Berikut Yang Bukan Termasuk Kemajemukan Karakteristik Indonesia Adalah

Admin
0

Penting untuk memahami ciri khas Indonesia yang dikenal sebagai negara dengan keanekaragaman budaya dan adat istiadat. Namun, beberapa hal yang sering disalahpahami sebagai karakteristik Indonesia sebenarnya tidak termasuk dalam kemajemukan tersebut. Namun, penting untuk diingat bahwa Indonesia juga memiliki berbagai macam keunikan yang patut diapresiasi.

Kumpulan Pertanyaan dan Jawaban yang Berkaitan dengan "Berikut Yang Bukan Termasuk Kemajemukan Karakteristik Indonesia Adalah":



Berikut Yang Bukan Termasuk Kemajemukan Karakteristik Indonesia Adalah



Daftar Isi:

1. Berikut ini yang bukan merupakan kemajemukan karakteristik Indonesia, yaitu​


jawaban :

Kemajemukan masyarakat indonesia yang menciptakan banyak perbedaan perbedaan yang dapat dilihat secara langsung disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut yang termasuk kemajemukan karakteristik indonesia adalah pasisi saling, jumlah penduduk yang besar

dan wilayah yang luas. Salah satunya adalah latar belakang sejarah dan pengaruh kebudayaan luar daerah. Latar belakang sejarah menunjukkan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari yunani, yaitu wilayah di Tiongkok bagian selatan. Mereka datang secara bergelombang dalam waktu dan jalur yang berbeda sehingga mendiami wilayah yang berbeda juga yang mengakibatkan penduduk yang menempati pulau pulau itu tumbuh menjadi kesatuan suku bangsa yang terisolasi dengan yang lain, kemudian mereka mengembangkan bahasa, ikatan ikatan kebudayaan yang berbeda satu sama lain. Sehingga berdasarkan ilustrasi yang menjelaskan adanya keragaman budaya, suku bangsa, dan kelompok etnis disebabkan karena latar belakang sejarah dan pengaruh kebudayaan luar daerah.

Penjelasan:

jadikan jawaban tercerdas <°°>


2. Berikut kemajemukan karakteristik Indonesia, kecuali


suku budaya yang ada di Indonesia seragam dan sejenis


3. yang bukan merupakan kemajemukan karakteristik indonesia adalah


Jawaban:

B.suku budaya yang ada di indonesia seragam dan sejenis

Penjelasan:

karena budaya di Indonesia beragam (majemuk)


4. apakah yang termasuk kemajemukan di indonesia?


