Sebutkan Tiga Cara Mengembangkan Kesenian Daerah

Admin
0

Kesenian daerah adalah warisan budaya yang harus dipertahankan dan dikembangkan. Ada tiga cara untuk mengembangkan kesenian daerah yaitu dengan menanamkan kesadaran berbudaya, mengadakan festival budaya, dan memberikan pelatihan bagi para generasi muda. Dengan menanamkan kesadaran berbudaya, masyarakat akan lebih tertarik untuk mengetahui dan melestarikan kesenian daerah. Mengadakan festival budaya dapat meningkatkan eksposur kesenian daerah serta memperkenalkannya pada masyarakat yang lebih luas. Memberikan pelatihan kepada generasi muda membantu menjaga tradisi kesenian daerah agar tetap hidup dan berkembang dengan baik.

Sebutkan Tiga Cara Mengembangkan Kesenian Daerah

Menanamkan Kesadaran Berbudaya

Melalui pendidikan dan pengkajian tentang kesenian daerah, masyarakat akan lebih mengenal dan mencintai kesenian daerah. Dalam proses mengenalkan kesenian daerah, pihak pembina dapat mengadakan kegiatan seperti lomba-lomba seni atau pertunjukan kesenian daerah. Dengan demikian, masyarakat menjadi semakin peduli dan terlibat dalam melestarikan kesenian daerah.

Mengadakan Festival Budaya

Festival budaya merupakan salah satu cara untuk membawa kesenian daerah ke tingkat yang lebih tinggi dan meningkatkan eksposur kesenian daerah bagi masyarakat yang lebih luas. Festival budaya bisa diadakan di level lokal maupun nasional dan internasional dengan melibatkan berbagai kesenian daerah dari seluruh wilayah Indonesia.

Memberikan Pelatihan Bagi Generasi Muda

Kesenian daerah perlu dilestarikan pada generasi yang lebih muda agar seni dan budaya daerah tidak terkikis oleh arus modernisasi. Pelatihan dan pendidikan tentang kesenian daerah dapat dilakukan dengan mengadakan workshop, seminar, atau program kursus bagi para generasi muda yang ingin belajar tentang kesenian daerah tertentu. Dengan pelatihan yang tepat, generasi muda dapat mengembangkan keterampilan dan minat dalam kesenian daerah dan melanjutkan tradisi tersebut kepada generasi berikutnya.



Kumpulan Pertanyaan dan Jawaban yang Berkaitan dengan "Sebutkan Tiga Cara Mengembangkan Kesenian Daerah":



Sebutkan Tiga Cara Mengembangkan Kesenian Daerah



Daftar Isi:

1. sebutkan tiga cara mengembangkan kesenian daerah


Jawaban:

Memperhatikan dan mempelajari budaya daerah. ...

Menggunakan pakaian adat, sesuai dengan acara-acara tertentu.Mempelajari dan memakai bahasa daerah di lingkungan keluarga.Mengadakan dan turut serta dalam kegiatan lomba/pentas seni di daerah sekitar.

Penjelasan:

1.Memperhatikan dan mempelajari budaya daerah. Contohnya dengan mempelajari tarian dan juga alat musik daerah sekitarmu.

2.Menggunakan pakaian adat, sesuai dengan acara-acara tertentu.

3.Mempelajari dan memakai bahasa daerah di lingkungan keluarga

4.Mengadakan dan turut serta dalam kegiatan lomba/pentas seni di daerah sekitar


2. tolong bantu jawab ya temen temen,,,ini kisi kisi mapel seni rupa saya1.     Teori warna yang membuktikan bahwa sinar matahari dibentuk oleh tujuh warna spectrum yang seimbang komposisinya, dikemukakan oleh…a.       Sir Isaac Newtonb.      Brewsterc.       Oswoldd.      Albert Munsele.       Altamira3.      Wujud yang dibentuk oleh sekumpulan garis dan bidang disebut…a.       Komposisib.      Bentukc.       Warnad.      Garis e.       Bidang 5.     Secara garis besar, maka cabang seni rupa dibagi menjadi dua bagian yakni....a.    Seni lukis dan seni tarib.   Seni murni dan seni desainc.    Seni keramik dan seni musik   d.   Seni terapan dan seni kriyae.    Seni murni dan terapan6.     Seni gerabah/keramik sudah ada sejak…a.    prasejarahb.   kerajaan--kerajaan  nusantarac.    kolonial Belandad.   kolonial Jepange.    setelah kemerdekaan7.     Fungsi seni gerabah sebagai barang hiasan adalah hasil karya seni dari daerah…a.    Lombokb.   Sumatra Baratc.    Sulawesi Selatand.   Balie.    Jakarta9.     Seni murni yang berwujud tiga dimensi yang umumnya berbahan kayu, logam, batu disebut dengan......a.     Seni Patung    b.    Seni Kriyac.     Seni Lukis          d.    Seni Grafise.    Seni Keramik10.  Salah satu contoh hasil dari seni Desain Grafis atau Desain komunikasi visual adalah......a.     Brosur, Poster, Undangan, Logo Perusahaanb.    Alat-alat rumah tangga, alat tulis, alat kedokteranc.     Stadion olahraga, rumah sakit, bangunan rumah, bangunan sekolahd.    Ruang tempat tinggal, lobby hotel, ruang dapur, kafee.    Tikar, tas, topi pandan, caping12.  Karya seni rupa berikut yang hanya memiliki ukuran panjang dan lebar yaitu…a.    Seni rupa nondimensib.   Seni rupa tiga dimensic.    Seni rupa abstraksid.   Seni rupa dua dimensie.    Seni rupa multi dimensi 14.  Berikut ini objek yang sering muncul dalam karya-karya purbakala, kecualii…a.    Binatangb.   Pohonc.    Gunungd.   Manusiae.    Alat pertukangan 15.  Dibawah ini faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan seni lukis, kecuali…a.    Agamab.   Hubungan socialc.    Kepercayaand.   Sistem bahasae.    Cara bertahan hidup16.  Seni lukis jaman klasik dimaksudkan untuk tujuan…a.       Pengembangan ilmu pengetahuanb.      Mistismec.       Imajinasid.      Renaissancee.       Realisme17.  Aliran dalam seni rupa yang menggambarkan dunia fantasi psikologi atau alam mimpi disebut aliran......a.     Romantisme      b.    Futurismec.     Impresionisme      d.    Naturalismee.     Surrealisme18.  Warna primer adalah …a.    warna yang tidak terbentuk dari warna lainb.   warna campuran dari 2 warna dasarc.    terdiri dari 2 warna sekunderd.   terdiri dari 2 warna tersiere.    warna campuran dari warna sekunder dan tersier19.  Warna hijau  terbentuk dari campuran warna…a.    merah dan birub.   biru dan kuningc.    kuning dan merahd.   merah dan kuninge.    kuning dan hitam20.  Pemilihan warna dalam seni rupa sangat menentukan terhadap hasil suatu karya, karena warna menentukan sifat karya seni seperti warna putih yang melambangkan......a.       panas, api, gagah, beranib.      romantis dan ringanc.       suci, bersih, tak berdosa, jujur, matid.      dingin, sejuk, tenang, segare.       tragedi, kematian, duka, kegelapan 21.  Pada zaman prasejarah sebuah lukisan gambar bisa dibuat hanya dengan menggunakan materi yang sederhana, yaitu…a. Cat air                d. pensilb.Spidol                 e. tintac. Arang kapur22.  Alat batu yang sudah diasah zaman….a.   Paleolitikum      d. Megalitikumb.  Mezolitikum     e. Perungguc.   Neolitikum23.  Bahan yang paling tepat digunakan untuk membuat relief adalah….kecualia.   Batu                  d. Semenb.  Batu bata          e. Batu kalic.   Kayu24.  Seni tulis arab disebut…a.   Kaligrafi           d. Farisib.  Kaligrafer         e. Apllesc.   Roikani25.  Candi Borobudur termasuk karya seni…a.   3 Dimensi         d. Arsitekturb.  Pahat                 e. Patungc.   Semua benar26.  Salah satu bentuk seni rupa yang berkembang di Indonesia dan dipengaruhi oleh agama Islam adalah......a.   relief Ramayana d. Batikb.  kaligrafi            e. abstrakismec.   lukisan pada dinding gua 27.  Maestro pelukis Indonesia yang belajar tentang teknik-teknik melukis dari pelukis-pelukis barat adalah……a.   Raden Saleh     d. Walter Spies b.  Nyoman Nuarta e. Affandic.   Basuki Abdullah  28. Karya seni rupa dengan tema propaganda meuncul pada masa....a.   Orde baru         d. Kemerdekaanb.  Modern             e. Cita Nasionalc.   Pendudukan Jepang29. Pelopor dari karya seni rupa modern Indonesia adalah....a.   Affandi b.  I Nyoman Raka c.   Basuki Abdullahd.   Raden Saleh Syarif Bustamane.   Walter Spies 30. Arsitektur candi hindu Indonesiamempunyai hubungan gaya dengan....a.    Thailand                        d. Pakistanb.  India selatan                 e. Cinac.    Malaysia  31.  Hasil karya lukisan R. Saleh yang terkenal adalah sebagai berikut, kecuali....a.   Gunung Merapi dan Merbabub.  Antara Hidup dan Matic.   Jaka tarub dan bidadari d.  Perkelahian dengan singae.   Penangkapan Pangeran Diponegoro32.  Pada jaman Jepang karya seni rupa sering digunakan sebagai....a.      Propaganda b.     Pameran senic.      Misi kesenian d.     Religiusitas e.      Iklan komersial 


