Komponen Penyusun Keringat Yang Benar Adalah

Admin
0

Untuk mengetahui komponen penyusun keringat yang benar, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Pertama-tama, keringat terdiri dari air dan garam, serta sedikit mineral lainnya seperti potassium dan magnesium. Kedua, keringat diproduksi oleh kelenjar keringat yang ada di seluruh tubuh. Ada dua jenis kelenjar keringat, yaitu kelenjar ekrin dan apokrin.

Kelenjar Ekrin

Kelenjar ekrin terdapat di seluruh tubuh dan berfungsi untuk mengeluarkan keringat yang bersifat encer dan tidak berbau. Tidak seperti kelenjar apokrin, kelenjar ekrin tidak memiliki hubungan dengan folikel rambut.

Kelenjar Apokrin

Kelenjar apokrin hanya terdapat di daerah tertentu seperti ketiak dan selangkangan, serta berhubungan dengan folikel rambut. Keringat yang dihasilkan oleh kelenjar apokrin mengandung protein dan lipid, sehingga lebih kental dan memiliki bau yang lebih kuat.

Kesimpulan

Dengan mengetahui komponen penyusun keringat, kita dapat lebih memahami cara tubuh kita bekerja serta memperbaiki masalah berkaitan dengan keringat seperti bau badan dan kelebihan keringat di suatu daerah tertentu. Namun, perlu diingat bahwa keringat juga sangat penting bagi tubuh karena berfungsi untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil.



Kumpulan Pertanyaan dan Jawaban yang Berkaitan dengan "Komponen Penyusun Keringat Yang Benar Adalah":



Komponen Penyusun Keringat Yang Benar Adalah



Daftar Isi:

1. Komponen penyusun keringat yang benar adalah


komponen penyusun keringat yaitu air, garam, urea.


2. komponen penyusun keringat yang benar adalah....


  natrium klorida (bahan utama garam dapur) selain bahan lain (yang mengeluarkan aroma) seperti 2-metilfenol (o-kresol) dan 4-metilfenol (p-kresol).
di keringat itu ada garam (NaCl), urea, ada bahan lain juga yang mengeluarkan aroma : 2 metilfenol dan 4 metilfenol. ada air(bahan utama), laktat, natrium, potassium, kalsium, magnesium, dan ada banyak mineral dgn komposisi yang rendah (seng, tembaga, crom, timah) 

3. apasaja komponen penyusun keringat ?


 natrium klorida (bahan utama garam dapur) selain bahan lain (yang mengeluarkan aroma) seperti 2-metilfenol (o-kresol) dan 4-metilfenol (p-kresol).

maaf jika salahh :D hanya membantu berooo

4. Sebutkan komponen-komponen di dalam keringat


[tex] Fisiologi, Organologi [/tex]

Kelenjar sudorifa / kelenjar keringat terbagi atas dua berdasarkan zat yang diekskresikan yaitu
⇒ Kelenjar ekrin mengeksresikan air dan garam (terdapat hampir di seluruh tubuh terutama pada telapak tangan dan kaki
⇒ Kelenjar apokrin mengeksresikan air bercampur minyak (pada ketiak dan kulit sekitar kemaluan)

5. jelaskan komposisi zat penyusun keringat ?


garam-garam dan air (H2O)

6. Komponen penyusun keringat yang benar adalah A.air ,glukosa,garam B.air,urea,garam C.air,glukosa ,urea D.garam,glukosa,urea E.glukosa,urea,vitamin


Jawab nya B.....keringat lebih banyak mengandung air dan garam dengan sedikit urea..

7. Apa pengaruh dari minuman-minuman isotonik yang banyak diiklankan sekarang ini sebagai “pengganti keringat”, dan apakah benar manfaat yang dijanjikannya? apa pengaruh dari minuman isotonik yang banyak diiklankan sekarang ini sebagai pengganti keringat


minuman isotonik adalah minuman yang mengandung konsentrasi yang sama garam dan gula nya seperti yang terdapat didalam tubuh manusia. Minuman ini biasanya kaya akan karbohidrat - sumber energi yang paling efisien. Minuman olahraga ini juga mengandung elektrolit (mineral seperti klorida,kalsium, magnesium, natrium dan kalium). Selain itu, minuman ini biasanya mengandung pemanis dan pengawet.

manfaat yang dijanjikan diiklan benar, minuman isotonik memiliki fungsi yaitu cepat menggantikan cairan yang hilang dari tubuh dan juga memasok asupan karbohidrat ke tubuh

8. susun kata keluar/banyak/harus/minum/setelah/banyak/keringat


Jawaban:

setelah keluar banyak keringat kita harus banyak minum

Penjelasan:

maaf kalo salah


9. kelenjar detoksifikasi terbesar di tubuh itu apa? apakah benar kelenjar keringat?


hati. raja dari semua kelenjar.

