Makna Yang Terkandung Dari Penggalan Ayat Tersebut Di Atas Adalah

Admin
0

Makna yang terkandung dari penggalan ayat di atas adalah sebuah pernyataan mengenai pentingnya membaca dan menuntut ilmu. Dalam budaya Indonesia, pendidikan dianggap sangat penting dan menjadi salah satu kunci untuk mencapai kesuksesan dalam hidup. Oleh karena itu, kita perlu selalu terus belajar dan meningkatkan pengetahuan kita, baik melalui pendidikan formal maupun informal.

Membaca dan Menuntut Ilmu

Sejak zaman dahulu kala, orang Indonesia telah menghargai pengembangan diri melalui pendidikan. Mereka meyakini bahwa dengan belajar dan menuntut ilmu, seseorang akan menjadi lebih cerdas dan berpengetahuan luas. Oleh karena itu, maka makna dari penggalan ayat tersebut mengajak kita untuk senantiasa memperluas wawasan dengan membaca dan belajar.

Pentingnya Pendidikan

Pendidikan juga dianggap sebagai kunci untuk mencapai kesuksesan dalam hidup. Dengan memiliki pengetahuan yang luas, seseorang akan dapat mengambil keputusan yang tepat dan mempunyai daya saing yang lebih baik di dalam dunia kerja. Selain itu, pendidikan juga membuka peluang untuk meraih mimpi dan cita-cita, sehingga dapat mencapai kebahagiaan dan kepuasan dalam hidup.



Kumpulan Pertanyaan dan Jawaban yang Berkaitan dengan "Makna Yang Terkandung Dari Penggalan Ayat Tersebut Di Atas Adalah":



Makna Yang Terkandung Dari Penggalan Ayat Tersebut Di Atas Adalah



Daftar Isi:

1. Makna yang terkandung dari penggalan ayat di bawah ini adalah ....*​


Jawaban:

Bismillah Jawabannya:

Makna yang terkandung dari penggalan ayat di tersebut adalahDengansabar.

Penjelasan:

Sabar itu adalah suatu sikap menahan diri dari keinginan.

Contoh: Ketika sesorang hendak marah ia mengendalikannya dengan segera beristighfar atau yang lainnya.

Semoga membantu.

#Arabic

# Be patient .

#Learn with brainly


2. Jelaskan kandungan penggalan ayat diatas!​


Jawaban:

Al Qur'an itu wahyu/ turun dari Allah. jika ada orang yang meragukan statement tersebut, suruhlah ia/mereka membuat satu ayat saja yang serupa dengan al Qur'an.

Inti'y al Qur'an itu dari Allah bukan buatan manusia


3. Jelaskan makna penggalan ayat di atas?? ​


Jawaban:

(یَـٰۤأَیُّهَا ٱلَّذِینَ ءَامَنُوۤا۟ إِذَا قِیلَ لَكُمۡ تَفَسَّحُوا۟ فِی ٱلۡمَجَـٰلِسِ فَٱفۡسَحُوا۟ یَفۡسَحِ ٱللَّهُ لَكُمۡۖ وَإِذَا قِیلَ ٱنشُزُوا۟ فَٱنشُزُوا۟ یَرۡفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمۡ وَٱلَّذِینَ أُوتُوا۟ ٱلۡعِلۡمَ دَرَجَـٰتࣲۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعۡمَلُونَ خَبِیرࣱ)

[Surat Al-Mujadilah 11]

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

Penjelasan:

maaf saya hanya bisa menterjemahkan saja.

kalau mau menjelaskan saya takut. adanya kesalahan.

kalau ingin lebih detailnya harus membuka tafsir jalalain atau kitab As-shofi.

semoga membantu amin


4. apa makna penggalan ayat tersebut?​


وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan.”

