajar #SPJ2


15. SMPN 1 SUKOHARJOSMPN 1 SUKOHARJOMapel BAHASA INDONESIAGuru Bu Endang IsmiNama NOVAN BERNIAWAN PARADISA PUTRADIKelas 7-VII-C113:22No. 1Hai… Nek, bagaimana kabar Nenek dan Kakek? Semoga nenek dan Kakek selalu sehat. Keadaan Ayi dan keluarga di Jakarta juga sehat, Nek. Nek, kaki Nenek masih suka sakit nggak? Nenek jangan capek-capek, ya…. Oya, ayam Kakek masih banyak nggak, Nek? Kalau Ayi ke Surabaya, Ayi mau minta buat dibawa ke Jakarta. Pengirim surat tersebut adalah …  Cucu kepada anaknya  Cucu kepada neneknya Nenek kepada cucunya Anak kepada orang tuanyaNo. 2Perhatikan kutipan surat berikut. Ayah, Bunda, aku ingin berbagi kabar gembira kepada Ayah, Bunda, dan semua yang ada di rumah, Alhamdulillah, kini skripsiku sudah selesai. Sebentar lagi akan mengikuti sidang akhir jika tidak ada kendala. Artinya, beberapa bulan kedepan aku akan diwisuda. Aku sudah gak sabar untuk bisa bertemu dan bersama-sama dengan kalian semua, terutama dengan Bunda. Mohon doa agar aku bisa lulus dengan predikat yang baik dan kita bisa berkumpul bersama. Berdasarkan isinya, maksud surat tersebut adalah … Seorang anak memberitahukan neneknya kalau skripsinya telah selesai.   Seorang anak memberi kabar kepada keluarganya bahwa skripsinya telah selesai.   Seseorang yang memberi kabar neneknya bahwa dia akan ke rumah temannya di Jogja. Seseorang memberi kabar temannya, saat liburan nanti akan ke rumah neneknya di Jogja.No. 3Perhatikan kutipan surat berikut, kemudian kerjakan soal nomor 3 dan 4.Putri, sahabatku yang baik. Sejak kita berpisah waktu itu, banyak hal yang terjadi di sini. Kota kita memang berkembang sangat pesat Put. Kamu masih ingat dengan gedung yang dulunya menjadi tempat pentas dan latihan drama kita? Gedung itu sekarang sudah rata dengan tanah, Put. Kini sudah muncul bangunan-bangunan baru yang super mewah dan menjulang ke langit, tapi sayang tempat itu hanya sebagai tempat belanja! Rasanya sudah tidak mungkin untuk menjadi tempat kesenian, apalagi untuk pentas drama.Put, sekian dulu, ya. Jangan lupa balas surat aku ini. Kutunggu kabarmu, loh! Sampaikan salamku untuk Ibu dan Bapak. Terimakasi, Put… Sampai jumpa di liburan panjang yang akan dating. Sahabatmu, Pertiwi  berdasarkan surat tersebut, penerima surat adalah ...  Putri   Nadia      Dinda    PertiwiNo. 4 Isi surat tersebut adalah …  Pertiwi memberi kabar kepada Putri kalau liburan nanti dia akan ke rumah Putri.   Putri memberi kabar kepada Putri kalau liburan nanti dia akan kerumah Pertiwi.   Putri memberi kabar keadaan kotanya kepada Pertiwi.   Pertiwi memberi kabar keadaan kotanya kepada Putri.No. 5Perhatikan kutipan surat berikut. Vin, kamu harus belajar dengan giat agar hidupmu diberi kemudahan. Jangan lupa pula untuk berdoa supaya cita-citamu dikabulkan. Yakinlah aku senantiasa mendoakanmu dari sini. Kamu harus semangat ya.[…] Kalimat penutup surat yang tepat untuk melengkapi kutipan surat tersebut adalah …  Atas bantuannya, kami ucapkan terima kasih.   Aku kira cukup sampai di sini kabar dan harapan dariku.   Demikian surat ini kami buat, tak lupa kami sampaikan terima kasih.   Atas perhatian dan kebijaksanaan Ibu/Bapak, kami ucapkan terima kasih.No. 6 Perhatikan kutipan surat berikut. Dengan hormat,Dalam rangka menjaga kebersihan, keindahan dan kesehatan lingkungan, untuk itu kami sebagai pengurus Kelurahan Padang Bulan mengundang kepada seluruh warga untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti di lingkungan Kelurahan Padang Bulan pada:Hari          : MingguTanggal    : 3 Februari 2019Waktu      : Pukul 07.00 sampai selesai Berdasarkan kutipan surat tersebut, tempat pelaksanaan kegiatan adalah …   Desa Padang Bulan   Kelurahan Padang Bulan   Lingkungan kelurahan   Lingkungan Kelurahan Padang BulanNo. 7Bacalah surat dinas berikut! Yth. Ketua OSIS SMP Sintuwu MarosoPalu Dengan hormat,Kami mengharakan kehadiran Saudara dalam acara rapat kerja OSIS yang akan dilaksanakan padaHari          : Sabtu, 23 Mei 2018Waktu      : Pukul 08.00Tempat     : Aula SMP Sintuwu Maroso Kalimat penutup surat yang tepat untuk melengkapi surat dinas tersebut adalah … atas kerja sama dari Saudara, kami ucapkan terima kasih.   Atas kehadiran Saudara, kami ucapkan terima kasih.   Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.   Atas perhatian, diucapkan terima kasih.No. 8 Bacalah kutipan surat dinas berikut! Dengan hormat,Dalam rangka Ulang Tahun SMPN 5, kami bermaksud mengadakan acara seminar dengan tema “Berprestasi Tanpa Narkoba”. Oleh karena itu, kami mohon Bapak berkenan menjadi narasumber. Kegiatan akan dilaksanakan padaHari, tanggal        : Selasa, 18 Oktober 2018Pukul                    : 13.00 WIBTempat                 : Lapangan upacara SMPN 5 Isi surat dinas tersebut adalah …  Permohonan menjadi narasumber   Permohonan bantuan dana   Undangan menghadiri rapat   Permohonan izin​


