Alat Musik Tanjidor Berasal Dari Daerah

Admin
0

Alat musik kecapi, rebana, dan seruling sulinggau jadi alat musik tanjidor. Alat musik ini berasal dari daerah tertentu di Indonesia dan berkembang sepanjang waktu. Seiring dengan bertambahnya penggemar musik, tanjidor semakin dihargai dan menjadi kebanggaan masyarakat.

Sejarah Tanjidor

Tanjidor berasal dari Bahasa Portugis "tangedor", yang artinya "peniup trompet". Musik tanjidore pertama kali diperkenalkan ke Indonesia oleh para bangsa Portugis. Pada awalnya, tanjidor dimainkan oleh para budak, tetapi kemudian mulai diperdengarkan di kalangan masyarakat Indonesia.

Cara Memainkannya

Tanjidor dimainkan dengan cara meniup trompet, mengutip kecapi, serta memukul rebana dan seruling. Jumlah alat musik dan orang yang memainkan tanjidor bisa bervariasi, tergantung pada kebutuhan dan ukuran panggung. Musik tanjidor biasanya dimainkan dalam acara-acara keagamaan dan budaya.

Berkembangnya Tanjidor

Seiring dengan waktu, tanjidor mulai membentuk gaya dan ciri khas dari setiap daerah. Kini, tanjidor di Indonesia dikenal dengan sebutan tanjidor Betawi, tanjidor Batak, tanjidor Sunda, dan lain-lain. Musik tanjidor juga semakin populer dan sering dijadikan hiburan dalam acara-acara besar.



Kumpulan Pertanyaan dan Jawaban yang Berkaitan dengan "Alat Musik Tanjidor Berasal Dari Daerah":



Alat Musik Tanjidor Berasal Dari Daerah



1. alat musik tanjidor berasal dari daerah?


dari betawi (jakarta) kalo tidak salah

2. apa asal daerah alat musik tanjidor,gendang,dan talempong


Tanjidor berasal dari Betawi.

Gendang berasal dari Jawa.

Talempong berasal dari Minangkabau.

Semoga membantu!

tanjidor dari betawi
gendang dari jawa barat
talempong dari minangkabau

semoga membantu

3. tuliskan asal daerah alat musik tanjidor, gendang,dan talempong


Talempong: Sumatera Barat

Tanjidor: DKI JAKARTA

Gendang: Yogyakarta

Tanjidor adalah salah satu grup musik tradisional Betawi yang sangat terkenal. Seni musik yang dimainkan secara berkelompok ini sangat banyak dipengaruhi oleh musik Eropa.

Talempong adalah sebuah alat musik pukul tradisional khas suku Minangkabau. Bentuknya hampir sama dengan instrumen bonang dalam perangkat gamelan. 

Gendang atau Gendhang adalah instrumen dalam gamelan Jawa Tengah dan Jawa Baratyang salah satu fungsi utamanya mengatur irama. Instrument ini dibunyikan dengan tangan, tanpa alat bantu. 

maaf ya kalo salah

4. tuliskan beberapa alat musik tanjidor yg berasal dari daerah betawi


Cabasa
Simbal
Maracas
Quarto
Drum bass
Snare drum
Xylophone
Marimba
Vibraphone
Sousaphone
Mellophone
Baritone
Tuba
Trompet
Eufonium

5. alat musik tanjidor berasal dari provinsi


berasal dari provinsi DKI Jakartaberasal dari jakarta

6. alat musik tanjidor berasal dari provinsi?


jawa,tepatnya pada suku betawi, maaf kalau salagklo engga salah dari Jawa Barat
tapi maaf klo salah

7. Alat musik tanjidor berasal dari provinsi ….​


Jawaban:

Musik Tanjidor dikembangkan oleh masyarakat Betawi yang banyak tinggal di Daerah Bekasi dan Karawang.Daerah ini memang berdekatan dengan Jakarta sehingga Budaya Betawi,Termasuk Tanjidor,juga sangat kental dalam kehidupan sosial budaya masyarakat setempat.

        Alat musik merupakan ensambel musik yang namanya lahir pada penjajahan Hindia Belanda.Kata "Tanjidor"berasal dari bahasa Portugis yaitu"Tangedor"yang berarti "alat musik yang berdawai".Dalam kenyataannya,kesenian"Tangedor"di Portugis cukup berbeda dengan kesenian "Tanjidor"di masyarakat Betawi,meskipun sistem tangga nadanya sama sama diatonik."Tanjidor"yang dikembangkan masyarakat Betawi justru didominasikan oleh alat musik tiup.

Alat alat musik yang dimainkan dalam kesenian Tanjidor terdiri dari Klarinet (Tiup),Piston (Tiup),Trombon (Tiup),Saksofon Tenor (Tiup),Saksofon Bas (Tiup),Drum (Membronofon),Simbal (Perkusi),dan Tambur.Grup musik Tanjidor biasnya terdiri dari 7-10 orang yang memainkan repertoar lagu diatonik maupun lagu-lagu bertangga nada pelog bahkan slendro.Sekarang musik Tanjidor dimainkan untuk mengarak pengantin dan menyambut tamu agung.