PEMBAHASANSurat Al-Ma’idah (سورة المائدة)

Merupakan urutan surat kelima dalam Al Qur'an dan mempunyai ayat sebanyak 120 ayat. Surat ini termasuk golongan surat Madaniyyah. Walaupun ada ayatnya yang turun di Mekkah, ayat tersebut diturunkan setrlah Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah yaitu pada saat berlangsungnya haji Wada.

Dinamakan Al Ma'idah (hidangan/makanan) karena berisi kisah pengikut Nabi Isa AS yang meminta kepada beliau agar Allah menurunkan untuk mereka Al Ma'idah (makanan) dari langit. Kisah tersebut terdapat pada ayat 112 surat ini.

Tolong Menolong Dalam Kebajikan

وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ (٢)

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan.”

Ayat ini memerintahkan kepada kita untuk tolong menolong dalam mengerjakan kebajikan dan takwa dan melarang kita tolong menolong dalam bermaksiat dan hal buruk lainnya.

Berikut surat Al Ma'idah ayat 2 beserta arti:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُحِلُّوْا شَعَاۤىِٕرَ اللّٰهِ وَلَا الشَّهْرَ الْحَرَامَ وَلَا الْهَدْيَ وَلَا الْقَلَاۤىِٕدَ وَلَآ اٰۤمِّيْنَ الْبَيْتَ الْحَرَامَ يَبْتَغُوْنَ فَضْلًا مِّنْ رَّبِّهِمْ وَرِضْوَانًا ۗوَاِذَا حَلَلْتُمْ فَاصْطَادُوْا ۗوَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَاٰنُ قَوْمٍ اَنْ صَدُّوْكُمْ عَنِ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اَنْ تَعْتَدُوْۘا وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ (٢)

“Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu melanggar syiar-syiar kesucian Allah, dan jangan (melanggar kehormatan) bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) hadyu (hewan-hewan kurban) dan qala'id (hewan-hewan kurban yang diberi tanda), dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitulharam; mereka mencari karunia dan keridaan Tuhannya. Tetapi apabila kamu telah menyelesaikan ihram, maka bolehlah kamu berburu. Jangan sampai kebencian(mu) kepada suatu kaum karena mereka menghalang-halangimu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat melampaui batas (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksaan-Nya.”

=======

:: semoga membantu ::


5. وانزلن اليك الكتب با لحق penggalan ayat diatas memiliki kandungan bahwa Al-quran​


Jawaban:

kitab yang benar

Penjelasan:

maaf kalau salah


6. jelaskan makna yang terkandung pada penggalan ayat berikut ini! bantu jawab ka pliz​


Jawaban:

kandungan makna Surah Ali Imron ayat 134 menjelaskan tentang sifat pemaaf. pribadi pemaaf tidaklah dibentuk dengan mudah perlu adanya kemauan yang kuat untuk mengontrol ego dan hawa nafsu


7. penggalan penggalan ayat diatas berisi perintah tentang​


Jawaban:

Jawabannya C

( Maaf jika jawaban saya salah )


8. Jelaskan makna dari penggalan ayat tersebut!​


Jawaban:

Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya.


9. Perhatikan penggalan ayat berikut! Isi kandungan dari penggalan ayat tersebut adalah


Isi kandungan yang terdapat pada potongan ayat tersebut adalah perintah untuk selalu mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan. Lafadz potongan ayat tersebut merupakan lafadz potongan ayat yang terdapat di dalam Surah An Nahl ayat yang ke 114.

Pembahasan

Lafadz dari firman Allah yang terdapat di dalam Surah An Nahl ayat yang ke 114 menggunkan huruf hijaiyyah adalah فَكُلُوْا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللّٰهُ حَلٰلًا طَيِّبًاۖ وَّاشْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ اِنْ كُنْتُمْ اِيَّاهُ تَعْبُدُوْنَ. Terjemhan dari  firman Allah yang terdapat di dalam Surah An Nahl ayat yang ke 114 ke dalam bahasa Indonesia adalah Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya. Isi kandungan yang terdapat di dalam Surah An Nahl ayat yang ke 114 adalah:

Ayat mengandung perintah bagi umat islam memakan makanan yang tergolong dalam katagori makanan halalan tayyiban. Ayat mengandung perintah bagi umat islam untuk selalu bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan.Ayat mengandung penjelasan bahwa semua makanan yang manusia makan merupakan pemberian dari Allah. Pelajari lebih lanjutMateri tentang kandungan Surah An Nahl ayat yang ke 114 https://brainly.co.id/tugas/29620184Materi tentang kandungan Surah Yunus ayat yang ke 41 https://brainly.co.id/tugas/29274459Materi tentang kandungan Surah Ali Imran https://brainly.co.id/tugas/35131300

===============================

Detail jawaban

Kelas : X

Mata pelajaran : Agama Islam

Bab : Al-Qur'an dan Hadis adalah Pedoman Hidupku

Kode soal : 10.14.4

#AyoBelajar #SPJ2


10. Didalam surah Al Baqarah /2:282 :....... dan Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.... Tuliskan makna kandungan penggalan ayat AQ diatas!


Kita diperbolehkan untuk melakukan jual beli dengan cara halal tanpa adanya riba sama sekali di dalam aktivitasnya. ✔️

___________________________________________________

Riba adalah sejumlah uang yang diberikan kepada seseorang yang berasal dari bunga yang ditetapkan dan pinjaman yang dibayar bersamaan dengan kelebihannya akibat suatu keterlambatan. Apakah kalian tahu rentenir? Iya, rentenir sering sekali membuat riba seperti itu yang padahal dalam agama dosa besar.

Dalil Yang Mengharamkan Riba

"Emas dijual dengan emas, perak dijual dengan perak, gandum dijual dengan gandum, syair dijual dengan syair, kurma dijual dengan kurma, garam dijual dengan garam (takaran atau timbangan) harus sama dan konstan. Barangsiapa yang menambah atau meminta tambahan, maka ia telah berbuat riba.” (HR. Muslim dalam kitabnya as-Shahih)

___________________________________________________

Mapel : Bahasa Arab

Kelas : VII SMP

Materi : Bab 4 - Akhlak Tercela

Kata Kunci : Riba.

Kode Kategorisasi : 7.14.4

Jawaban:

afwan, mungkin yg di maksud QS. Al-Baqara/2:275

Penjelasan:

menurut bahasa jual beli berasal dari kata باع يبيع بيعا baa'a yabii'u bai'an yg artinya tukar menukar sesuatu dgn sesuatu,menurutistilah jual beli adalah suatu transaksi tukar menukar barang atau harta yg mengakibatkan pemindahan hak milik sesuatu dgn syarat dan rukun tertentu. yg didasarkan dan bersumber dlm hadits qudsi yaitu QS.Al-Baqarah /2:275.

yg terkandung di dalamnya yaitu Allah SWT menghalalkan, yg artinya memperbolehkan jual beli dgn syarat dan rukun tertentu dalam syariat Islam. dan melarang ( mengharamkan) melakukan jual beli terlarang seperti yg mengandung riba

#semogamembantu

jikaadaygsalahmohondibenarkan

terimakasih:)


11. Contoh ayat dan makna penggalan


Jawaban:

قُلْ يٰقَوْمِ اعْمَلُوْا عَلٰى مَكَانَتِكُمْ اِنِّيْ عَامِلٌ ۚفَسَوْفَ تَعْلَمُوْنَۙ 39. Katakanlah (Muhammad), “Wahai kaumku! Berbuatlah menurut kedudukanmu, aku pun berbuat (demikian). Kelak kamu akan mengetahui,

Thank you Jawabannya di atas


12. Perhatikan penggalan ayat berikut!. . . .Fungsi zakat sesuai makna ayat tersebut yaitu . . . .​


Zakat adalah mengeluarkan sebagian harta kita kepada orang lain.Zakat juga berguna untuk membersihkan harta kita. Bila kamu sudah mengeluarkan zakat, maka Allah akan mempercayakan harta lain kepada kita kembali. Zakat dibagi menjadi dua yaitu zakat wajib dan zakat sunnah. Ayat ayat alquran yang berisi tentang zakat:

خُذْ مِنْ اَمْوَا لِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۗ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَا للّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

"Ambillah zakat dari harta mereka guna membersihkan dan menyucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui."