10. Apa makna dari kata biang keringat?. TOLONG DI JAWAB DENGAN BENAR ✔


Jawaban:

biang keringat adalah penyakit akibat keringetan

Penjelasan:

jadinya kulit kita menjadi bentol bentol merah kecil

Jawaban:

ruam (bintik-bintik merah pada kulit)

Penjelasan:

...


11. zat apakah yang menyusun keringat


asam amino dan beberapa ureakeringat adalah air yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat pada kulit mamalia.kandungan utama dalam keringat adalah natrium klorida (bahan utama garam dapur) selain bahan lain (yang mengeluarkan aroma) seperti 2-metilfenol (o-kresol) dan 4-metilfenol (p-kresol).

12. Harum benar baumu,sampai aku tak kuat bau keringatmu. Kalimat tersebut bermajas apa


sarkasme sarkasme sarkasmekalimat tsb merupakan majas ironi krn makna sbnrnya bertwntangan dgn kalimat yg diucapkan

13. Jika kita berkeringat biasanya kita menyeka keringat kita dengan tissue. Hal ini dikarenakan tissue mempunyai sifat a. ketiga jawaban benar b. menyaring keringat c. menyerap keringat d. melepas keringat


Jawaban:

C menyerap keringat

Penjelasan:

#semoga membantu

#jadikan jawaban terbaik ya..

jawabannya adalah

c.menyerap keringat


14. Jelaskan susunan keringat


Kulit korteks inti dan lapisan kulit

15. keringat tersusun dari


panas matahari dan keluar dari tubuh kita dengan keringatkeringat tersusun dari minyak, air, dan kandungan sel tubuh yang terbakar

16. Komponen zat pada air keringat, urin serta air mata dan bersifat antimikroba adalah


Lisozim

Penjelasan:

Lisozim adalah Cairan tubuh yang mengandung zat kimia antimikroorganisme membentuk lingkungan yang buruk bagi beberapa mikroorganisme.


17. Sebutkan 5 macam komponen urine, dibandingkan dengan komponen air keringat!


1. Air (900 gram)
2. Bikarbonat
3. Natrium
4. Klorida
5. Protein (kurang dari 0,03%)

18. berdasarkan hasil identifikasi kalian,zat apakah yg menyusun keringat? jelaskan berdasarkan hasil kegiatan kalian. ​


Zat penyusun keringat adalah air, garam dan sedikit urea. Keringat dihasilkan pada kelenjar keringat (glandula sudorifera) di kulit. Kelenjar keringat terletak di bagian dermis kulit. Keringat berfungsi untuk menurunkan suhu tubuh. Bau keringat disebabkan oleh kontaminasi bakteri.

Pembahasan

Sistem ekskresi merupakan proses pengeluaran zat-zat sisa metabolisme yang sudah tidak digunakan lagi oleh tubuh. Sisa-sisa metabolisme ini berupa senyawa-senyawa yang bersifat toksik (racun) sehingga jika tidak dikeluarkan dapat menyebabkan terganggunya fungsi organ-organ di dalam tubuh. Organ-organ yang berperan dalam sistem ekskresi pada manusia meliputi kulit, ginjal, paru-paru, dan hati.

A. Kulit

Kulit merupakan lapisan jaringan pelindung terluar yang terdapat di permukaan tubuh. Kulit termasuk organ ekskresi karena mampu mengeluarkan zat-zat sisa berupa keringat. Selain sebagai organ ekskresi, kulit juga berfungsi sebagai alat indera perasa dan peraba.

Kulit dibagi menjadi tiga lapisan yaitu:

1. Lapisan epidermis

Lapisan epidermis terdiri dari:

Stratum korneum. Lapisan paling luar sebagai pelindung. Stratum korneum disebut juga lapisan tanduk atau ari. Stratum lucidum. Lapisan bening tembus cahaya. Stratum granulosum. Mengandung pigmen (melanin) yang memberi warna pada kulit. Berfungsi melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Stratum germinativum. Lapisan epidermin bagian bawah yang mampu beregenerasi membentuk sel kulit baru.