SemogaMembantu

(Tolong dibuat menjadi tercerdas please.....)

gak maksa


8. alat musik tanjidor berasal dari provinsi


DKI jakarta........................

9. Tanjidor merupakan kesenian musik yang berasal dari daerah?​


Jawaban:

Betawi (Jakarta)

Penjelasan:

TANJIDOR adalah kesenian tradisional Betawi yang berbentuk orkes. Seni musik yang dimainkan secara berkelompok ini banyak dipengaruhi musik Eropa, terutama dalam penggunaan alat musik tiup.

semoga membantu danjangan lupa followyaa:)


10. tanjidor adalah jenis orkes rakyat yang menggunakan alat-alat musik barat yang berasal dari daerah


betawie

semoga membantu... sebelumnya aku minta maaf jika salah

11. Alat musik tanjidor berasal dari kata


berasal dari kata portugis

maaf kalau salah :)dari kata tanji dan dor

12. Alat yang dimainkan pada pertunjukkan musik tanjidor berasal dari


kalo gak salah itu beraa dati betawi

13. alat musik tanjidor berasal dari....​


Jawaban:

Tanjidor merupakan alat musik asal Betawi


14. Alat musik tanjidor yang berasal dari betawi adalah


klarinet, piston, trombon, saksofon tenor, saksofon bass, drum, simbal, dan tambur.

15. Dari manakah asal alat musik Tanjidor​


Tanjidor adalah salah satu grup musik tradisional Betawi yang sangat terkenal. Seni musik yang dimainkan secara berkelompok ini sangat banyak dipengaruhi oleh musik Eropa. Musik Tanjidor dikembangkan oleh masyarakat Betawi yang banyak tinggal di daerah Bekasi dan Karawang. Daerah ini memang berdekatan dengan Jakarta sehingga budaya Betawi, termasuk Tanjidor, juga sangat kental dalam kehidupan sosial budaya masyarakat setempat.


16. alat musik tanjidor berasal dari prvinsi


alat musik tanjidor berasal dari provinsi DKI Jakarta (Betawi)berasal dari dki jakarta!!


17. alat musik tanjidor berasal dari provinsi​


Jawaban :

DKI Jakarta

SEMOGA MEMBANTU

Alat musik Tanjidor berasal dari Betawi(Jakarta).Tanjidor dimainkan dengan cara ditiup. Tanjidor biasanya dimainkan untuk mengarak pengantin dan menyambut tamu agung.


18. alat musik yang berasal dari daerah Sulawesi Selatan adalah a.gumelan b.talindo c.talempong d. Tanjidor​


Jawaban:

b.talindo

Penjelasan:

maaf kalau salah


19. alat musik tanjidor berasal dari ?....


alat musik tanjidor berasal dari betawi (jakarta) Tanjidor adalah salah satu grup musik tradisional Betawi yang sangat terkenal. Seni musik yang dimainkan secara berkelompok ini sangat banyak dipengaruhi oleh musik Eropa. Musik Tanjidor dikembangkan oleh masyarakat Betawi yang banyak tinggal di daerah Bekasi dan Karawang. Daerah ini memang berdekatan dengan Jakarta sehingga budaya Betawi, termasuk Tanjidor, juga sangat kental dalam kehidupan sosial budaya masyarakat setempat. Tanjidor merupakan ensambel musik yang namanya lahir pada masa penjajahan Hindia Belanda. Kata “tanjidor” berasal dari bahasa Portugis yaitu “tangedor” yang berarti “alat-alat musik berdawai”. Dalam kenyataannya, kesenian “tangedor” di Portugis cukup berbeda dengan kesenian Tanjidor di masyarakat Betawi, meskipun sistem tangga nadanya sama-sama diatonik. Tanjidor yang dikembangkan masyarakat Betawi justru lebih didominasi oleh alat musik tiup. Alat-alat musik yang dimainkan dalam kesenian Tanjidor terdiri dari klarinet (tiup), piston (tiup), trombon (tiup), saksofon tenor (tiup), saksofon bas (tiup), drum (membranofon), simbal (perkusi), dan tambur. Grup musik Tanjidor biasanya terdiri dari 7-10 orang yang memainkan repertoar lagu diatonik maupun lagu-lagu yang bertangga nada pelog bahkan slendro. Sekarang ini, musik Tanjidor lebih sering dipertunjukkan untuk mengarak pengantin dan menyambut tamu agung. Sementara zaman dahulu, para seniman Tanjidor menggantungkan alat-alat musik Tanjidor di rumahnya saat musim bercocok tanam. Namun setelah panen, mereka memainkan Tanjidor untuk mengamen dari rumah ke rumah dan dari restoran ke restoran. Salah satu lagu yang sering dimainkan berjudul Keramat Karam (Kramat Karem) yang tercipta karena peristiwa meletusnya Gunung Krakatau yang menelan banyak korban.Jakarta (betawi)

Maaf kl salah

20. alat musik membran yang terdapat pada musik daerah Tanjidor ialah.....​


Jawaban:tambur atau genderang

Maaf kalau salah

Penjelasan:




Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)