Jelaskan Makna Yang Terkandung Dalam Surat Al Isra Ayat 27

Admin
0

Surat Al Isra Ayat 27 mengandung pesan penting tentang pentingnya bersikap baik terhadap orang tua. Ayat tersebut menyatakan: "Dan janganlah kamu ucapkan kepada mereka (kedua orang tua) perkataan yang kasar dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia." Pesan ini mengingatkan kita untuk tetap menghormati kedua orang tua, meskipun kita sudah dewasa. Sebab, kasih sayang kedua orang tua sangat besar dan kita berhutang budi kepada mereka. Maka dari itu, sebagai anak yang filial, kita harus membawa nama baik keluarga dengan cara merawat hubungan baik dengan kedua orang tua kita.

Manfaat Membawa Nama Baik Keluarga

Ketika kita memperlakukan baik kedua orang tua, maka kita akan membawa nama baik keluarga. Hal ini memberikan banyak manfaat, antara lain:

  • Memperluas jaringan sosial
  • Membantu kesuksesan karir
  • Mendatangkan keberuntungan dalam hidup
  • Menjaga hubungan yang harmonis dalam keluarga
  • Menjalin kedekatan sosial dengan banyak orang

Cara Merawat Hubungan Baik dengan Orang Tua

Untuk merawat hubungan baik dengan kedua orang tua, Anda harus selalu menghargai dan menghormati mereka. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

  1. Bicara dengan baik
  2. Mendengarkan terlebih dahulu sebelum memberikan tanggapan
  3. Menjadi teman bicara yang baik untuk kedua orang tua
  4. Menunjukkan rasa sayang dan perhatian kepada kedua orang tua
  5. Mempertahankan hubungan yang harmonis

Melalui Surat Al Isra Ayat 27 Allah menyuruh kita agar memperlakukan orang tua dengan baik dan pantas. Sebagai anak yang baik, kita harus menerapkan pesan ini dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk penghormatan kepada kedua orang tua dan juga sebagai wujud pengamalan agama. Yuk, jaga hubungan baik dengan orang tua!



Kumpulan Pertanyaan dan Jawaban yang Berkaitan dengan "Jelaskan Makna Yang Terkandung Dalam Surat Al Isra Ayat 27":



Jelaskan Makna Yang Terkandung Dalam Surat Al Isra Ayat 27



1. jelaskan makna yg terkandung dalam surat Al isra ayat 27​


Jawaban:

Allah telah menjelaskan pada surah al isra ayat 27 yang artinya "Sesungguhnya pemboros pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya"

maksud dari arti tersebut yaitu allah melarang umat yang beriman melakukan pemborosan karena pemborosan termasuk kedalam makhluk golongan syaitan yang dikarenakan syaitan telah ingkar kepada Allah.


2. Jelaskan kandungan quran surat al-isra ayat 27


Jawaban:

menjelaskan bahwa Allah mencela perbuatan membelanjakan harta secara boros. Perilaku boros termasuk sifat setan

Penjelasan:

maaf kalau salah

Soal

Jelaskan kandungan quran surat al-isra ayat 27

Jawaban:

Isi kandungan surat Al Isra Ayat ke-27 menjelaskan bahwa Allah mencela perbuatan membelanjakan harta secara boros. Perilaku boros termasuk sifat setan.

Penjelasan:

Semoga bermanfaat ^_^


3. Jelaskan makna yang terkandung dalam Surah Al-Isra ayat 27!


Jawaban:

ayat tersebut bermaksud untuk menjelaskan bahwa setan sangat ingkar kepada nikmat yang diberikan Allah, tidak mau mensyukurinya,membangkang tidak mau menaati perintah Allah,hingga menggoda manusia agar berbuat maksiat

Penjelasan:

SEMOGA MEMBANTU

#Belajarbersamabrainly*

jawaban:

makna yg terkandung dalam surah al isra ayat 27 adalah bahwa setan sangat ingkar kepada nikmat yg diberikan allah,tidak mau mensyukurinya,membangkang tidak mau menaati perintah allah,hingga menggoda manusia agar berbuat maksiat.