2. Lapisan dermis (jangat)

Pada lapisan ini terdapat:

a. Folikel rambut.

b. Pembuluh darah.

c. Saraf. Adanya saraf maka kulit disebut sebagai indra peraba. Macam-macam saraf pada kuliy yaitu:

Saraf pacini = menerima rangsang berupa tekanan. Saraf krause = menerima rangsang berupa rasa dingin. Saraf rufini = menerima rangsang berupa rasa panas. Saraf meisner = menerima rangsang berupa sentuhan. Ujung saraf tanpa selaput = menerima rangsang berupa rasa nyeri.

d. Kelenjar keringat (glandula sudorifera). Kelenjar yang berfungsi mengeluarkan keringat. Keringat mengandung air, garam dan urea. Selain itu keringat berfungsi menurunkan suhu tubuh.

e. Kelenjar minyak (glandula sebacea). Kelenjar minyak berfungsi melembabkan kulit agar tidak kering.

3. Lapisan hipodermis

Pada lapisan ini terdapat jaringan adiposa yaitu jaringan yang tersusun atas sel-sel lemak. Fungsi lapisan ini adalah menyimpan cadangan makanan dalam bentuk lemak dan melindungi tubuh dari suhu dingin.

Pelajari lebih lanjut tentang lapisan kulit di: brainly.co.id/tugas/15244858.

B. Ginjal

Ginjal merupakan komponen utama penyusun sistem ekskresi manusia yaitu urin. Letak ginjal di rongga perut sebelah kiri dan kanan ruas-ruas tulang pinggang. Ginjal berfungsi untuk menyaring zat-zat sisa metabolisme dari dalam darah, mempertahankan keseimbangan cairan tubuh, mengeskresikan gula darah yang melebihi kadar normal dan mengatur keseimbangan kadar asam, basa, dan garam di dalam tubuh.

Proses pembentukan urin dalam ginjal sebagai berikut:

a. Filtrasi yaitu proses penyaringan darah di glomerolus menghasilkan urin primer.

b. Reabsorbsi yaitu proses penyerapan kembali zat yang masih dibutuhkan tubuh. Terjadi di tubulus kontortus proksimal. Hasil reabsorbsi disebut sebagai urin sekunder.

c. Augmentasi yaitu proses penambahan kembali zat yang tidak dibutuhkan maupun yang berlebihan di dalam tubuh. Terjadi di tubulus kontortus distal. Hasil augmentasi berupa urin sebenarnya.

Pelajari lebih lanjut tentang proses pembentukan urin di: brainly.co.id/tugas/11321551.

3. Paru-paru

Paru-paru manusia berjumlah sepasang, terletak di dalam rongga dada yang dilindungi oleh tulang rusuk. Paru-paru memiliki fungsi utama sebagai organ pernapasan. Paru-paru juga merupakan organ ekskresi yang berfungsi mengeluarkan gas-gas sisa proses pernapasan yaitu gas karbon dioksida dan uap air.

4. Hati

Hati berfungsi untuk mengeksresikan getah empedu zat sisa dari perombakan sel darah merah yang telah rusak dan dihancurkan di dalam limpa. Selain berfungsi sebagai organ ekskreksi, hati juga berperan sebagai penawar racun, menyimpan glikogen (gula otot), pembentukan sel darah merah pada janin dan sebagai kelenjar pencernaan.

Pelajari lebih lanjut tentang organ ekskresi hati di: brainly.co.id/tugas/13849611.

Berikut ini kelainan yang terjadi pada sistem ekskresi:

1. Diabetes melitus

Urin mengandung gula. Terjadi karena hormon insulin rendah atau proses reabsorbsi di tubulus kontortus proksimal terganggu.

2. Diabetes insipidus

Urin yang dihasilkan banyak. Disebabkan karena kekurangan hormon ADH.

3. Albuminuria

Urin mengandung protein. Disebabkan karena ganggiuan pada filtrasi darah di glomerolus.

4. Nefritis

Radang atau infeksi pada saluran nefron ginjal.

Detil jawaban

Mapel : Biologi

Kelas: 11

Bab: Sistem Eksresi

Kode: 11.4.8


19. Jelaskan struktur komponen dari organ ekskresi yang mengeluarkan keringat!​


Jawaban:

Dalam sistem ekskresi, kulit berperan dalam mengeluarkan keringat melalui kelenjar keringat yang tersebar di seluruh bagian tubuh


20. susunan cairan keringat sama dengan urin karena


Mengandung garam dan air karena mengandung salah satu unsur urin, yaitu garam garam dan sedikit air




Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)