Organ Reproduksi Pada Tanaman Pinus Yang Berbentuk Runjung Disebut

Admin
0

Tanaman pinus yang berbentuk runjung memiliki organ reproduksi yang disebut dengan kemaluan. Kemaluan pinus terdiri dari strobilus jantan dan betina. Strobilus jantan menghasilkan serbuk sari yang kemudian akan tersebar oleh angin. Sedangkan strobilus betina akan menerima serbuk sari tersebut dan menghasilkan biji pinus. Pohon pinus membutuhkan kedua jenis kemaluan tersebut agar dapat bereproduksi dengan baik. Oleh karena itu, petani atau pengunjung hutan perlu memperhatikan keseimbangan kemaluan pada pohon pinus yang mereka miliki atau lihat.

Kumpulan Pertanyaan dan Jawaban yang Berkaitan dengan "Organ Reproduksi Pada Tanaman Pinus Yang Berbentuk Runjung Disebut":



Organ Reproduksi Pada Tanaman Pinus Yang Berbentuk Runjung Disebut



Daftar Isi:

1. Alat reproduksi pada tanaman Pinus yang terbentuk runjung disebut?​


Jawaban:

Konus ( strobilus )

Penjelasan:

Semoga Bermanfaat :)

Jawaban:

strobilus atau runjung

maaf kalo salah...


2. alat reproduksi pada tanaman pinus yang berbentuk runjung disebut


disebut strobilus/runjung...ciri khas tumbhn gymnospermae

3. alat reproduksi pada tanaman pinus yang berbentuk runjung disebut


Alat reproduksi yang terdapat pada tanaman pinus yang memiliki bentuk runjung adalah konus atau disebut juga dengan sebutan strobilus. Alat kelamin yang ada pada tumbuhan pinus menunjukkan bahwa tumbuhan pinus dapat berkembang biak dengan cara generatif.

Pembahasan

Tumbuhan pinus merupakan jenis tumbuhan yang memiliki taksonominya berupa Kingdomnya yaitu Plantae,  Divisinya yaitu Spermatophyta, Subdivisinya yaitu Coniferophyta, Kelasnya yaitu Pinopsida, Ordonya yaitu Pinales,  Familinya yaitu Pinaceae dan Genusnya yaitu Pinus. Ciri-ciri yang dimiliki oleh pohon pinus antara lain yaitu:

Pohon pinus memiliki akar tunggang sehingga pohon pinus termasuk dalam jenis pohon dikotil.Tumbuhan pinus sebaiknya ditanam dengan jarak yang agak jauh antara pohonnya sehingga dapat membantu akarnya berkembang. Batang pohon pinus bersifat keras dan kokoh dan panjang dari batangnya dapat mencapai hingga 40 meter.Daun yang ada pada pohon pinus termasuk dalam jenis daun majemuk dengan ukuran panjang daunnya maksimal 20 cm. Pelajari Lebih LanjutMateri tentang sistem reproduksi yang ada pada tumbuhan https://brainly.co.id/tugas/3282743Materi tentang jenis-jenis dari proses penyerbukan brainly.co.id/tugas/16616883  Materi tentang jenis perkembangbiakan secara generatif  dan vegetatif https://brainly.co.id/tugas/6419006

Detail Jawaban      

Kelas: X  

Mata pelajaran: Biologi    

Materi: Bab 8 - Plantae  

Kode: 10.4.8

#AyoBelajar #SPJ5


4. Organ reproduksi laki²Terdiri dari organ reproduksi dalam dan organ reproduksi luar sebutkan dan jelaskan​


Jawaban:

Berikut ini organ reproduksi laki-laki bagian luar

1. Penis

Penis terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:

Akar atau basis. Bagian ini menempel pada dinding perut bagian bawah.

Batang penis

Kepala penis. Bagian ini ditutupi oleh lapisan kulit, yang akan dihilangkan saat menjalani sunat.

Pada ujung kepala penis, terdapat lubang kecil yang merupakan bukaan dari saluran kemih. Bagian ini nantinya akan menjadi tempat keluar dari semen dan urine. Pada penis juga terdapat ujung-ujung saraf yang sensitif terhadap rangsangan.

2. Skrotum

Skrotum merupakan bagian yang terlihat berbentuk seperti kantung. Letaknya berada di belakang penis, dan merupakan tempat dari testikel, yang biasa disebut dengan testis.

Pada skrotum juga terdapat banyak saraf dan pembuluh darah. Organ ini pun berperan untuk mengatur suhu testis. Agar testis dapat memproduksi sperma dengan baik, maka organ tersebut harus memiliki suhu yang sedikit lebih rendah, dibandingkan suhu tubuh.

3. Testis

Organ berbentuk oval dengan ukuran sebesar biji zaitun ini terletak di dalam skrotum. Pada umumnya, setiap pria masing-masing memiliki dua testis. Testis berfungsi untuk menghasilkan testosteron, yang merupakan hormon seks pada pria. Selain itu, organ ini juga berfungsi untuk memproduksi sperma.

4. Epididimis

Epididimis merupakan saluran panjang, yang terletak di belakang testis. Organ ini berfungsi untuk membawa dan menyimpan sel sperma yang telah diproduksi di testis.