Penjelasan:

Maafklosalah....

semogamembantu.....

kktolongbantufollowakunakudong!TERIMAKASIH:)


4. apa isi kandungan surat al isra ayat 27


Memberi kepada orang lain merupakan perbuatan yang sangat mulia karena dapat meringankan beban orang lain, sementara menghamburkan- hamburkan harta merupakan perbuatan yang sangat tercela

5. isi kandungan surat al isra ayat 27 adalah​


Jawaban:

Sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya

Penjelasan:

semoga membantu

Jawaban:

Allah mencela perbuatan membelanjakan harta secara boros, dengan menyatakan, “Sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setan, mereka berbuat boros dalam membelanjakan harta karena dorongan setan, oleh karena itu, perilaku boros termasuk sifat setan, dan setan itu adalah sangat ingkar kepada nikmat dan ...


6. Jelaskan makna Qur'an Surat Al Isra ayat 26 sampai 27​


itu ya ...:)

semoga bermanfaat

maap klo salah..:(


7. makna dari surat al isra ayat 26 ​- 27


Jawaban:

Surat al isra ayat 26-27 bermakna:

Kita harus membelanjakan harta yang kita miliki dijalan Allah SWT,bantulah dan berbuat baiklah kepada semua orang semua orang terutama yang memiliki hubungan kerabat dengan kita,dan juga cobalah untuk membantu orang miskin dengan mencukupi kebutuhannya,baik dibantu dengan harta,tenaga atau apapun itu yang dapat meringankan beban mereka.

Semoga membantu^^

Jawaban:

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَاٰ تِ ذَا الْقُرْبٰى حَقَّهٗ وَا لْمِسْكِيْنَ وَا بْنَ السَّبِيْلِ وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيْرًا

wa aati zal-qurbaa haqqohuu wal-miskiina wabnas-sabiili wa laa tubazzir tabziiroo

"Dan berikanlah haknya kepada kerabat dekat, juga kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan; dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros."

(QS. Al-Isra' 17: Ayat 26)

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

اِنَّ الْمُبَذِّرِيْنَ كَا نُوْۤا اِخْوَا نَ الشَّيٰطِيْنِ ۗ وَكَا نَ الشَّيْطٰنُ لِرَبِّهٖ كَفُوْرًا

innal-mubazziriina kaanuuu ikhwaanasy-syayaathiin, wa kaanasy-syaithoonu lirobbihii kafuuroo

"Sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya."

(QS. Al-Isra' 17: Ayat 27)

1.jangan menghamburkan harta,berikan hartamu kepada orang yang membutuhkan (Ayat 26)

2.Allah tidak suka orang yang boros karena itu adalah perbuatan setan

Maaf Kalau salah


8. Makna dari surat al Furqan ayat 63 dan surat al Isra' ayat 27?


al furkon artix pembeda itu sqja yg saya tau maaf :)di dlm surat Al-Furqan ayat 63-77 dijelaskn ada sebelas sifat yang dimiliki orang-orang yang beriman. orang-orang beriman yang memiliki sebelas sifat itu dibri gelar ibadurrahman, yaitu hamba-hamba Allah yang akan mendapatkan rahmat yang paling besar di sisi Allah SWT

9. Tuliskan 2 kandungan surat al isra ayat 27


berbuat mubadzir adalah saudara setan padahal setan itu sangat ingkar kepada

Tuhannya yaitu Allah SWT. Adapun ayat ini merupakan sambungan dari ayat

sebelumnya dimana disebutkan bahwa agar manusia tidak mengharburkan hartanya

secara boros serta memberikannya untuk hal-hal yang bermanfaat.