Kebudayaan, adat istiadat, agama serta bahasa dan suku 1. Berdasarkan Ras
Ras adalah segolongan manusia yang mempunyai persamaan dalam cirri-ciri fisik dan sifat-sifatnya yang diwariskan secara turun temurun. Perbedaan fisik (tubuh) yang menonjol adalah warna kulit, bentuk dan warna rambut, bentuk hidung dan mata. Adanya perbedaan ras ini sering timbul masalah “Streotipe” dan “diskriminasi”. Streotipe adalah pikiran berprasangka yang didasarkan pada kesan umum yang dipercayai tentang sifat-sifat dan krakter suatu kelompok ras tertentu. Pikiran streotipe ini akan mengarahkan sikap diskriminatif terhadap ras lain. Misalnya politik “Aparthied” di Afrika Selatan membatasi secara hukum dan politik warga Negara kulit hitam oleh kelompok minoritas kulit putih.
Nenek moyang bangsa Indonesia merupakan campuran penduduk asli dengan bangsa asing (pendatang), yaitu :
a. Bangsa Melayu Mongoloid (Austronesia)
Bangsa Melayu Mongoloid (Austronesia) yang menempati wilayah barat kepulauan Indonesia Austronesia memiliki ciri kulit ke kuning-kuningan (sawo matang), rambut ikal/lurus dan muka agak bulat, melayu Mongoloid dibendakan mejadi :
1)Melayu tua (Proto Melayu) seperti suku Batak. Toraja dan Dayak;
2)Melayu Muda (Deutro Melayu) seperti : suku Jawa, Madura, Bal, Banjar dan Bugis.
b. Bangsa Papua Melanesoid
Bangsa Papua Melanesoid, menetap diwilayah kepulauan Indonesia Timur memiliki ciri-ciri : kulit hitam, rambut sangat keriting dan bibir tebal Contoh : suku Asmat, dan suku Dani di Papua (Irian Barat);
c. Bangsa Vedoid (Wedoid) yang berasal dari Srilangka dengan ciri-ciri: kulit sawo matang, rambut ikal, tubuh kecil. Contoh suku Mentawai (di pulau Mentawai), Suku Kubu (Jambi), Suku Sakai (di pulau Siak).
2. Berdasarkan Suku Bangsa
Suku bangsa adalah penggolongan manusia berdasarkan tempat asal, asal-usul (nenek moyang) dan kebudayaan yang sama. Akibat kemajuan di bidang teknologi transfortasi dan perkawinan campuran (Amalgamasi) dan tempat asal dan asal-usul sudah kabur. Oleh karena itu sebagai penggolongan suku bangsa yang dominan adalah kesamaan “kebudayaan”.
Menurut Koentjaraningrat, suku bangsa adalah suatu golongan manusia yang terikat oleh kesadaran akan kesatuan “kebudayaan”. Kesadaran dan identitas sering dikuatkan oleh kesatuan “bahasa”.
Suku bangsa yang tersebar di seluruh wilayah Nusantara berjumlah 316 suku bangsa mempengaruhi keragaman budaya bangsa Indonesia. Misalnya terlihat dalam system kekerabatan. Masing-masing suku bangsa menganut klem (garis keturunan). Yang secara ringkas terbagi menjadi suku-suku sebagai berikut :
a.Marga (Batak) : Marpaung, Lubis, Sihotang, Sianturi, Manurung dll
b.Suku (Minang) : Cianago, Koto, Tanjung, Piliang, Sikumbang, dll
c.Fam (minahasa): Supit, Lasut, Manadagi, Paat, Lengka, dll
d.Fam (Maluku) : Manuhutu, Guslaw, Pattinasarani, Marantika, dll
e.Fam (Flores) : Leimena, Parera, Fernandes, Wangge, dll
3. Berdasarkan Agama
Agama adalah kepercayaan, kepada alam gaib yang telah dituntun oleh kitab suci. Masyarakat kita telah mengenal berbagai kepercayaan kepada alam gaib tanpa dituntun kitab suci, misalnya:
a.Animisme, kepercayaan kepada roh-roh nenek moyang dan roh lainnya dari makhluk dan benda alam;
b.Dinamisme, kepercayaan kepada semua benda hidup maupun mati yang dianggap mempunyai kekuatan gaib dan luar biasa.
Kemajemukan masyarakat Indonesia bedasarkan agama terdiri atas lima agama yaitu islam, Kristen, Khatholik, Budha dan Hindu. Perbedaan agama terwujud dalam kenyataan sosial terdiri atas orang-orang yang menganut agama tertentu, yang termasuk dalam suatu golongan (komunitas) yang disebut “umat” sehingga dalam kehidupan sehari-hari sering disebut umat Islam, umat
Kristen, umat Katholik, umat Budha, dan umat Hindu. Yang menunjukan adanya kemajemukan agama dalam kehidupan masyarakat.
Agama merupakan salah satu dasar ikatan sosial yang berbeda dengan dasar ikatan sosial lainnya, aktivitas sosial yang penghayatannya bersifat sangat pribadi. Karenanya cenderung berkaitan dengan kepekaan emosional (perasaan). Agama merupakan hal yang sensitive sehingga mudah mengundang konflik horizontal yang berarti dapat menghambat proses integrasi sosial dalam masyarakat.
Pengaruh Kemajemukan Masyarakat Indonesia
Kemajemukan Masyarakat Indonesia sangat berpengaruh dalam berbagai sendi dan bidang kehidupan bangsa Indonesia. Hal-hal yang dapat terpengaruh dengan kemajemukan ini adalah sebagai berikut :
1. Konflik Sosial
Dalam proses perjalanan sejarah telah memperlihatkan bahwa bangsa Indonesia yang majemuk sering menghadapi masalah dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan, bahkan dapat mengarah pada disintegrasi bangsa.
Masalah yang sangat peka dalam kehidupan sosial masyarakat Indonesia adalah masalah SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan). Disamping sering menimbulkan pertikaian antara individu dengan individu, individu dengan kelompok.

5. kemajemukan yang tidak termasuk dalam masyarakat Indonesia adalah


Sifat apatis, egoistis, Individualis

6. Karakteristik masyarakat majemuk


1. Adanya struktur sosial yg terbagi kedlm lembaga" bersifat nonkomplementer.
2. Terdapat dominasi politik pd suatu klmpk.
3. Terjadi konflik antar kelompok (relatif).
4. Integrasi sosial yg tumbuh diatas paksaan (relatif).
5. Terjadinya pembagian kedlm kelmpk" yg srng memiliki subkebudayaan yg berbeda.