1.cucu pada neneknya

2.Seorang anak memberi kabar kepada keluarganya bahwa skripsinya telah selesai

3.Putri

4.Pertiwi memberi kabar keadaan kotanya kepada Putri.

5.Aku kira cukup sampai di sini kabar dan harapan dariku

6.Kelurahan Padang Bulan

7.Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih

8.Permohonan menjadi narasumber

Maaf kalau salah:)


16. Setiap hari Malik kerja keras tanpa mengenal waktu. Baginya, harta adalah tujuan hidupnya. Tak perduli, apakah uang yang selama ini diaperoleh itu halal atau haram. Dia hanya memburu kesenangan hidup dan tidak mengena ltuhan yang telah menciptakannya. Suatu hari ia melakukan kejahatan mencuri dan tertangkap polisi. Akhirnya ia dipenjara dengan waktu yang lama. Penggalan kisah ini sangat berhubungan dengan makna surat at-Tin .... *a. Kemudian Kami kembalikan ia ketempat yang serendah-rendahnyab. Buah zaitun bias dijadikan obat dari beberapa penyakitc. Sungguh manusia menjadi ciptaan yang terbaikd. Demi gunung sinai yang menjulang tinggiLengkapi ayat disamping ...إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ أَجْرٌ. *بِالدِّينِالْأَمِينِمَمْنُونٍوَالزَّيْتُونِPerhatikan pernyataan berikut ini “Manusia dipilih Allah menjadi kholifah di bumi, manusia diberi kecerdasan tinggi untuk mempertahankan hidupnya. Kecerdasan akal pikiran itulah yang menyebabkan manusia menjadi makhluk istimewa”. Dari pernyataan di atas, berkaitan dengan makna surat At Tin ayat ke .... *a. 1b. 2c. 3d. 4Arti ayat لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ *a. Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka),b. Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya?c. Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.d. Dan demi kota (Mekah) ini yang amanAllah swt memiliki Asmaul Husna Al Qayyum. Pelajaran yang dapat diambil dari Asmaul Husna tersebut adalah .... *a. Manusia hidup tidak selalu bergantung kepada orang lain.b. Memelihara kehidupan dan mencari rezeki yang sudah disediakan oleh Allah Swt.c. Tidak takut mati, karena kematian adalah tangga menuju kebahagiaan abadid. Selalu berdoa kepada Allah SWT.​


Jawaban:

1.a kemudian kami kembalkkan mereka ketempat yg serendah2nya

2.c mamnun

3.d 4

4.c sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yg sebaik2nya

5.b memelihara khdpan............