10. Apa isi kandungan Surat Al-Isra ayat 27 !!!


Isi kandungan surah al isra ayat 27 adalah menjelaskan tentang ajuran untuk tidak mubadzir dalam menjalani kehidupan. Hal ini karena mubadzir merupakan salah satu sifat syaitan. Sedangkan syaitan merupakan makhluk yang mungkar kepada Allah. Jadi jika kita bersifat mubadzir sama aja dengan kita memiliki sifat yang sama dengan makhluk yang mungkar kepada Allah

Pembahasan

Mubadzir dalam bahasa indonesia disebut dengan istilah boros. Orang yang mubadir merupakan orang yang mengeluarkan sesuatu harta atau benda untuk sesuatu hal yang sia-sia atau tidak bermanfaat. Perilaku mubadzir akan mendatangkan banyak dampak negatif. Oleh karena itu, mubadzir merupakan salah satu sifat tercela.

Pelajari lebih lanjut Materi tentang isi kandungan surah al quraisy, di link https://brainly.co.id/tugas/8713563#Materi tentang terjemahan mufradat surah ali imran ayat 159, di link brainly.co.id/tugas/22177130# Materi tentang isi kandungan surah al hujurat ayat ke 13, di link brainly.co.id/tugas/9611720# Materi tentang larangan-larangan yang terdapat dalam surah al hujurat ayat ke 12, di link brainly.co.id/tugas/18387539# Materi tentang pengertian al qur'an secara bahasa dan secara istilah, di link brainly.co.id/tugas/6770452

===============================

Detail jawaban  

Kelas : X

Mata pelajaran : Agama Islam

Bab : Al-Qur'an dan Hadis adalah Pedoman Hidupku  

Kode soal : 10.14.4

Kata kunci : Al qur'an,  isi kandungan, surah al isra ayat ke 27, mubadzir


11. Apa isi kandungan surat al isra ayat 27?


Bismillah..
Kandungannya : Pada setiap harta seseorang terdapat milik orang lain. Karena secara tidak langsung harta yang dimiliki merupakan hasil bantuan orang lain (QS.Adz-Dzariat {51}:19). Mengenai distribusi pemberian hak, hendaklah kaum kerabat didahulukan kemudian orang- orang yang hidup dalam kemiskinan, juga orang- orang yang sangat membutuhkan termasuk ibnu sabil atau musafir (QS. Al-Baqarah {2} :177) Dengan ditunaikannya hak dengan cara yang baik, juga pelayanan yang prima yang telah diberikan, maka dengan sendirinya akan mempererat persaudaraan dan tali kasih sayang (QS.At-Taubah {9}:103) Memberi kepada orang lain merupakan perbuatan yang sangat mulia karena dapat meringankan beban orang lain, sementara menghamburkan- hamburkan harta merupakan perbuatan yang sangat tercela (QS.Al-Isra {17}:29), karena megikuti gaya hidup setan dengan mengumbar hawa nafsu yang ada pada diri sendiri (QS.Al-Isra {17}:21). Dan setan itu sendiri makhluk yang sangat ingkar pada Tuhannya. (QS.An-Nuur {24}:21.


beberapa tatakrama peraualan dimana seuatu kejelekan bilahalnya kita menjadi manusia yang boros

^wallahu'alam..

12. buat cerita singkat dari kandungan surat al isra ayat 27​


Yuna Anak Yang Boros

“Mama! Tolong kasih Yuna uang saku lagi ya! Uang saku yang Mama kasih sudah habis.” ucap seorang gadis yang bernama Yuna itu

“Yuna, uang yang Mama kasih kamu habiskan untuk apa?” tanya Mama dengan heran

“hhmmm… untuk beli gelang Ma!”

“untuk apa beli gelang Yuna? Kalau pakai uang itu jangan sembarangan! Mama susah nyari uang, ya sudah Mama kasih lagi uang saku, tapi ingat jangan dipakai membeli hal yang tidak kamu perlukan!” saran Mama kepada Yuna.

“Kasihan Mama, aku memang kurang pandai mengatur uang, dan selama ini aku sangat boros. Hmm… aku tau! Aku harus pandai membeli sesuatu dan memikirkan apakah barang itu sangat diperlukan atau tidak.” gumam Yuna dalam hati.