7. Berikut ini yang bukan merupakan kemajemukan karakteristik Indonesia adalaha.posisi silangb.jumlah pulau yang banyak dan persebaran pulauc wilayah yang luasd.jumlah penduduk yang keciltolong di jawab segera​


Jawaban:

c jumlah penduduk yang kecil


8. Berikut ini adalah karakteristik masyarakat majemuk menurut L. Van de Bergh ?


Jawaban:

Ciri-ciri dari masyarakat majemuk menurut pendapat van De Berg, yaitu:

Terintegrasinya masyarakat ke dalam kelompok-kelompok sosial yang memiliki ciri khas budaya yang berbeda satu sama lain. Adanya lembaga-lembaga sosial yang saling tergantung satu sama lain karena adanya tingkat perbedaan budaya yang tinggi. Kurang mengembangkan konsensus di antara para anggota masyarakat tentang nilai-nilai sosial yang bersifat dasar. Kecenderungan terjadinya konflik lebih besar di antara kelompok satu dengan yang lain. Integrasi sosial tumbuh di antara kelompok sosial yang satu dengan yang lain. Adanya kekuasaan politik oleh suatu kelompok atas kelompok yang lain.

Penjelasan :

Masyarakat Majemuk adalah masyarakat yang terdiri dari berbagai macam karakteristik kebudayaan baik perbedaan dalam bidang etnis, golongan, agama, tingkat sosial yang tinggal dalam suatu komunitas tertentu.


9. berikut termasuk faktor penyebab masyarakat indonesia menjadi masyarakat majemuk yaitu....


karena adanyaarus globalisasi-letak dan kondisi geografis
-perbedaan cuaca
-bentuk wilayah

10. Indonesia tidak termasuk negara yang penduduknya majemuk dalam hal…


Jawaban:

suku, agama, budaya, serta bahasa daerah yang berbeda.

Penjelasan:

semoga membantu

"maaf kalau salah"


11. berikut yang bukan termasuk kemajemukan bangsa indonesia adalah keragaman​


Jawaban:

bahasa nasional.

semoga bermanfaat,,.

maaf kalau salah kakk


12. Jelaskan menurutmu karakteristik masyarakat majemuk atau pluralitas masyarakat Indonesia​


Jawaban:

Karakteristik Masyarakat majemuk

Terjadi segmentasi ke dalam bentuk-bentuk kelompok subkebudayaan yang berbeda satu dengan yang lain. Memiliki struktur sosial yang terbagi-bagi kedalam lembaga-lembaga yang bersifat nonkomplomenter. Kurang mengembangkan konsensus diantar para anggota-anggotanya terhadap nilai-nilai yang bersifat dasar. Secara relatif seringkali mengalami konflik diantara kelompok yang satu dengan kelompok yang lain. Secara relatif, integrasi sosial tumbuh diatas paksaan (coercion) dan saling ketergantungan di dalam bidang ekonomi Adanya dominasi politik oleh suatu kelompok atas kelompok lain.

Karakteristik Masyarakat Plural

Interaksi beberapa kelompok Mempunyai dan menunjukkan rasa saling menghormati dan toleransi satu sama lain  Mereka hidup bersama (koeksistensi) Serta membuahkan hasil tanpa konflik asimilasi


13. Berikut ini adalah karakteristik masyarakat majemuk menurut van de bergh kecuali....


jawaban

klkagakadapilihangandanymanabisajwbngablumahngadi²waesenengnya

Penjelasan:

kurangtepat!


14. Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat plural (majemuk) artinya memiliki keragaman karakteristik tetapi kita harus....


Jawaban:

saling menghormati dan saling menghargai

Penjelasan:

jadikan jawaban terbaik ya


15. sebutkan karakteristik kemajemukan masyarakat indonesia?


terdapat berbagai kebudayaan, berdiri dengan berbagai macam bahasa, berbagai macam etnis, agama, suku, ras, etnis.

16. Negara Indonesia merupakan negara majemuk karena setiap masyarakat memiliki karakteristik yang.....


Jawaban:

Berbeda-beda antara yang satu dengan lainnya. Baik itu suku, bahasa daerah, adat-istiadat, kepercayaan, agama, budaya yg beragam, dan lain sebagainya. Selain itu indonesia memiliki banyak kepualauan itulah penyebab kemajemukan indonesia yang mengakibatkan adanya keberagaman.

Penjelasan:

semoga membantu Maaf klau salah

Jawaban:

Negara Indonesia bersifat majemuk karena masyarakat yang terdiri atas kelompok-kelompok, yang tinggal bersama dalam suatu wilayah, tetapi terpisah menurut garis budaya masing-masing. Kemajemukan suatu masyarakat patut dilihat dari dua variabel yaitu kemajemukan budaya dan kemajemukan sosial.