(QS. At-Taubah 9: Ayat 103)


13. perhatikan penggalan ayat di bawah ini, innabaadaljjanniismu maksud penggalan ayat di atas adalah​


Jawaban:

surah Luqman ayat 13

maaf y klo slh


14. penggalan ayat yang bermakna "sebagian berprasangka itu dosa" adalah


اِجْتَنِبُوْا كَثِيْرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ

“Jauhilah kalian dari kebanyakan persangkaan, sesungguhnya sebagian prasangka adalah dosa”  (QS. Al-Hujuraat: 12).

ا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

12. Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

QS Al hujurat ayat 12

15. Jelaskan makna penggalan ayat dibawah ini


Salah satu makna yang terkandung dalam ayat وَمَآ اَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ اِلَّا رِجَالًا نُّوْحِيْٓ adalah bahwa Allah telah mengutus nabi dan rasul sebelum Allah mengutus nabi muhammad.

Pembahasan

Beriman kepada rasul artinya adalah menyakini bahwa rasul adalah utusan Allah dan Allah telah mengutus rasul kapepada umat manusia. Hukum beriman kepada rasul adalah wajib 'ain yaitu kewajiban yang dibebankan kepada setiap umat muslim. beriman kepada rasul merupakan salah satu dari rukun iman yaitu rukun iman ke 4.

-----------------------------------

Bukti keimanan seseorag kepada rasul adalah mengerjakan semua yang telah  nabi muhammad perintahkan kepada kita. Menjauhi semua yang telah rasulullah larang.

-------------------------------------

Firman Allah dalam surah an nahl ayat 43

وَمَآ اَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ اِلَّا رِجَالًا نُّوْحِيْٓ اِلَيْهِمْ فَاسْـَٔلُوْٓا اَهْلَ الذِّكْرِ اِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَۙ

Latin surah an nahl ayat 43

wa maa arsalnaa ming qablika illaa rijaalan nụḥii ilaihim fas`aluu ahlaż-żikri ing kuntum laa ta'lamuun

Terjemahan surah an nahl ayat 43

Dan Kami tidak mengutus sebelum engkau (Muhammad), melainkan orang laki-laki yang Kami beri wahyu kepada mereka; maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui,

Isi kandugan surah an nahl ayat 43

Ayat ini menunjukkan bahwa Allah telah mengutus nabi dan rasul sebelum Allah mengutus nabi muhammad. Kita wajib bertanya kepada orang yang lebih tau apabila tidak mengerti dalam suatu perkara

-------------------------

Firman Allah dalam surah al baqarah ayat 183

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Latin surah al baqarah ayat 183

Yaa ayyuhaal ladziina aamanuu kutiba 'alaikumush shiyaamu kamaa kutibaa 'alal ladziina min qablikum la'allakum tattaquun

Terjemahan surah al baqarah ayat 183

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

Hukum tajwid surah al baqarah ayat 183

Pada يَا أَيُّهَا terdapat hukum tajwid yaitu mad jaiz mumfasil dan mad asliPada الَّذِينَ terdapat hukum tajwid yaitu alif lam syamsyiah dan mad asliPada آمَنُوا terdapat hukum tajwid yaitu mad badal dan mad asliPada عَلَيْكُمُ terdapat hukum tajwid yaitu mad layyinPada الصِّيَامُ terdapat hukum tajwid yaitu alif lam syamsyiah dan asliPada كَمَا terdapat hukum tajwid yaitu mad asliPada الَّذِينَ terdapat hukum tajwid yaitu alif lam syamsyiah dan mad asliPada مِنْ قَبْلِكُمْ terdapat hukum tajwid yaitu ikhfa dan qalqalah sughraPada  قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ terdapat hukum tajwid yaitu idzhar syafawi Pada  لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ  terdapat hukum tajwid yaitu idzhar syafawi dan mad 'arid lisukun