jawaban:
1. d
3. b
5. a
6. a
7. b
9. a
10.b.
12. d
14. e
15. e
16. c
17. e
18. a
19. a
20. d
21. c
22. d
23. a
24. a
26. b
27. c
28. b
29. c
30. b
31. b
32. b

3. I. Isilah ( Scor 1 )1.Agama yang tidak diakui di Indonesia ....2.Makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah ....3.Sebutkan salah satu keragaman yang ada di Indonesia ....4.Semboyan Bhinneka Tunggal Ika ada terdapat dalam buku ....5.Latar belakang keragaman yang ada di Indonesia adalah ....6.Kita mempelajari tari Bali, tari Toraja, Aceh, dan Sunda hal ini berarti kita mewujudkan perilaku persatuan melalui ....7.Contoh nilai perjuangan bangsa sebagai wujud cinta tanah air adalah ....8.Kemajemukan adat istiadat, suku bangsa,gender, bahasa, agama, dan berbagai bentuk kesenian daerah merupakan ....9.Menghormati antar suku bangsa merupakan kewajiban dalam pergaulan dengan sesama, tertama karena kita ....10.Sikap yang harus dikembangkan terhadap sesama tanpa membedakan suku,keturunan,agama,dan warna kulit yaitu ....II.Jawablah ( Scor 4 )1.Apabtang menjadi latar belakang keragaman di Indonesia !2. Bagaimana hubungan antar keragaman suku,ras,agama,dan budaya dengan Bhinneka Tunggal Ika ?3.Bagaimana cara kamu mengembangkan perilaku kesatuan dalam Lingkungan keluarga,sekolah dam masyarakat ?4.Uraikan tiga jenis keragaman bangsa Indonesia !5.Mengapa salam pergaulan antar suku bangsa tidak boleh menyinggung agama, suku, agama ras dan antar golongan ( SARA(6. Bagaimana cara menghargai perbedaannya ?7. Sebutkan suku yang ada Indonesia!Jangan asal jawabJangan malas jawab​​


Jawaban:

Scor 1

1.

2. Berbedabeda tetapi tetap satu jua

3.keragaman suku tarian daerah

4.sutasoma yang dibuat mpu tantular

5.

6 perbedaan tarian daerah

7.berjuang memerdekakan bangsa

8.ras

9.makhluk sosial

10.menghargai dan menghormati

Penjelasan:

maaf blm lengkap

1. Sunda Wiwitan, Djawa Sunda, Parmalim

2. hubungan antara keragaman suku bangsa agama dan kebudayaan dengan kebhinekaan tunggal ika memiliki hubungan erat karena dengan adanya persatuan kebhinekaan tunggal ika maka semua keragaman akan bersatu dalam sebuah integrasi nasional

3. dlam kluarga :saling menyayangi dan menghormati masing2 anggota kluarga

dlam masyarakat : sling menghargai pendapat satu sama lain ketika sedang musyawarah

dalam skolah : bergotong royong membersihkan are skolah

4. keberagaman suku, keberagaman agama, keberagaman ras

5. agar tidak terjadi perpecahan

6. saling menghargai dan menghormati satu sama lain

7. jawa, batak, sunda, bugis, dan betawi

JADIKAN JAWABAN TERBAIK!! SEMANGAT TRS BLJRNYA!