17. 30. Perhatikan firman Allah Swt. dalam Alquran surat Luqman ayat 15 di bawah ini! #gambarMakna yang terkandung pada ayat di atas adalah.... A. kewajiban mentaati perintah kedua orang tua, kecuali apabila kedua orang tua menyuruh berbuat maksiat kepada Allah Swt. B. selalu mendoakan kedua orang tua, memohonkan ampunan untuk keduanya, baik saat mereka masih hidup maupun sesudah wafat C. keridhaan Allah Swt. terletak pada keridhaan orang tua terhadap anaknya, sebaliknya murka-Nya ada pada murkanya orang tua D. menjauhi ucapan atau tindakan yang menyakitkan hati orang tuanya meskipun katakata sepele, seperti berkata “Ah” 33. Salah satu alasan Raja Fir’aun melakukan penolakan dakwah Nabi Musa As. adalah .... A. Nabi Musa dianggap telah membawa ajaran baru B. ajaran yang dibawa Nabi Musa sesuai dengan ajaran nenek moyang C. Nabi Musa ikhlas dalam berdakwah kepada umatnya D. Nabi Musa tidak satu nasab / satu bangsa dengan mereka 34. Perhatikan QS. Al Isra (17):24 di bawah ini! #gambarDalil di atas menjelaskan tentang adab kepada kedua orang tua berupa .... A. bersikap rendah hati dan mendoakannya B. merawat saat mereka tua dan mendoakannya C. berkata lemah lembut dengan keduanya D. tidak berkata kasar dan membentak keduanya#Tolong jawab dgn benar!!!#Terimakasih!​


Jawaban:

B. selalu mendoakan kedua orang tua, memohonkan ampunan untuk keduanya, baik saat mereka masih hidup maupun sesudah wafat .A. Nabi Musa dianggap telah membawa ajaran baru.C. berkata lemah lembut dengan keduanya.

Penjelasan:

Maaf kalo salah..


18. (4) Bacalah teks “Gadis Kecil dan Doanya” berikut ini dengan cermat. Gadis Kecil dan Doanya Sumber: http://gramediamatraman.files.wordpress.com/2011/03/rumah-tanpa-jendela.jpg Gambar 5.4 Novel dan Skenario Rumah Tanpa Jendela Berapa kali kita harus kehilangan orang yang begitu penting dalam hidup? Sepasang mata milik seorang gadis cilik tampak khusyuk mengamati sekeliling ruangan putih bersih itu. Berpindah-pindah dari monitor dengan angka-angka yang tidak dia mengerti, yang selalu mengeluarkan bunyi teratur itu, ke selang-selang panjang dengan cairan bening yang mengalir dan bermuara ke pergelangan tangan satu sosok yang terbaring di ranjang. Seseorang yang begitu dicintainya. Kerabat satu-satunya.... Allah... jangan biarkan dia meninggal. Matanya berkaca. Butiran air yang ingin tumpah ditahannya sekuat tenaga. Gadis kecil dengan bola mata bulat itu menggigit bibir keras-keras. Berharap dengan begitu genangan air yang siap menderas akan berhenti. Dia harus kuat, percuma menangis. Dia harus kuat. lebih baik berdoa. Ibunya dulu sering mengulang-ulang kalimat itu. “Berdoa, Ra... mengaji. Minta sama Allah.” “Apa Allah selalu mengabulkan doa?” Dia ingat perempuan yang melahirkannya tersenyum saat mendengar pertanyaan itu. “Allah mendengar doa, Ra. Allah nggak pernah menyia-nyiakan doa yang meminta.” Rara tidak puas, mengejar lagi. “Tapi, apa pasti dikabulkan, Bu? Rara ingin punya jendela...” kalimat itu menggantung sejenak sebelum bersuara pelan, “Rara juga ingin Ibu sembuh.” Perempuan dengan wajah teduh itu menggenggam tangan anak satu-satunya, sebelum berbisik, “Allah pasti mengabulkan setiap doa, Ra. Tapi kadang ada doa-doa lebih penting yang harus didahulukan.” Tapi Rara ingin Ibu sembuh.... Rara ingin waktu bisa berulang dan peristiwa yang menyebabkan ibunya sakit tidak perlu terjadi. Seperti membaca pikiran Rara, Ibu mulai mengusap-usap rambut anak semata wayangnya itu. “Rara bacakan ayat Quran untuk memohon kesembuhan, ya? Masih ingat?” Jemari ibu yang bergetar susah payah membuka halaman Alquran yang dibawakan Rara ke pembaringan. Dan di halaman itu, telunjuk Ibu berhenti. Alquran surat Al Anbiya, ayat 83—84. Malam hening. Hanya suara jernih Rara yang patah-patah mengaji. Dan sekarang, ayat yang sama ingin dibacakannya bagi sosok terkasih yang sudah hampir seminggu tak menyapanya lagi. Jangan mengangis, Ra. Berdoa.... Suara Ibu, entah siapa yang membawanya mampir ke telinga. Rara menggigit bibirnya lagi. Air mata ini sulit sekali diaturnya. (Asma Nadia, Rumah Tanpa Jendela, Jakarta: Penerbit Buku Kompas, Januari 2011, halaman 1-3) (5) Setelah kalian membaca teks “Gadis Kecil dan Doanya” di atas, abstraksikanlah teks tersebut menggunakan bahasa kalian sendiri. (6) Bandingkanlah hasil abstraksi kalian dengan hasil teman yang lain. Bacalah penggalan novel berikut ini.