Selain itu, organ ini juga berfungsi untuk mematangkan sperma yang dibentuk oleh testis. Setelah matang, sperma baru dapat melakukan tugasnya dalam membuahi sel telur.

6 Organ reproduksi laki-laki bagian dalam

6 Organ reproduksi laki-laki bagian dalamOrgan reproduksi laki-laki bagian dalam juga disebut sebagai organ aksesori. Ada enam organ yang masuk ke dalam kelompok ini, yaitu:

1. Vas deferens

Organ ini merupakan saluran panjang dan tebal, mulai dari epididimis hingga ke rongga panggul. Organ ini terletak di belakang kandung kemih. Vas deferens berfungsi mengantar sperma matang ke uretra, sebagai persiapan ejakulasi.

2. Vesikula seminalis

Vesikula seminalis merupakan organ berbentuk kantung yang menempel pada vas deferens, di dekat bagian dasar kandung kemih. Organ ini berguna dalam memproduksi cairan, sebagai pemberi energi sperma untuk bergerak.

3. Saluran ejakulasi

Saluran ini terbentuk dari gabungan vas deferens dan vesikula seminalis.

4. Saluran kemih

Organ ini disebut juga sebagai uretra, dan berfungsi untuk membawa urine dari kandung kemih ke luar tubuh.

5. Kelenjar prostat

Kelenjar prostat terletak pada bagian bawah kandung kemih, di depan rektum atau anus. Kelenjar ini berfungsi menambahkan cairan yang membantu sperma, saat terjadi ejakulasi, dan membantu menjaga sperma tetap sehat.

6. Kelenjar bulbourethral

Disebut juga sebagai kelenjar cowper, organ ini berfungsi untuk memproduksi cairan yang melicinkan saluran kemih. Selain itu, organ ini juga membantu menetralisir keasaman di saluran kemih, yang terbentuk akibat sisa urine.


5. Alat reproduksi tanaman pinus yang berbentuk runjung adalah .....


namany strobilus

maaf kalau salah


6. apakah fungsi runjung jantan dan betina pada tumbuhan pakis haji dan pinus? apakah yang dihasilkan oleh runjung jantan dan runjung betina?


mendapatkan sinar matahari

7. Fungsi runjung jantan dan betina pada pakis haji dan pinus serta apa yang dihasilkan


untuk menghasilkan serbuk sari

8. 18. Alat reproduksi pada tanaman pinus yang berbentuk runjung disebut. A. Strobilusb. Ovulumc. Konusd. Konifer​.


Tanaman pinus termasuk tanaman Gymnospermae atau tumbuhan berbiji terbuka. Tanaman pinus memiliki alat reproduksi yang berbentuk runjung disebut A. Strobilus.

Pembahasan

Tumbuhan berbiji dibedakan menjadi tumbuhan biji terbuka dan tumbuhan biji tertutup. Tumbuhan berbiji terbuka disebut juga Gymnospermae. Contoh tumbuhan berbiji terbuka adalah pinus.

Tanaman pinus memiliki ciri-ciri:

Bakal biji tidak dilindungi oleh daun buah.Batang dan akar berkambium dan dapat tumbuh besar.Mempunyai akar, batang, dan daun sejati.Bentuk perakaran tunggang.Daun sempit, tebal dan kaku.Tidak memiliki bunga sejati.Alat perkembangbiakan berupa runjung yang disebut strobilus.Alat kelamin terpisah, serbuk sari terdapat dalam strobilus jantan dan sel telur terdapat dalam strobilus betina.Gymnospermae memiliki batang yang tegak lurus dan bercabang-cabang.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang cara perkembangbiakan pinus, pada: https://brainly.co.id/tugas/25626948

#BelajarBersamaBrainly #SPJ9


9. berikut ini jenis tanaman yang melakukan reproduksi dengan runjung kecuali A industri B pertanian C pinus D pakis haji


Menurut saya
D.Pakis Haji

10. organ reproduksi berbentuk kerucut pada gimnosperma disebut


Kelas :             X
Kategori :        Plantae
Sub kategori : Spermatophyta
Kata kunci :     Organ reproduksi

Pembahasan :

Organ reproduksi berbentuk kerucut pada tumbuhan gymnospermae disebut strobilus. Strobilus merupakan alat reproduksi pada gymnospermae, dan strobilus jantan lah yang berbentuk kerucut.

11. ukuran dan tempat tumbuh runjung jantan pakis haji dan pinus


kategori : biologi -plantae
kelas: sma
pembahasan :

Strobilus atau runjung jantan pada tumbuhan pinus diketahui mempunyai ciri ciri sebagai berikut ini:

1.     Ukuran lebih kecil disbanding strobilus betina

2.     Strobilus jantan terdapat di ujung cabang, membawa banyak mikrosporofil yang tentunya sangat kecil yang tersusun secara spiral dan sangat sulit diamati.