4. 1. Keberagaman memiliki potensi negatif apabila .. a. tidak dilandasi kesadaran akan keberagaman b. diperkuat dengan semangat persatuanC. dilandasi semangat kekeluargaand. dihadapi dengan toleransi2. Saling menghormati antarumat beragama dapat diwujudkan dengan cara. a. rajin menjalankan ibadahb. menghargai teman satu agama c. membantu teman tanpa membeda-bedakan agamad. aktif dalam pembangunan tempat ibadah3. Makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalaha. perbedaan menimbulkan perpecahanb. walaupun runtuh, tetap satuC. berbeda-beda, tetapi tetap satu jua d. karena berbeda, tidak dapat bersatu4. Bahasa yang disepakati bangsa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa resminegara adalah .... a. bahasa Indonesiab. bahasa daerah C. bahasa Melayud. bahasa Inggris5. Ungkapan Bhinneka Tunggal ika pertama dikemukakan dalam buku Sutasoma karanganA. Empu SendokB. Mpu TantularC. Empu Gandring D. Empu Sedah6. Wujud kebudayaan yang berupa suatu kompleks ide-ide, gagasan-gagasan, nilai-dan sebagainya disebut A. sistem budaya B. sistem sosialC. artefakD. suku bangsaMarakat Indonesia adalah masyarakat Masyarakat yang majemuk. Kemajemukan masyarakat indonesia ditandai dengan A. besamya jumlah pendudukB. strategisnya letak wilayah Indonesia C. Luasnya wilayah negara IndonesiaD. banyaknya suku, agama dan golongan 8. Prinsip yang mengakui bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang terdiri atas berbagai suku, bahasa, agama dan adatkebiasaan yang majemuk ialah prinsip . A.Bhinneka Tunggal IkaB. nasionalisme C. kebebasan bertanggung jawab D. wawasan nusantara9. Kemajemukan suku bangsa di Indonesia, antara iain, disebabkan terjadinya isolasi sosial di antara berbagai kelompok yang dipengaruhi oleh faktorA. keadaan geografisB. iklim yang berbedaC. pengaruh budaya asing D. pelaksanaan pembangunan10. Berikut yang bukan sikap menghargai ke beragaman yang tumbuh di masyarakat Indonesia adalahA. tidak membedakan setiap suku bangsa B.mencela tradisi yang ada di masyarakatC. tidak membanggakan suku sendiri D. mendukung setiap kegiatan masyarakat11. Indonesia terdiri atas berbagai suku, seperti Batak, Minang, Asmat, Ambon, Bugis, Ja- wa, dan Dayak. Setiap suku memiliki cirikhas dalam aspekA. bahasa, kesenian, dan tradisi B. keturunan, budaya, dan ideologiC. budaya, kebangsaan dan ciri fisik D. warna kulit, tradisi, dan mata pencaharian12. Prinsip yang menjadikan kita memiliki satu tekad dalam mencapai cita-cita pemba ngunan nasional merupakan prinsip .a. Bhinneka Tunggal Ika b. nasionalismec. kebebasan bertanggung jawab d. wawasan nusantara13. Peranan pendidikan multikultural sangat penting bagi masyarakat Indonesia untuk mengembangkan. a. kepribadian bangsa berdasarkan budaya baruB. sikap toleran terhadap perbedaan dalam masyarakat C. perbedaan-perbedaan kebudayaan yang berkembangd. budaya lokal yang agar tidak memudar 14. Berikut beberapa perilaku dalam masyarakat!1) Menghargai solidaritas antara kelom pok suku bangsa2) Melestarikan budaya yang diwariskan leluhur suku.3) Menghambat proses pembangunanfasilitas modern. 4) Memilih pemimpin yang berasal dari putra daerahBerdasarkan data tersebut, yang merupakan sikap primordial dalam masyarakat majemuk ditunjukkan perilaku nomor .a. 1 dan 2b. 1 dan 3C. 2 dan 3 d. 2 dan 415. Memperkuat persatuan dan kesatuan bang sa dapat ditempuh melalui ....a. kerja sama intern umat beragamab. hubungan baik antara pemuka agamaC. aktif menjalankan ibadahd. kerja sama antarumat beragama16. Sikap yang harus dikembangkan dalam mewujudkan persatuan dalam keragaman adalah . a. menghapuskan semua perbedaanb. merendahkan suku dan tradisi lain C. menganggap suku dan budaya sendiri sebagai yang paling baikd. menerima keragaman suku dan buda ya sebagai kekayaan bangsa 17. Cara menghargai keragaman agama diIndonesia adalah dengan A. rajin belajar dan beribadahB. mengikuti ibadah agama orang lain C. mengotori tempat ibadah agama lainD. tidak mengganggu ibadah umat agama lain18. Menyelesaikan konflik di masyarakat de ngan cara penangguhan permusuhan untuk jangka waktu tertentu, guna melakukan ak tivitas tertentu yang tidak boleh diganggudisebuta. gencatan senjatab. arbritrasieC. mediasid konsiliasi19. Upaya menyelesaian perselisihan yang dilakukan oleh pihak ketiga yang keputusan nya diterima serta ditaati oleh kedua belahpihak dinamakan ..a. gencatan senjata b. arbritrasieC. mediasid. konsiliasi20. Cara menyelesaikan masalah di pengadilandinamakan ..a. ajudikasib. arbritrasi C mediasid. konsiliasi21. Akibat partainya kalah dalam pemilu, se kelompok pendukung parpol marah dan menyerang pendukung parpol pesaingnya. Konflik tersebut termasuk konflik .a. politikb. pribadi C. internasionald. rasial​


Jawaban:

1.a

2.b

3.c

4.a

5.b

6.a

7.d

8.a

9.a

10.b

11.c

12.d

13.b

14.a

15.a

16.d

17.d

18.a

19.c

20.b

21.a

Penjelasan:

maaf bila adayang salah jadikan jawaban terbaik


5. I. Isilah ( Scor 1 )1.Agama yang tidak diakui di Indonesia ....2.Makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah ....3.Sebutkan salah satu keragaman yang ada di Indonesia ....4.Semboyan Bhinneka Tunggal Ika ada terdapat dalam buku ....5.Latar belakang keragaman yang ada di Indonesia adalah ....6.Kita mempelajari tari Bali, tari Toraja, Aceh, dan Sunda hal ini berarti kita mewujudkan perilaku persatuan melalui ....7.Contoh nilai perjuangan bangsa sebagai wujud cinta tanah air adalah ....8.Kemajemukan adat istiadat, suku bangsa,gender, bahasa, agama, dan berbagai bentuk kesenian daerah merupakan ....9.Menghormati antar suku bangsa merupakan kewajiban dalam pergaulan dengan sesama, tertama karena kita ....10.Sikap yang harus dikembangkan terhadap sesama tanpa membedakan suku,keturunan,agama,dan warna kulit yaitu ....II.Jawablah ( Scor 4 )1.Apabtang menjadi latar belakang keragaman di Indonesia !2. Bagaimana hubungan antar keragaman suku,ras,agama,dan budaya dengan Bhinneka Tunggal Ika ?3.Bagaimana cara kamu mengembangkan perilaku kesatuan dalam Lingkungan keluarga,sekolah dam masyarakat ?4.Uraikan tiga jenis keragaman bangsa Indonesia !5.Mengapa salam pergaulan antar suku bangsa tidak boleh menyinggung agama, suku, agama ras dan antar golongan ( SARA( 6. Bagaimana cara menghargai perbedaannya ?7. Sebutkan suku yang ada Indonesia!Jangan asal jawabJangan malas jawab​


Jawaban:

1.kaharingan

2.berbeda-bedatetapipadahakikatnyabangsaindonesiatetapsatukesatuan

3.adatistiadat

4.BUKUKAKAWINSUTASOMA

5.sukubangsa

6.budayakesenian

7.relaberkorbandemikepentinganbersama

Penjelasan:

SEMANGATKK

MAAFKALAOSLHYA


6. 1. Antivitas mental dan fisik yang dituangkan dalam bentuk goresan tangan yang menggunakan media dua dan tiga dimensi, kegiatan tersebut merupakan aktivitas a. Menggambar c. Ragam hiasb. Seni rupa d. Seni music2. Objek yang tidak akan perna habis untuk digambar adalah. ?a. Komposisi, simetris, dan asimetris c. flora,fauna dana lam bendab. Seni rupa, geometris dan figuratif d. gambar,komposisi, dan objek3. Bentuk karya seni rupa yang sudah berkembang sejak zaman prasejarah adalaha. Ragam hias c. mengambarb. Seni rupa d. objek4. Motif ragam hias adalah.?a. Flora, fauna, alam benda c. flora,fauna,figuratifb. Flora ,fauna, geometris d. flora,fauna,figuratif ,geometris5. Tokoh rupa, pelukis besar kelahiran kisaran, Sumatra utara adalah.?a. Widayat c. Sudjojonob. Ismail marzuki d. Gesang martohartono6. Penerapan ragam hias pada bahan kayu adalah sebagai berikut, kecuali. ?a. Mengukur / memahat c. Melukisb. Membubuk d. Meraut7. Alat untuk mengukur ragam hias diatas bahan kayu adalah. ?a. Pahat kuku dan pahat lurus c. Pahat dan pemukulb. Pahat lengkung dan pahat miring d. Semuanya benar8. Istilah ilustrasi berasal dari Bahasa latin yaitu ilustrare yang berartia. Mengambar c. Pelajaranb. Perbandingan d. Menjelaskan 9. Perbandingan ideal dan harmonis antara bagian-bagian benda yang menjadi objek model mengambar disebut.?a. Proporsi c. Keseimbanganb. Komposisi d. Kesatuan10. Mengantur dan menyusun objek gambar yang digunakan model sehingga hasilnya tampak menarik disebut. ?a. Proporsi c. keseimbanganb. Komposisi d. Kesatuan11. Suatu kegiatan yang diawali dengan menentukan model yang akan digambar disebut.?a. Mengambar ilustrasi c. Keseimbanganb. Mengambar medel d. Kesatuan12. Pusat perhatian benda atau objek gambar terletak ditengah-tengah bidang gambar disebut.? a. Proporsi c. Komposisi Sentralb. Komposisi asimetris d. Komposisi simetris13. 1. Garis 5. Tekstur2. Gelap terang 6. Pensil3. Bentuk 7. Kertas4. BidangYang termaksud dalama unsur-unsur mengambar model yaitu.?a. 1, 2, 3, 4 dan 5 c. 1, 2, 3, 6 dan 7b. 1, 2, 3, 4 dan 6 d. 1, 2, 5, 6 dan 714. Berbentuk seperti pensil warna dengan lapisan kertas sebagai pembungkusnya dan memiliki warna tajam/jelas disebut.?a. Arang c. Pensilb. Charcoal d. Pulpen15. Gambar ilustrasi yang terdiri dari rangkaian gambar yang saling melengkapi dan memiliki alur cerita adalah?a. Kartun c. Kalikaturb. Vignette d. Komik16. Pengembangan dari mengambar biasanya memiliki keunikan atau ciri khas tersendiri yang disebut.?a. Lukisan c. Melukisb. Arti lukisan d. Seni Lukis17. Kegiatan mengolah mendium dua dimensi atau permukaan datar dari objek tiga dimensi untuk mendapatkan kesan tertulis disebut?a. Seni lukis c. Melukisb. Lukisan d. Seni patung18. Suatu pengalaman artistik yang ditumpahkan dalam bidang dua dimensional dengan menggunakan warna disebut?a. Melukis c. Seni lukisb. Lukisan d. Arti lukisan19. Tujuan berkarya seni untuk tujuan mendekatkan diri kepada sang pencipta sebagai pelindung dan penjaga dan pengampun dosa disebut tujuan?a. Relegius c. Karya tulisb. Karya seni lukis d. Untuk social20. Ide imajinasi yang sering melintas dalam fikiran baik secara sadar maupun tidak sadar disebut.?a. Mimpi c. Eskpresib. Khayalan d. Ekspungsionalisme21. Warisan budaya Indonesia beraneka ragam, lagu-lagu merupakan kekayaan dan warisan budaya Indonesia yang sampai saat ini masih dilestarikan, khususnya didalam hal bernyanyi yang biasa kita dikenal dengan istilah nasyid, acapella, vocal group, dan koor, namun keempat lagu tersebut terkadang dinyanyikan dengan cara UNISONO, apakah yang dimaksud dengan unisono.?a. Bernyanyi dengan satu suara c. Bernyanyi dengan canonb. Bernyanyi dengan bersatu d. Bernyanyi dengan banyak suara22. Lagu “Angin mamiri” adalah lagu khas daerah Sulawesi selatan (Makassar) yang sampai saat ini masih sering kita dengar dinyanyikan oleh kalangan masyarakat Sulawesi selatan, namun terkadang banyak kalangan dari masyarakat pecinta musik, belum mengatahui pencipta dari lagu tersebut. Siapkah pencipta lagu angin mamiri ?a. Ibu sud c. Ismail Marzukib. R.soerarjo d. Daeng Mamiri23. Alat musik melodis adalah alat musik yang memiliki nada-nada sehingga dapat mengeluarkan rangkain nada , yang merupakan alat musk melodis adalah?a. Gendang c. Gitarb. Suling d. Melodi gitar24. Musik sasando sekarang sudah dimodifikasi sehingga dapat digunakan untuk mengiringi orang beryanyi, alat music ini memiliki wilayah nada dari nada G besar sampai nada E3 karna itu sasando termaksud golongan dari musik?a. Chordofone d. telefonob. Epifone d. Membranfone25. Kelompok penyanyi yang terdiri dari 3-12 orang disebut. ?a. Paduan suara c. Vokal grupb. Unisono d. Acapella​


Jawaban:

Terlampir di gambar yaa


7. 1. Seni rupa zaman prasejarah diawali pada zaman…. a. Paleotikum b. Megalitikum c. Messolitikum d. Neolitikum e. Modern 2. Peninggalan seni rupa paling kuno diantara empat bangunan berikut adalah…. a. Taj mahal b. Prambanan c. Piramida giza d. Gedung sate e. Borobudur 3. Yang bukan aliran seni rupa paca modern adalah…. a. Impresionisme b. Abstarak c. Surialisme d. Cire purdue e. Realis 4. Nada 1 oktaf disebut nada…. a. Monotonis b. Diatonic c. Tritonis d. Politonis e. Poliponic 9. bentuk jari membuka bergetar dan lain sebagainya termasuk dalam tari a. Bali b. Sulawesi c. Sumatera d. Jawa e. Irian Jaya 10. tari yang mengambarkan aktivitas bertani termasuk jenis tari a. Rakyat b. Klasik c. Break Dance d. Kreasi e. Hip hop 11. penari dalam tari upacara adat dilakukan dengan a. individu b. berpasangan c. kelompok d. bertiga e. berlima 12. tari yang dilakukan untuk latihan rutin termasuk fungsi tari a. upacara b. hiburan c. pendidikan d. pertunjukan e. pergaulan 13. dalam latihan dasar gerak tari dapat menggunakan iringan a. gamelan b. hitungan c. pukulan d. musik tiup e. musik perkusi 14. biasanya ragam gerak tari klasik berirama a. gembira b. hentakan c. sunyi d. cepat e. lembut 15. iringan musik gerak tari dibagi menjadi dua internal dan a. energik b. eksternal c. ringan d. tegas e. sedih 16. budaya berasal dari bahasa... yang berarti bahwa segala sesuatu yang ada hubungannya dengan akal budi manusia a. melayu b. jawa kuno c. sansekerta d. yunani e. bugis 17 berikut yang termasuk kedalam unsur budaya, kecuali a. sistem kepercayaan b. ilmu pengetahuan c. sistem organisasi sosial d. kesenian e. sistem ketenagakerjaan 18. sarana bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan sosialnya untuk berinteraksi atau berhubungan dengan sesamanya disebut dengan sistem a. ilmu pengetahuan b. kepercayaan c. kesenian d. bahasa e. kemasyarakatan / organisasi sosial 19. usaha manusia untuk mempertahankan hidupnya sehingga mereka akan selalu membuat peralatan / benda-benda. berikut merupakan salah satu unsur budaya sebagai... a. sistem peralatan hidup / teknologi b. sistem kemasyarakatan / organisasi c. sistem ekonomi / mata pencaharian d. sistem ilmu pengetahuan e. kesenian 20. tujuan kritik tari adalah a. menjatuhkan b. mengagumi c. eksploritasi tari d. memperbaiki e. apresiasi 21. dalam seni tari kritikus akan menguraikan dan menilai dari segi sebagai berikut, kecuali.... a. panggung b. ekspresi c. busana tari d. gerak tari e. ilustrasi musik yang mengiringi 22. anggota gerak tubuh yang menjadi ciri khas pada gerak tari bali adalah a. hentakan kaki b. selendetan mata c. mengaket tangan d. gerakan pinggang e. melenggokkan kepala 23. berikut ini yang bukan tari tradisional adalah.. a. kecak b. pendet c. jaipong d. tari mandau e. ballet 24. tujuan atau manfaat olah tubuh sebelum menari adalah... a. menghindari cidera dan melenturkan badan b. menghafalkan gerak tari c. mengeraskan tubuh d. menglemahkan tubuh e. membentuk otot tubuh 25. property dalam tari disebut juga a. kostum tari b. perlengkapan tari c. accesoris tari d. make up tari 26. senar pada alat musik panting biasanya berjumlah... a. dua b. enam c. lima d. empat e. tiga 27. dibawah ini alat pendukung dalam musik panting, kecuali... a. gong b. gamelan c. biola d. babun e. tamborin 28. yang termasuk kedalam alat musik perkusi dibawah ini adalah a. piano b. conga c. biola d. terompet e. bass f. flute 29. di bawah ini lagu musik panting adalah a. sanja kuning b. apuse c. angin mamiri d. manuk dadali e. bubui bulan 30. dibawah ini cara mengembangkan kesenian musik panting, kecuali a. rasa ingin tahu b. dengan cara belajar c. meningkatkan ketajaman dan perabaan d. datang dan melihat pertunjukan musik panting e. tidak mudah menyerah dalam belajar 31. pengertian teater dalam arti yang luas adalah a. segala pertunjukan yang dipentaskan didepan orang banyak b. cerita tentang hidup dan kehidupan manusia yang dipentaskan didepan orang banyak dengan menggunakan naskah c. semua gedung yang dibuat untuk mementaskan pertunjukan teater d. teater yang di tonton oleh orang banyak e. teater yang jumlah pemainnya lebih dari satu 32. pemilihan seorang pemain berdasarkan ciri fisik pemain disebut a. perwatakan b. mimik c. alur d. karakter e penokohan 33. senjata khas dari daerah jawa timur adalah a. mandau b. celurit c. sumpit d. keris e. parang 34. unsur budaya yang paling nyata perbedaannya dari semua daerah adalah a. bahasa b. kesenian c. ilmu pengetahuan d. kepercayaan / religi e. sistem kemasyarakatan 35. karakter rama dan sinta pada cerita ramayana disebut a. antagonis b. deutragonis c. tritagonis d. foil e. protagonis