RARA ADALAH ANAK YG TIDAK MAU PUTUS ASA SEHINGGA DIA INGIN MEMPUNYAI JENDELA

19. Merauke,20 Februari 2021Ayah Sahradi MakassarSalam saying untuk ayah, Gimana kabar Ayah di Makassar? Shana doakan Ayah sehat-sehat dan selalu dalam lindungan Allah Swt.,aamiin.Semoga Ayah juga dijauhkan dari wabah penyakit. Sahra,ibu dan nenek disini dalam kedaan sehat. Sahra selama ini masih bersekolah dirumah,Yah.Ibu juga bekerja dari rumah,Gimana dengan Ayah? Moga moga Ayah juga bekerja dari kontrakan sehingga lebih aman,tidak melakukan kontak langsung dengan orang lain. Ayah,awalnya aku bosan karena harus tinggal dirumah terus.Tapi untungnya ibu dan nenek membuatku nggak bosan. Jika pelajaran usai,ibu dan nenek sering mengajak dan mengajariku memasak berbagai olahan masakan,dari membuat sayur,kue tradisional,sampai membuat papeda. Aku juga mulai berkebun dihalaman rumah. Aku sudah menanam berbagai macam sayuran secara hidroponik dan beberapa tanaman bunga,termasuk mawar dan melati. Rumah kita semakin hijau Yah.Semoga saat ayah pulang,ada sayuran siap petik sehingga Ayah dapat menikmati sayuran organic produk kita sendiri. Sahra berdoa semoga pandemic ini segera berlalu dan kita dapat beraktivitas kembali dengan normal dan Ayah bisa pulang kapan saja tanpa khawatir. Sahra juga berdoa semoga Allah Swt. Selalu melindungi kita,aamiin,Yah,sahra sangat kangen Ayah. Jangan lupa pakai masker jika terpaksa harus keluar rumah ya,Yah! Jaga kesehatan. Sahra selalu sayang Ayah.Jawablah pertanyaan-Pertanyaan berikut!1. Siapa pengirim surat dalam teks tersebut?2. Darimanakah pengirim mengirimkan suratnya?3. Apa isi surat tersebut? Ceritakan secara ringkas!4. Apa tujuan pengirim surat tersebut?5. Apa fungsi surat tersebut?​


Jawaban:

1. Sahra

2. Merauke

3. untuk menjaga ayahnya tetap sehat dan ayahnya dilindungi oleh Allah SWT.