Penjelasan:

semoga membantu


17. Apa saja kemajemukan karakteristik indonesia


Jawaban:

perbedaan suku bangsa, agama ,adat dan kedaerahan

Penjelasan:

maaf yah KLO salah

--

[tex] \\ \\ \\ \\ \\ [/tex]

beranekaragamnya agama, suku, Bahasa, budaya, dan adat-istiadat.

[tex] \\ \\ [/tex]

Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kemajemukannya. Kemajemukan bangsa Indonesia ditandai dengan beranekaragamnya agama, suku, Bahasa, budaya, dan adat-istiadat. Hal ini tidak dapat disangkali sebagai bagian dari kehidupan bangsa Indonesia.

[tex] \\ \\ \\ \\ \\ [/tex]

--


18. Sebutkan dan jelaskan karakteristik kemajemukan masyarakat indonesia


Karakteristik Kemajemukan Masyarakat Indonesia

Kemajemukan masyarakat Indonesia, meliputi :

1. Suku bangsa

2. Agama

3. Adat Istiadat

4. Pandangan Politik

5. Ras

Pembahasan

→ Suku bangsa

Suku - suku bangsa yang tersebar di Indonesia merupakan warisan sejarah bangsa. Persebaran suku bangsa dipengaruhi oleh faktor geografis, faktor perdagangan laut dan kedatangan para pendatang di Indonesia. Persebaran yang luas menjadikan suku bangsa di Indonesia memiliki ciri atau karakter khas, yang memiliki perbedaan antara satu suku bangsa dengan suku bangsa yang lainnya.

→ Agama

Agama merupakan satu unsur yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Pemerintah Indonesia, menetapkan enam agama sebagai agama resmi penduduk Indonesia, yaitu :

1. Agama Isalam

2. Agama Kristen

3. Agama Katolik

4. Agama Hindu

5. Agama Buddha

6. Agama Konghucu

Keragaman agama yang ada di Indonesia, disebabkan oleh keanekaragaman suku bangsa, letak geografis dan latar belakang sejarah.

→ Adat Istiadat

Adat Istiadat merupakan sebuah peraturan tentang perbuatan manusia, yang berasal dari nenek moyang dan terus dilakukan oleh keturunannya. Adat istiadat sangat erat kaitannya dengan pola - pola perilaku dalam masyarakat. Sedangkan ada pula adat yang memiliki sanksi hukum, yang disebut dengan hukum adat.

Pelajari Lebih LanjutMateri tentang hal yang membedakan suku bangsa satu dengan suku lainnya, https://brainly.co.id/tugas/95033

Materi tentang ras terbanyak di Indonesia, https://brainly.co.id/tugas/14022138

Detil Jawaban

Kelas : 11

Mata Pelajaran : Sosiologi

Bab : Kebudayaan dan Multikulturalisme

Kode : 11.20.5

Kata Kunci : masyarakat majemuk, karakteristik


19. Konflik komunal yang terjadi antarkelompok masyarakat dapat membahayakan keselamatan bangsa karena bangsa indonesia merupakan bangsa yang majemuk. berikut bukan termasuk kemajemukan indonesia adalah perbedaan


Jawaban:

Konflik komunal yang terjadi antarkelompok masyarakat dapat membahayakan keselamatan bangsa karena bangsa indonesia merupakan bangsa yang majemuk. berikut bukan termasuk kemajemukan indonesia adalah perbedaan ideologi


20. 83. Berikut ini yang bukan karakteristikmasyarakat majemuk menurut SoerjonoSoekanto adalah ....​


Jawaban:

Kelas : XI

Pelajaran : Sosiologi

Kategori : Kelompok sosial

Kata kunci : ciri masyarakat, Soerjono Soekanto

Pembahasan:

1) memiliki kesadaran bahwa merupakan satu kesatuan.

2) hidup bersama sekurang-kurangnya terdiri dari dua orang.

3) merupakan suatu sistem hidup bersama yang menimbulkan kebudayaan karena adanya ikatan satu dengan lainnya.

4) hidup bersama dalam waktu yang cukup lama sehingga timbul sistem komunikasi dan peraturan-peraturan yang mengatur hubungan antara manusia.

Jadi, ciri masyarakat menurut Soerjono Soekanto adalah masyarakat merupakan satu kesatuan yang hidup bersama sekurang-kurangnya terdiri dari 2 orang yang terikat satu sama lain sehingga timbul sistem komunikasi dan peraturan-peraturan yang mengatur hubungan antara manusia.:




Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)