1.a 2.c 3.c 4.a 9.b 10.a 11.c 12.d 13.b 14.d 15.b 16.a 17.e 18.e 19.a 20.e 21.e 22.a 23.e 24.a 25.a 26.c 27.c

8. Selama ini Indonesia telah berganti kurikulum sebanyak 11 kali, terhitung sejak Indonesia merdeka. Yaitu pada tahu 1947, 1952, 1964, 1968, 1975, 1984, 1994, 2004, 2006, 2013, dan 2015. Kurikulum 1947 atau disebut Rentjana Pelajaran 1947 adalah Kurikulum pertama lahir pada masa kemerdekaan Karena masih dalam suasana perjuangan, pendidikan lebih menekankan pada pembentukan karakter manusia Indonesia merdeka, berdaulat, dan sejajar dengan bangsa lain di muka bumi ini. Materi pelajaran dihubungkan dengan kejadian sehari-hari, perhatian terhadap kesenian dan pendidikan jasmani. Kurikulum 1952 (Rentjana Pelajaran Terurai 1952) merupakan penyempurnaan kurikulum sebelumnya, merinci setiap mata pelajaran. Silabus mata pelajaran menunjukkan secara jelas seorang guru mengajar satu mata pelajaran Pada kurikulum 1964 (Rentjana Pendidikan 1964) pembelajaran dipusatkan pada program Pancawardhana, yaitu pengembangan moral, kecerdasan, emosional atau artistik, keprigelan (keterampilan), dan jasmani Kurikulum 1968 bertujuan membentuk manusia Pancasila sejati, kuat, dan sehat jasmani, mempertinggi kecerdasan dan keterampilan jasmani, moral, budi pekerti, dan keyakinan beragama. Pada Kurikulum 1984 posisi siswa ditempatkan sebagai subjek belajar. Dan mengamati sesuatu, mengelompokkan, mendiskusikan, hingga melaporkan. Model ini disebut Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) Kurikulum 2004, KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) mengandung tiga unsur pokok, yaitu pemilihan kompetensi sesual, spesifikasi indikator-indikator evaluasi untuk menentukan keberhasilan pencapaian kompetensi, dan pengembangan pembelajaran, Kurikulum 2006, KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), Pada Kurikulum 2006, pemerintah pusat menetapkan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Guru dituntut mampu mengembangkan sendiri silabus dan penilaian sesuai kondisi sekolah dan daerahnya. Kurikulum 2013 memiliki tiga aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, dan aspek sikap dan perilaku dan metode pembelajaran bersifat prosedural menggunakan SM. Pada tahun 2015 terbentuklah kurikulum 2013 revisi yang merupakan tahap penyempurnaan dari kurikulum 2013, seperti pemberian ruang kreatif pada guru untuk mengimplementasikan proses belajar tanpa harus menggunakan 5 M. Berdasarkan wacana tersebut analisislah alasan terjadinya perubahan kurikulum?​


Perubahan kurikulum terjadi untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya. Perubahan kurikulum ini juga telah disesuaikan dengan zaman agar kurikulum pendidikan Indonesia tak semakin tertinggal dan juga disesuaikan dengan kebutuhan siswa

Semoga membantu. Jadikan sebagai jawaban tercerdas ya!


9. 1. salah satu wujud rela berkorban dalam mengisi kemerdekaan adalah...a. mengikhlaskan sebagian tanahnya untuk pelebaran jalanb. menerima ganti rugi tanah dengan harga tinggic. menanti ajakan warga lain dalam keputusan d. menolak segala ajakan karena merugikan2. gotong royong sebagai perbuatan bangsa indonesia mengandung manfaat untuk...a. meringankan beban orang di sekitar kitab. mewujudkan keselamatan dan kesejahteraan bersamac. mewujudkan masyrakat yang lebih majud. meningkatkan taraf hidup setiap warganya3. berikut yang merupakan faktor pendorong persatuan dan kesatuan bangsa adalah..a. adanya rasa senasib dan seperjuangan yang diakibatkan oleh faktor sejarah b. masyarakat indonesia yang heterogen ( beraneka ragam) dalam faktor faktor kesukubangsaan dengan masing msing kebudayaan daerahnya, bahasa daerah, agama yang dianut, ras dan sebagainyac. wilayah negara yang begitu luas, terdiri atas ribuan kepulauan yang dikelilingi oleh lautan luasd. adanya paham "etnosentrisme"4. sikap kekeluargaan yang memungkinkan terjadinya proses dialogis segenap unsur bangsa sehingga dapat menerima pandangan orang lain walaupun berbeda pendapat, cara cara ini dikembangkan dengan asas musyawarah mufakat disebut...a. mengembangkan sikap dilihat dari aspek ideologib. mengembangkan sikap dilihat dari aspek psikologisc. mengembangkan sikap dilihat dari aspek pendidikand. mengembangka sikap dilihat dari aspek agama 5. paham yang sangat kuat terhadapa suatu pandangan yang melampaui batas kewajaran adalah paham...a. ekstrimisme b. chauvinismec. sekulerd. sukuisme6. berikut yang merupaka contoh dari paham provinsialisme adalah...a. saling toleransi antardaerahb. menghargai antardaerahc. bertukar kebudayaan antardaerahd. mementingkan kepentingan daerah sendiri7. mengakui bahwa indonesia mempunyai berbagai suku, ras, budaya serta kebiasaan yang berbeda merupakan prinsip...a. nnasionalosmb. radikalismec. bhineka tunggal ikad. wawasan nusantara8. butir dari persatuan indonesia, kecuali...a. mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsab. memajukan bangsa indonesiac. mengembangakan persatuab indonesia atas dasar bhineka tunggal ikad. sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negra dan bangsa apabila diperlukan9. tiap tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara merupakan bunyi dari pasal....a. 29 ayat 1b. 30 ayat 2c. 30 ayat 3 d. 30 ayat 110. berikut yang merupakan prinsip prinsip persatuan dan kesatuan bangsa, kecualia. bhineka tunggal ikab. nasionalisme undonesiac. komunismed. wawasn nusantara11. landasan kesatuan dan persatuan terdapat pada pancasila sila..a. pertamab. keduac. ketiga d. keempat12. berikut yang menyebabkan runtuhnya persatuan dan kesatuan sebagai berikut, kecuali...a. SARAb. perlakuan diskriminasic. kesukuand. toleransi dalam hidup13. guna memupuk persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari hari dapat dilakukan dengan cara...a. mempelajari dan memahami kesenian tradisionalb. mengadakan pertukaran pemuda antardaerahc. mengakui keanegaraman budaya daerahd. mengembangkan kebudayaan daerah masing masingtolong bantu jawab dongg kakak yang baikbsk dikumpulin