Pelajari lebih lanjutMateri gtentang hukum bacaan mad lazim dalam beberapa surah, di link https://brainly.co.id/tugas/21017377Materi tentang hukum tajwid pada surah al fajr ayat 2, di link https://brainly.co.id/tugas/22010735Materi tentang hukum tajwid pada surah al baqarah ayat 108, di lin https://brainly.co.id/tugas/18480508Materi tentang hukum tajwid surah al kahfi ayat 79, di link https://brainly.co.id/tugas/18971790Materi tentang penjelasan ilmu tajwid dan hukum yang terdpat pada ilmu tajwid , di link https://brainly.co.id/tugas/3827962

=====================================================

Detail jawaban

Kelas : IV

Mata pelajaran : Agama islam

Bab :  Membaca Surah-surah Al-Qur'an  

Kode soal : 4.14.1

Kata kunci : hukum tajwid, ilmu tajwid, terjemahan ayat, surah al baqarah ayat 183, an nahl ayat 43


16. 4. Perhatikan penggalan ayat berikut !وتعاونوا على البر والتقوىBagaimana cara mengamalkan kandungan penggalan ayat tersebut?​


4. Perhatikan penggalan ayat berikut !

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى

Bagaimana cara mengamalkan kandungan penggalan ayat tersebut?

Jawab:

Cara mengamalkan kandungan penggalan ayat tersebut (QS. Al-Ma'idah: 2) :

Saling tolong-menolong dalam hal kebaikan, seperti membantu teman mempelajari huruf Al-Qur'an.Saling mengingatkan dalam hal buruk, contoh: mengingatkan jika teman melakukan hal-hal buruk atau dosa, seperti mencuri.Bertaqwa kepada Allah SWT, yaitu mennalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Pembahasan

Penggalan ayat diatas adalah penggalan surat Al-Ma'idah ayat 2, Allah SWT berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُحِلُّوْا شَعَآئِرَ اللّٰهِ وَلَا الشَّهْرَ الْحَـرَا مَ وَلَا الْهَدْيَ وَلَا الْقَلَۤائِدَ وَلَاۤ آٰ مِّيْنَ الْبَيْتَ الْحَـرَا مَ يَبْـتَغُوْنَ فَضْلًا مِّنْ رَّبِّهِمْ وَرِضْوَا نًا ۗ وَاِ ذَا حَلَلْتُمْ فَا صْطَا دُوْا ۗ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَاٰ نُ قَوْمٍ اَنْ صَدُّوْكُمْ عَنِ الْمَسْجِدِ الْحَـرَا مِ اَنْ تَعْتَدُوْا ۘ وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَا لتَّقْوٰى ۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِ ثْمِ وَا لْعُدْوَا نِ ۖ وَا تَّقُوا اللّٰهَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَا بِ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu melanggar syi'ar-syi'ar kesucian Allah, dan jangan (melanggar kehormatan) bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) hadyu (hewan-hewan kurban), dan Qalaid (hewan-hewan kurban yang diberi tanda), dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitulharam; mereka mencari karunia dan keridaan Tuhannya. Tetapi apabila kamu telah menyelesaikan ihram, maka bolehlah kamu berburu. Jangan sampai kebencian(mu) kepada suatu kaum karena mereka menghalang-halangimu dari Masjidilharam mendorongmu berbuat melampaui batas (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksa-Nya." (QS. Al-Ma'idah: 2)

Terdapat beberapa isi/kandungan dalam surat Al-Ma'idah ayat 2 ini, yaitu:

Larangan Allah kepada Orang Beriman untuk melanggar syi'ar-syi'ar kesucian Allah.Larangan Allah kepada Orang Beriman untuk melanggar kehormatan atau kesucian bulan-bulan haram. Contohnya seperti berperang pada bulan-bulan haram tersebut.Larangan Allah untuk tidak mengganggu hewan-hewan kurban (hadyu) dan hewan-hewan kurban yang diberi tanda (qalaid).Larangan Allah kepada orang Beriman untuk mengganggu orang-orang yang sedang berhaji.Larangan Allah kepada orang yang sedang berhaji untuk berburu.Larangan Allah kepada Orang beriman untuk berbuat dzalim kepada orang lain, meskipun orang tersebut berbuat dzalim kepada kita (atau balas dendam kepada orang lain).Perintah Allah SWT kepada orang Mukmin untuk saling tolong menolong dalam berbuat kebaikan dan dalam ketakwaan.Larangan Allah SWT kepada orang Mukmin untuk saling tolong menolong dalam berbuat Maksiat (dosa) dan permusuhan.Perintah Allah SWT untuk bertakwa kepada-Nya.

Demikian jawaban dan penjelasan dari Kakak. Semoga membantu dan bermanfaat. Dan kita juga semoga berada dalam lindungan serta pertolongan Allah SWT. Amin YRA.

Wallahu'AlamBishShawab

Pelajari Lebih Lanjut

→ 3 isi pokok pada penggalan ayat tersebut.

https://brainly.co.id/tugas/28236056Detail Jawaban: Mapel: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas: 9 Bab: Bab 8 - Damaikan Negeri dengan Toleransi Kode kategorisasi: 9.14.8

Kata kunci: penggalan ayat, kandungan, mengamalkan


17. Jelaskan makna dari penggalan ayat dibawah ini


Wamaa arsalna qoblaka illa rijaalan nuuhii ilaihim

Adalah bahwa Allah tidak pernah mengutus nabi-nabi sebelum kamu kecuali orang-orang laki-laki dari golongan manusia.


Pembahasan

Makna dari ayat diatas adalah

Bahwa Allah mengutus para nabi sebelum nabi Muhammad adalah dari golongan manusia yang mendapat wahyu, bukan malaikat. Karena yang cocok dengan keadaan manusia adalah manusia.Allah mengutus para nabi dari golongan laki-laki, tidak ada nabi perempuan. Jika ada perempuan yang mengaku sebagai seorang nabi, maka akan bertentangan dengan Surat An Nahl ayat 43Pelajari lebih lanjutJelaskan diantara perbedaan misi-misi nabi nabi sebelum Nabi Muhammad dengan misi Nabi Muhammad https://brainly.co.id/tugas/8175748Dalil tentang nama nama nabi dan rasul https://brainly.co.id/tugas/10292586Sebutkan nama-nama nabi/rasul  https://brainly.co.id/tugas/11655629

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Detil Jawaban

Kelas : XI (SMA)

Mapel : Agama

Bab : Rasul-Rasul itu Kekasih Allah SWT

Kode : 11.14.7

Kata Kunci : Nabi-nabi sebelum nabi Muhammad



18. Isi kandungan dari penggalan ayat berikut adalah…. *tolong jawab ​


Jawaban:

Penjelasan:

C. Ajakan tolong menolong dalam kebaikan, dan jangan tolong menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan

Semoga membantu

Jadikan jawaban terbaik ya


19. Allah SWT berfirman makna dari penggalan Ayat tersebut di atas adalah​


ayat nya mana ya tidak ada ayat yg di lampirkan insyallah kalo ada saya bisa bantu jawab


20. perhatikan firman Allah ta'ala berikut ya ayyuhalladzina amanu Stainu bissobri wassolah makna yang terkandung dari penggalan Ayat tersebut di atas adalah​


Jawaban:

Mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat

Penjelasan:

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

يٰۤاَ يُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِا لصَّبْرِ وَا لصَّلٰوةِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ

yaaa ayyuhallaziina aamanusta'iinuu bish-shobri wash-sholaah, innalloha ma'ash-shoobiriin

"Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar."

(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 153)




Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)