“Yuna, kamu sudah bersiap-siap untuk sekolah?” tanya Mama sambil menghampiri Yuna

“ya Ma! Ohh ya… uang sakuku masih ada kok Ma, jadi tidak usah diberikan uang saku lagi!” kata Yuna

“baiklah Yuna, nah begitu baru anak Mama! Pandailah dalam mengatur uang ya, jika masih tersisa, tabunglah! Walau jumlah uangnya hanya sedikit!”

“tentu Ma!” jawab Yuna sambil mencium tangan Mamanya.

Yuna pun berangkat ke sekolahnya yang diantar oleh Papanya.

Setelah pulang sekolah, uang sakunya masih tersisa lagi Rp 4.500,- Yuna pun menabung sisa uang sakunya tersebut di celengan miliknya.

“Hmmm… ternyata menguntungkan juga ya menabung. Selain bisa digunakan untuk membeli barang yang memang dibutuhkan, bisa juga untuk keadaan darurat ya!” Gumam Yuna dalam hati.

Ia mulai sekarang tidak lagi boros. Dan Yuna pun bisa membeli barang yang dia inginkan atau pun barang yang memang ia butuhkan. Selain menabung, Yuna juga membuat buku keuangannya sendiri. Itu membantu Yuna untuk mengetahui pengeluaran uang sakunya selama 1 bulan penuh. Mama Yuna pun bangga kepadanya.

#Pesan Moralnya adalah jangan boros dan menghambur-hamburkan uang karena boros itu adalah perbuatan setan.


13. QS. Al-Isra: 27) Jelaskan isi kandungan ayat tersebut! *QS. Al-Isra: 27) Jelaskan isi kandungan ayat tersebut! *​


Jawaban:

yaitu sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhan nya (Allah)


14. Apa isi kandungan surat al isra ayat 27?


Kandungannya: Agama islam melarang umat islam untuk menghambur-hamburkan hartanya dengan boros. Boros artinya berlebihan menggunakan harta untuk suatu hal yang tidak perlu. Orang yg memiliki sifat boros itu di dalam al-quran disamakan dengan saudara setan karena orang yang boros itu tidak peduli terhadap penderitaan orang lain. Untuk itu islam mengajarkan kita untuk berperilaku hemat & sederhana karena harta bukanlah segala-galanya,setelah kita meninggal dunia hanyalah amal yg kita bawa.
# Smoga bermanfaat

15. isi kandungan surat al isra ayat 27


Kelas : VIII

Pelajaran : Pendidikan Agama Islam

Kategori : Tafsir Al Qur'an

Kata Kunci : Al Isra ayat 27

 

 

Berikut adalah terjemahan dari Surat Al Isra ayat 27 :

‘Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.”

 

Berdasarkan terjemahan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam ayat ini dijelaskan bahwa orang-orang yang melakukan pemborosan dan berbuat mubadzir adalah saudara setan padahal setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya yaitu Allah SWT. Adapun ayat ini merupakan sambungan dari ayat sebelumnya dimana disebutkan bahwa agar manusia tidak mengharburkan hartanya secara boros serta memberikannya untuk hal-hal yang bermanfaat.


16. kandungan surat al isra ayat 26 27


1.Allah swt telah berfirman dan memerintahkan kepada kita semua sebagai umat Islam untuk memberikan atau menunaikan hak (berzakat, shadaqah, infaq dll) kepada keluarga-keluarga yang dekat, orang miskin, musafir (orang yang dalam perjalanan).
2.Dalam ayat ini berisi perintah untuk berbuat baik kepada kaum dhuafa seperti orang orang miskin, orang terlantar, dan juga orang yang dalam perjalanan.
3.Hak lainnya yang harus ditunaikan adalah "mempererat tali persaudaraan dan hubungan kasih saya satu sama lain, saling bersilaturahmi, bersikap lemah lembut dan sopan santun, memberikan bantuan kepada mereka, dan memberikan sebagaian rizeki yang Allah swt berikan kepada kita semua.
4.Selanjutnya Allah swt memberikan penegasan bahwa kita dilarang untuk menghambur-hamburkan harta yang kita miliki secara boros atau berlebihan, Islam mengajarkan kita kesederhanaan, sehingga kita harus membelanjakan harta sesuai dengan kebutuhan saja, seperlunya saja dan tidak boleh berlebihan.
5.Dalam ayat yang ke 27 Allah berfirman bahwa orang-orang yang berperilaku boros adalah saudara-saudaranya setan, tentu kita tidak mau bukan menjadi saudara setan. Karena setan adalah makhluk yang Allah swt ciptakan, tetapi ia ingkar kepada Allah swt atau tidak mau menjalankan yang Allah swt perintahkan. Sehingga setan nantinya akan masuk ke dalam neraka, setan akan selalu menggoda manusia untuk mengajak kita masuk ke dalam neraka, tentu kita sebagai seorang muslim yang beriman tidak mau masuk ke dalam neraka, mengingat sangat pedihnya siksa di dalam neraka.