1. A
2.B
3.B
7.C
12. A
13. C

cuma itu
koreksi kalau salah
semoga membantu

10. Soal nomor 1Bahan serat adalah salah satu bahan yang sangat praktis dan tersedia banyak di sekitar kita untuk dimanfaatkan menjadi produk kerajinan diantaranya adalah ….A. mebelair dan patungB. cincin dan gelangC. tas dan sapuD. gantungan kunci dan miniatur rumahSoal nomor 2Bahan-bahan di bawah ini yang termasuk bahan serat adalah ….A. kapas dan eceng gondokB.  Kepompong dan kulit kambingC. pandan dan kayuD.  kapuk dan tanah liatSoal nomor 3Terdapat dua jenis asal bahan serat alam, yaitu ….A. batang dan daunB.  mineral dan hewanC. biji dan buahD.  tumbuhan dan hewanSoal nomor 4Bahan serat alam yang berasal dari pohon kelapa, untuk pembuatan kerajinan alat kebersihan berupa sapu, kemoceng, dan pencuci perlengkapan alat dapur adalah ….A. lidiB. batokC. sabutD. santanSoal nomor 5Salah satu langkah dalam proses pengolahan bahan serat agar dapat dimanfaatkan lebih lanjut adalah ….A. pembatikanB. pemintalanC. pemberian kanjiD. pembersihanSoal nomor 6Serat alam sebagian besar berwarna coklat dan tidak menarik. Proses pengolahan yang dapat membuat serat alam lebih siap dibuat kerajinan adalah ….A. pewarnaanB. penggulungan .C. pemintalanD. penenunanSoal nomor 7Kerajinan serat alam berupa kapas, kepompong ulat sutera dan linen dapat dibuat produk yang merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, yaitu ….A. pakaianB. tempat tinggalC. makananD. kesehatanSoal nomor 8Tiga proses pengolahan bahan serat tekstil untuk kerajian adalah ….A. menganyam, menjahit, dan membatikB. memotong, mencetak, dan menyambungC. menenun, menjahit, dan mengikatD. mewarnai, mencelup, dan menggulungSoal nomor 9Dua dari lima syarat perancangan benda kerajinan adalah ….A. utility dan flexisibilityB. comfortable dan familyC. safety dan seniD. aestetic dan revisiSoal nomor 10Berikut adalah kegunaan dari kemasan kerajian, kecuali ….A. melindungiB. memasarkanC. memperindahD. memahalkanSoal nomor 11Kain batik motif garda biasanya dipakai untuk acara pernikahan. Hal ini merupakan contoh fungsi kerajinan tekstil berupa fungsi ….A. penghiasB.  kelengkapan ritualC. benda pakaiD.  simbolikSoal nomor 12Contoh hasil kerajinan tapestri dapat berupa ….A. lukisanB.  alas dan tutup gelasC. taplak mejaD.  aneka perlengkapan dapurSoal nomor 13Bahan untuk rintang warna pada proses pembuatan batik adalah berupa ….A. karetB. malamC. taliD. kayuSoal nomor 14Pakaian wanita sering kali diberi hiasan berupa motif-motif indah dengan bentuk bunga, geometris dan lain-lain. Teknik menghias tekstil dengan jahitan tangan disebut ….A. batikB. bordirC. aplikasiD. sulamSoal nomor 15Teknik menghias busana dengan menempelkan kain berwarna lain dan diselesaikan dengan jahitan tangan adalah ….A. batikB. bordirC. aplikasiD. sulamSoal nomor 16Kendaraan berupa motor, kereta, dan pesawat terbang merupakan hasil pengembangan dari teknologi ….A. produksiB. transportasiC. komunikasiD. kontruksiSoal nomor 17Di dalam teknik persambungan, ada dua cara untuk membuat miniatur rumah ada dua, yaitu ….A. sambungan sementara dan permanenB. sambungan lidi dan pakuC. sambungan dan perekatanD. sambungan tetap dan tidak tetapSoal nomor 18Tiga bagian miniatur rumah adalah ….A. lantai, atap, dan dindingB. bawah, tengan, dan atasC. bahan dasar, pembuatan, dan pewarnaanD. sisi, atas, dan bawahSoal nomor 19Sayuran berasal dari aneka macam bagian dari tumbuhan salah satunya dari biji, bunga dan batang. Contoh jenis sayuran tersebut adalah ….A. kacang panjang, kol dan kubisB. kacang hijau, brokoli dan rebung.C. bawang merah, wortel dan seledriD. tomat, asparagus dan sawiSoal nomor 20Wadah tanam vertikultur cocok untuk daerah dengan lingkungan ….A. desaB. perkotaanC. sawahD. perdesaanSoal nomor 21Hidroponik merupakan teknik penanaman sayuran menggunakan media ….A. tanpa tanahB. arangC. hanya airD. ijukSoal nomor 22Cara penanaman budi daya pertanian dengan vertikal atau bertingkat disebut ….A. hidroponikB. vertikulturC. peptisidaD. holtikulturaSoal nomor 23Buah sangat bermanfaat untuk membangun daya tahan tubuh, karena buah banyak mengandung ….A. vitamin, mineral, dan airB. vitamin, mineral, dan karbohidratC. protein, lemak, dan airD. protein, lemak, dan vitaminSoal nomor 24Minuman yang cara pengolahannya didapat secara turun-temurun dan berdasarkan resep nenek moyang dan adat istiadat masyarakat setempat bahannya banyak berasal dari rerempahan dan aneka daun serta tumbuh-tumbuhan dari alam sekitar disebut ….A. minuman sehatB. minuman segarC. minuman tradisionalD. minuman dinginSoal nomor 25Salah satu produk olahan buah menjadi minuman adalah ….A. jusB. keripikC. manisanD. asinan​


Jawaban:

1.D

2.A

3.D

4.C

5.D

6.B

7.A

8.C

9.A

10.D


11. Ungkapan perasaan yang dituangkan dalam bentuk bunyi-bunyian, baik suara manusia (vokal ) maupun alat musik (instrument) disebutA sent rupaB. seni musik12 Musikmanusia.C seni tari D. seni dramaadalah kegiatan musik yang bentuk penyajiannya menggunakan suaraA instrumentalB. vokalC. CanonD. a capella13. Pernafasan yang digunakan dalam bernyanyi, yaitu pernafasan..... A. diafragmaB. dadaC. perut D. Mulut14. Seorang penyanyi menggunakan teknik pernafasan yaitu udara yang masuk ke paru-paru sebanyak-banyak-nya, rongga dada dan rongga perut mengembang rata (mendatar).A. perutB. dadaC diafragmaD. mulut15. Cara pengucapan kata-kata dalam menyanyi agar pesan lagu dapat dimengerti dan dipahami dengan jelas disebut...A intonasisi B. notasiC. artikulasiD. Kreasi16. Teknik pemenggalan kelompok kata dalam kalimat lagu serta pengucapan yang jelas disebut....A. artikulasiCintonasiB. phrasering D. Vibrasi17. Berikut ini pernyataan yang tidak benar tentang "Bernyanyi secara Unisono" adalah:A. Bernyanyi dengan satu suaraB. Partitur lagunya hanya melodi pokonya sajaC. Lagu daerah yang ada di Indonesia dapat dinyanyikan secara unisono.D. Lagu yang dinyanyikan oleh satu orang saja.18. Pada waktu kita menyanyikan sebuah lagu, harus memperhatikan unsur perasaan atau jiwa dari lagu, misalnya: sedih, gembira, semangat, dll. yaituA. ekspresiB. iramaC. harmoniD. Melodi19. Lagu Mars SMP dua Pengasih dimulai pada hitungan ke...A SatuB. Dua20. Tanda 4/4 adalah menunjukkanA birama lagu dengan 4 ketukan nadaB. dinamik lagu yang lembutSelamat mengerjajakanC. TigaD. EmpatC. irama lagu yang cepat D. ekspresi lagu yang sedihtolong ya kk ak kasih poin nya lumayan kok nnti ak follow jg pless bntu​


Jawaban:

11. B. Seni musik

12. (maaf soal nya kurang jelas)

13. A. Diafragma

14. C. Diafragma

15. A. Intonasi

16. (maaf kurang tau)

17. D. Lagu yang di nyanyikan oleh satu orang saja

18. A. Ekspresi

19. B. Dua

20. A. Birama lagu dengan 4 ketukan nada

Penjelasan:

Semoga membantu

Answer by : cacanov


12. 1. Wujud budaya yang berasal dari gagasan adalah… * 2 poin a. Seni pertunjukan b. Pakaian adat c. Kepercayaan d. Upacara adat 2. Pakaian adat dan senjata tradisional merupakan wujud budaya yang berasal dari sebuah… * 2 poin a. Gagasan b. Benda c. Tindakan d. Sikap 3. Sikap yang baik terhadap keragaman budaya uang ada di dalam masyarakat adalah… * 2 poin a. Ikut melestarikan budaya yang ada b. Membeda-bedakan antar budaya c. Tidak senang melihat pertunjukan acara adat. d. Menentang kebudayaan dariorang lain. 4. Cara melestarikan budaya bangsa kecuali… * 2 poin a. Mempelajari Kesenian Daerah Lain b. Mengembangkan Budaya Daerah Sendiri c. Mempunyai sikap mau menerima keragaman suku bangsa dan budaya yang ada di masyarakat d. Mementingkan kebudayaan luar 5. Sebutkan unsur- unsur budaya yang ada di dalam bangsa Indonesia… * 2 poin a. Pasar b. Bank c. Swalayan d. Bahasa 6. Sebutkan sikap menghadapi keragaman yang ada di sekolah…. * 2 poin a. Memiliki rasa solidaritas b. menang sendiri c. Berbicara yang baik d. Tekun 7. Menentukan keputusan melalui musyawarah untuk mufakat merupakan perwujudan dari nilai- nilai sila Pancasila terutama sila …. * 2 poin . Pertama b. Kedua c. Ketiga d. Keempat 8. Setiap warga negara berhak untuk menentukan agama dan keyakinannya masing- masing. Hal itu selaras dengan sila Pancasila yaitu …. * 2 poin a. Ketuhanan Yang Maha Esa b. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab c. Persatuan Indonesia d. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan 9. Hal yang seharusnya tidak dilakukan dalam hidup berdampingan dengan umat agama lain adalah …. * 2 poin a. menghormati teman lain agama yang sedang beribadah b. mengikuti ibadah teman yang berbeda agama c. Ikut menjaga keamanan dan ketertibn aat umat lain menjalankan ibadahnya d. bersikap tenggang rasa dalam kerukunan umat beragama 10. Sikap yang terbaik bila keputusan musyawarah tidak sesuai dengan usulan kita adalah …. * 2 poin . memboikot keputusan tersebut b. tidak menerima keputusan tersebut c. menerima dengan setengah hati d. menerima dengan penuh tanggung


Jawaban:

1. D. upacara adat

2. B. benda

3. A. ikut melestarikan budaya yang ada

4. D. mementingkan kebudayaan luar

5. D. bahasa

Penjelasan:

semoga bermanfaat ^_^


13. 4Selama ini Indonesia telah berganti kurikulum sebanyak 11 kali, terhitung sejak Indonesiamerdeka. Yaitu pada tahu 1947, 1952, 1964, 1968, 1975, 1984, 1994, 2004, 2006, 2013, dan 2015.Kurikulum 1947 atau disebut Rentjana Pelajaran 1947 adalah Kurikulum pertama lahir pada masakemerdekaan. Karena masih dalam suasana perjuangan, pendidikan lebih menekankan padapembentukan karakter manusia Indonesia merdeka, berdaulat, dan sejajar dengan bangsa lain di mukabumi ini. Materi pelajaran dihubungkan dengan kejadian sehari-hari, perhatian terhadap kesenian danpendidikan jasmani. Kurikulum 1952 (Rentjana Pelajaran Terurai 1952) merupakan penyempurnaankurikulum sebelumnya, merinci setiap mata pelajaran. Silabus mata pelajaran menunjukkan secara jelasseorang guru mengajar satu mata pelajaran. Pada kurikulum 1964 (Rentjana Pendidikan 1964)pembelajaran dipusatkan pada program Pancawardhana, yaitu pengembangan moral, kecerdasan,emosional atau artistik, keprigelan (keterampilan), dan jasmani.Kurikulum 1968 bertujuan membentuk manusia Pancasila sejati, kuat, dan sehat jasmani,mempertinggi kecerdasan dan keterampilan jasmani, moral, budi pekerti, dan keyakinan beragama.Pada Kurikulum 1984 posisi siswa ditempatkan sebagai subjek belajar. Dari mengamati sesuatu,mengelompokkan, mendiskusikan, hingga melaporkan. Model ini disebut Cara Belajar Siswa Aktif(CBSA). Kurikulum 2004, KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) mengandung tiga unsur pokok, yaitupemilihan kompetensi sesuai, spesifikasi indikator-indikator evaluasi untuk menentukan keberhasilanpencapaian kompetensi, dan pengembangan pembelajaran. Kurikulum 2006, KTSP (Kurikulum TingkatSatuan Pendidikan). Pada Kurikulum 2006, pemerintah pusat menetapkan standar kompetensi dankompetensi dasar. Guru dituntut mampu mengembangkan sendiri silabus dan penilaian sesuai kondisisekolah dan daerahnya. Kurikulum 2013 memiliki tiga aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, aspekketerampilan, dan aspek sikap dan perilaku dan metode pembelajaran bersifat prosedural menggunakan5M. Pada tahun 2015 terbentuklah kurikulum 2013 revisi yang merupakan tahap penyempurnaan dankurikulum 2013, seperti pemberian ruang kreatif pada guru untuk mengimplementasikan proses belajartanpa harus menggunakan 5 M.Berdasarkan wacana tersebut analisislah alasan terjadinya perubahan kurikulum?​


Jawaban:

Kurikukum di Indonesia selalu berubah-ubah karena nengikuti adanya perkembangan zaman yang terjadi, terutama perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.