4. Bertujuan untuk memberikan doa dan perlindungan

5. Untuk mengetahui apakah ayahnya sehat atau tidak


20. 13. Ikhlas berarti melakukan segala sesuatu tanpa pamrih. Adapun kebalikan dari ikhlas adalah …..A. Riya’ B. Boros C. Kikir D. Jujur14. Salah satu kandungan surat An Nisa ayat 146 adalah ……A. Taubat dengan sungguh-sungguhB. Pemaaf dalam segala kesalahanC. Bersabar dalam menghadapi segala cobaanD. Ikhlas dalam beribadah kepada Allah Swt15. Orang yang senantiasa memaafkan kesalahan orang lain terhadap dirinya, sesungguhnya meyakini bahwa Allah Swt adalah ….. A. Maha Agung B. Maha Mendengar C. Maha Pengampun D. Maha Meloihat16. Salah satu syarat diterimanya suatu ibadah adalah ….. A. Sabar B. Syukur C. Ikhlas D. Berdoa17. Ciri-ciri orang yang bertaqwa menurut Surat Ali Imran ayat 134 adalah kecuali….. A. Senantiasa berinfaq dalam keadaan apapun B. Memiliki sifat pemaaf C. Memiliki sifat Riya’ D. Menjaga hawa nafsunya18. Ahmad selalu bersikap menahan rasa marah saat diejek atau dihina oleh teman-temannya. Sikap yang dilakukan oleh Achmad adalah sesuai dengan kandungan Surat …. A. Al Baqarah ayat 153 B. Ali Imran ayat 134 C. An Nisa ayat 146 D. Al Baqarah ayat 13519. Makna yang terkandung dalam Surat An Nisa ayat 146 adalah bahwa Allah Swt akan memberikan balasan bagi orang-orang yang beriman berupa ….. A. Pahala yang besar B. Kebahagiaan tiada tara C. Kemuliaan yang agung D. Kemudahan dalam segala hal20. Apabila kita ditimpa oleh suatu musibah atau kesusahan sebaiknya kita mengucapkan …… A. Alhamdulillah B. Astaghfirullahal Aziim C. Masya Allah D. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun21. Salah satu manfaat dari bersikap Pemaaf adalah … A, Dimusuhi orang B. Dihormati orang C. Dibenci teman D. Disenangi Setan22. Berikut merupakan manfaat dari sifat ikhlas adalah …. A. Senantiasa bersungguh-sungguh dalam beramal B. Tabah dalam menghadapi hidup C. Mampu menahan amarah D. Mengeratkan hubungan silaturrahmi23. Orang yang pemaaf akan menunjukkan perilaku …. A. Tabah dalam menghadapi hidup B. Bertanggung jawab terhadap pekerjaan C. Bersyukur terhadap hasil D. Berbuat baik kepada yang telah menyakiti24. Allah Swt memerintahkan kaum mukmin untuk menghadapi urusan mereka baik yang terkait dengan agama maupun dunia yaitu dengan ….. A. Ikhlas B. Sabar C. Sabar dan Shalat D. Shalat25. Allah Swt memerintahkan agar kita memohon pertolongan hanya kepadaNya dengan senantiasa mengedepankan sikap ….. A. Pemaaf B. Sabar C. Ikhlas D. Takabur​


Jawaban:13.c.14.a.15.a.16.c.17.a.18.a.19.a.20.d.21.b.22.a.23.d.24.b.25.b.

Penjelasan:

Jadikan jawaban terbaik:):)

Jawaban:

1) A.Riya

2) B.Taubat dengan sungguh-sungguh

3) C.maha pemaaf

4) C.Ikhlas

5) C.Riya

6) B.QS : Ali Imron 134

7) A.Pahala yg besar

8) C.Innalilahi wa Inna ilaihi Raji'un

9) B.dihormati teman

10) A.senanriasa bersungguh-sungguh dalam beramal

11) D.berbuat baik kepada orang yg telah menyakiti

12) C.Sabar Dan Shalat

13) C.Ikhlas

Penjelasan:

salahsatuadaygsalahtapikagatau




Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)