17. 3 kandungan surat al isra ayat 27​


Jawaban:

"Sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya" Q.S Al-Isra': 27

Penjelasan:

Maksudnya disini adalah, Allah memberi peringatan bahwa seorang manusia yang memiliki sifat boros termasuk dari saudara setan karena setan juga memiliki sifat boros yang tidak di sukai oleh Allah.

Lalu disebutkan bahwa setan sangat ingkar kepada Tuhannya (Allah), menunjukkan bahwa setan ialah makhluk yang keji. Karena dahulu ia tidak menuruti perintah Allah untuk sujud pada Nabi Adam a.s sebagai ciptaan manusia pertama.

Maka hendaklah seorang manusia tidak mengikuti atau pun terhasut oleh sifat setan yang keji, yaitu memiliki sifat boros dan ingkar kepada Allah.

semoga membantu


18. Apa makna dari surat Al-Isra ayat 27


maknanya adalah Sesungguhnya orang orang yg pemboros itu ialah saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya

19. kandungan surat al isra ayat 26-27 dan surat al maidah ayat 3


QS. al maidah ayat 3
tentang binatang haram yaitu daging babi, anjing yang jinak dilarang makan darah, bangkai,apabila hewan itu dipukul, ditanduk, diterkam binatang buas. kecuali bangkai ikan dan belalang.

20. Isi Kandungan surat al furqan ayat 53 Isi kandungan surat al isra ayat 27


Allah SWT berfirman:

وَهُوَ الَّذِيْ مَرَجَ الْبَحْرَيْنِ هٰذَا عَذْبٌ فُرَا تٌ وَّهٰذَا مِلْحٌ اُجَاجٌ  ۚ وَجَعَلَ بَيْنَهُمَا بَرْزَخًا وَّحِجْرًا مَّحْجُوْرًا

wa huwallazii marojal-bahroini haazaa 'azbun furootuw wa haazaa mil-hun ujaaj, wa ja'ala bainahumaa barzakhow wa hijrom mahjuuroo

"Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan); yang ini tawar dan segar dan yang lain sangat asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang tidak tembus."

(QS. Al-Furqan 25: Ayat 53)

Makna yang terkandung adalah :

Allah SWT menciptakan 2 buah lautan yang berbeda sifat namun tak saling menyatu.

Pernah ditelusuri bahwa tempat ini konon memang ada di dunia, warna dan sifat kedua laut ini berbeda, namun berbatasan dan tidak tercampur satu sama lain. Hal ini menunjukkan betapabesarnyakuasaAllahSWT

Allah SWT berfirman:

اِنَّ الْمُبَذِّرِيْنَ كَا نُوْۤا اِخْوَا نَ الشَّيٰطِيْنِ ۗ وَكَا نَ الشَّيْطٰنُ لِرَبِّهٖ كَفُوْرًا

innal-mubazziriina kaanuuu ikhwaanasy-syayaathiin, wa kaanasy-syaithoonu lirobbihii kafuuroo

"Sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya."

(QS. Al-Isra' 17: Ayat 27)

Makna yang terkandung adalah

Kitatidakbolehmemboros.Disebutkan bahwa orang orang yang memboros adalah "saudara setan". Maka, apabila kita memboros kita bisa disebut sama dengan setan.

* Via Al-Qur'an Indonesia http://quran-id.com




Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)