3.      Strobilus jantan terminal atau aksilar pada sarung pendek

4.      banyak mikrosporofil bertangkai yang tersususn spiral,

5.      bentuk kerucut tetapi ukuran lebih kecil daripada strobilus betina

6.      bewarna orange agak kecoklatan,

7.      panjangnya kurang lebih 2 cm,

8.      terletak pada pangkal tunas yang muda,

9.      bertumpuk berbentuk bulir.

 

 

Strobilus atau runjung jantan pada tumbuhan pakis haji diketahui mempunyai ciri ciri sebagai berikut ini:

1.       Strobilus ♂ ada yang mencapai panjang 30 cm atau lebih (tanpa tangkai),

2.       terdiri atas sebuah poros tengah yang memiliki banyak sisik bertumpuk-tumpuk dan teratur secara spiral yang disebut mikrosporofil.

3.       Mikrosporofil ini berbentuk baji dengan seluruh permukaan bagian bawah masing-masing tertutup oleh berbagai mikrosporangium (lebih dari 1000 per Cycas).

4.       Setiap mikrosporangium terdiri atas sebuah dinding setebal beberapa lapis sel, dan sebuah massa tengah yang terdiri atas berbagai sel induk  mikrospora yang membelah diri secara meiosis dan membentuk tetrad mikrospora yang haploid.

5.       Tetrad ini kemudian memisah menjadi individu-individu mikrospora.

6.       Mikrospora mulai berkembang menjadi gametofit ♂ yaitu ketika masih berada di dalam mikrosporangium, kemudian inti membelah diri sehingga mikrospora berubah bentuk menjadi bersel tiga.

7.       Dan dari tahap ini selanjutnya disebut serbuk sari, jika serbuk sari matang poros ujung akan memanjang sedikit dan tiap mikrosporangium terbuka melalui sebuah celah panjang pada dindingnya.

8.       Sehingga serbuk sari itu mudah mencapai udara bebas dan dipencarkan oleh angin, karenanya dapat membuahi bakal biji.

9.       Strobilus jantan jarang ditemukan



12. pinus termasuk jenis tumbuhan berbiji terbuka berumah satu,karena.......a. runjung jantan dan runjung betina terpisah dalam satu pohonb. runjung jantan dan runjung betina terpisah dalam pohon yang berbedac. mengalami pembuahan tunggald. selalu mengalami penyerbukan silang


a. runjung jantan dan runjung betina terpisah dalam satu pohonJawabannya A.Runiung jantan dan runjung betina terpisah dalam satu pohon. Semoga membantu #jdkn jwbn tercerdas ya agar ooinmu kmbl sbgian

13. sebutkan apa saja organ reproduksi pada tanaman bunga sepatu​


Jawaban:

putik dan benang sari

Penjelasan:

Kembang sepatu digolongkan sebagai bunga sempurna karena terdapat “putik dan benang sari” di dalam satu bunga.

semoga membantu :)

Jawaban:

°Tangkai Bunga. ...

°Dasar Bunga. ...

°Kelopak Bunga. ...

°Mahkota Bunga. ...

°Benang Sari. ...

°Putik. ...

°Penyerbukan sendiri (autogami

Maaf jika jawabannya salah

Penjelasan:


14. apakah fungsi runjung jantan dan betina pada tumbuhan pakis haji dan pinus? apakah yg dihasilkan oleh runjung jantan dan betina?


fungsinya yaitu sebagai alat perkembangbiakan.
rujung jantan : menghasilkan sel kelamin jantan (serbuk sari)
rujung betina : menghasilkan sel kelamin betinaMereka berfungsi dalam berkembang biak,
Runjung jantan berfungsi menghasilkan mikrospora (serbuk sari)
Runjung betina menghasilkan makrospora (ovum)

15. alat reproduksi pada tumbuhan pinus yang berbentuk runjung disebut...


Kalo ga salah strobilus.

16. Sebutkan organ-organ yang menyusun sistem respirasi sirkulasi reproduksi pada tanaman​


1.Serbuk dari

2.kepala putik


17. Tanaman pinus disebut juga tumbuhan konifer karena memiliki alat reproduksi yang berbentuka.bulatb.asimetrisc.simetrisd.runjung​


Jawaban:

d. runjung

Penjelasan:

Alat reproduksi pada tanaman pinus yang berbentuk runjung disebut strobilus atau runjung. Alat reproduksi seperti ini merupakan ciri khas dari kelompok tumbuhan Gymnospermae yang merupakan tumbuhan biji terbuka

semoga membantuya:)

SELAMATBELAJAR


18. organ reproduksi berbentuk kerucut pada gimnisperma disebut​


organ reproduksi berbentuk kerucut pada gimnisperma disebut konus atau strobilus


19. apakah fungsi runjung jantan dan betina pada tumbuhan pakis haji dan pinus? apakah yg dihasilkan oleh runjung jantan dan betina?


Runjung (strobilus) itu alat perkembangbiakan pada pakis haji dan pinus, ya pokoknya tumbuhan Gymnospermae (biji terbuka). Nah, yg jantan itu membawa makrosporofil dan yg betina membawa ovula.

20. berikut ini jenis tanaman yang melakukan reproduksi dengan runjung, kecuali a.industri b. pertanian c. pinus d. pakis haji


D.pakis haji sorry kalau salah


Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)