14. I. Isilah ( Scor 1 )1. Agama yang tidak diakui di Indonesia ....2. Makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah ....3. Sebutkan salah satu keragaman yang ada di Indonesia ....4. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika ada terdapat dalam buku ....5. Latar belakang keragaman yang ada di Indonesia adalah ....6. Kita mempelajari tari Bali, tari Toraja, Aceh, dan Sunda hal ini berarti kita mewujudkan perilaku persatuan melalui ....7. Contoh nilai perjuangan bangsa sebagai wujud cinta tanah air adalah ....8. Kemajemukan adat istiadat, suku bangsa, gender, bahasa, agama, dan berbagai bentuk kesenian daerahmerupakan ...9. Menghormati antar suku bangsa merupakan kewajiban dalam pergaulan dengan sesama, tertama karena kita ....10. Sikap yang harus dikembangkan terhadap sesama tanpa membedakan suku, keturunan, agama, dan warna kulit yaitu ....II. Jawablah ( Scor 4 )1. Apa yang menjadi latar belakang keragaman di Indonesia !2. Bagaimana hubungan antar keragaman suku, ras, agama, dan budaya dengan Bhinneka Tunggal Ika ?3. Bagaimana cara kamu mengembangkan perilaku kesatuan dalam Lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat ?4. Uraikan tiga jenis keragaman bangsa Indonesia !5. Mengapa salam pergaulan antar suku bangsa tidak boleh menyinggung agama, suku, agama ras dan antar golongan ( SARA )​


Jawaban:

1. Kaharingan

2. Berbeda beda tetapi tetap satu jua

3. Budaya, bahasa, agama, dll

4. kakawin Sutasoma

5. keragaman suku bangsa. ... banyaknya pengaruh budaya. wilayah Indonesia yang luas dan berbentuk kepulauan

6. Budaya tari

7. Pantang menyerah, tidak mudah putus asa, rela berkorban, dll

8. modal budaya milik bangsa

9. memiliki rasa toleransi

10. Toleransi

1. suku bangsa, agama, budaya, pengaruh negara asing

2. memiliki hubungan

3. maaf aku ngak tau

4. keberagaman suku, keberagaman agama, keberagaman ras, dan juga keberagaman anggota golongan

5. Dapat menyebabkan perpecahan


15. 1. Berikut contoh pelaksanaan sila keempat yang tepat adalah…. a.Bermusyawarah,Mengutamakan kepentingan orang banyak b.Menjalankan ibadah sesuai agama masing-masingc.Membantu korban bencana alamd.Suka menabung2. Nilai dalam sila ke 5 pancasila adalah… a.Persatuan b.Ketuhanan c.Kemanusiaan d.Keadilan 3. Santi sangat sedih. Ayahnya baru saja bercerita bahwa penduduk setempat mengeluhkan keberadaan peternakan ayamnya. Mereka tidak tahan dengan bau yang berasal dari peternakan ayamnya. Santi bingung.Peternakan ayam Santi adalah peternakan keluarga. Usaha dari peternakan dapat menghidupi keluarga dan membiayai sekolahnya. Santi memiliki peternakan ayam petelur. Secara teratur ia mengirimkan telur ayamnya ke pasar untuk disimpan di salah satu toko di sana.Santi tidak mau peternakan ayamnya digusur. Ia akan berusaha agar penduduk mau menerima keberadaan peternakannya. Apapun yang terjadi, Santi akan membela keluarganya agar peternakannya tetap beroperasi.” sila yang terdapat pada paragraph di atas adalah ….a.Sila ke 1 b.Sila ke 2c.Sila ke 3 d.Sila ke 4 4. Soal no 4 dan 5 ) Informasi apa yang terdapat dalam bacaan tersebut?a.Hasil hutan negara Vietnam adalah bambu ,kayub.Sungai Mekong adalah sungai yang terdapat di vietnamc.seabgian besar perekonomian di Vietnam adalah pertanian.d.Tekstil adalah hasil industry Vietnam 5. Sebutkan hasil hutannya negara vietnam ?a.Tekstil,semen,pupuk,kaca danbanb.Emas,bijih besi,timah,gampingc.Fasfat,tungsten/walfromd. Bambu, Kina, Kayu dan kayu manis.6. Perhatikan teks laporan berikut ini !Jerapah berkembangbiak dengan cara melahirkan. Jerapah memiliki masa hamil yang cukup lama, yaitu 15 bulan. Induk jerapah biasanya menjauh dari kawanannya ketika akan melahirkan. Setelah lahir, induk jerapah akan mengasuh anaknya. Induk jerapah juga akan melindungi anaknya dari hewan pemangsa.Kalimat tanya yang tepat sesuai teks laporan tersebut adalah……Mengapa induk jerapah menjauh dari kawanannya ketika akan melahirkan ?Bagaimana perkembangbiakan jerapah ?Bagiamana anak – anak jerapah melindungi diri ?Apa jenis makanan yang dikonsumsi jerapah ?7. Berikut yang merupakan ciri-ciri hewan vivipar adalah…a.Tidak mempunyai daun telingab.Tidak menyusui anaknyac.Biasanya bukan golongan mamaliad.mempunyai kelenjar susu 8. Menurut cara perkembangbiakannya hewan tersebut termasuk hewan… a.Ovipar b.Vivipar c.Ovovivipar d.Karnifora 9. Hewan ini memiliki indra pendengaran yang sangat baik, lebih baik daripada manusia dan keluar pada malam hari. Hewan ini juga berperan besar dalam penyebaran dan penyerbukan tanaman. Hewan tersebut adalah ….a.Serangga b.Cacing pitac.Ayam d.Kelelawar 10. Indonesia dikaruniai luas wilayah lautan lebih besar dibandingkan luas daratan. Luas lautan Indonesia mencapai …. a. 5,8 juta km2. b.5,9 juta km2 c.5,7 juta km d.5,6 juta km211. Faktor yang menyebabkan majunya pertanian di ASEAN adalah,,,a.Teknologi pertanian yang majub.Tanah yang subur dan iklim tropisc.Jauh dari lautd.memeiliki dua musim12. Daerah di sekitar Sungai Mekong merupakan daerah yang subur. Mata pencaharian penduduk adalah pertanian. Hasil pertanian yang besar adalah padi dan karet. Negara yang dialiri sungai Mekong adalah…… a.Berunai darusalam b.Singapura c. Jepang d. Kamboja 13. Berikut yang bukan teknik pembuatan patung adalah… a.Cetak b.Membutsir c.Pahat d.Menjiplak 14. Berikut yang merupakan kesalahan saat membuat patung dari bubur kertas adalah….a.Menyobek kertas menjadi kecil-kecilb.Mencampur kertas dengan air dan lemc.Membuat kerangka dari kawatd.Menjemur Patung 15. Gambar tersebut di buat dengan teknik… a.ukiran b.Pahat c.konstruksi d.menempelB. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang benar! 16. Sila ke 4 pancasila dilambangkan oleh…. 17. Suka bekerja keras dan mengembangkan sikap hemat merupakan nilai yang terkandung dalam sila ke…. 18. Patung adalah pemaparan ekspresi, gagasan, dan ide dalam bentuk karya seni rupa tiga dimensional yang merupakan tiruan dari bentuk manusia dan alam dengan menggunakan berbagai teknik khusus (pahat, cetak, membutsir dan kontruksi) Berdasarkan paragraph di atas, tehnik pembuatan patung adalah…. 19. "Perikanan air payau dilakukan di tepi-tepi pantai yang datar dalam bentuk tambak atau empang. Jenis ikan yang diusahakan adalah udang dan bandeng. Sedangkan Perikanan air tawar meliputi perikanan di sawah, kolam, danau, sungai, dan keramba. Jenis-jenis ikan yang diusahakan adalah ikan mas, nila, lele, gurami". Bacaan di atas menceritaka tentang…. 20. Perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur disebut….. 21. Telur menetas di dalam tubuh induk, kemudian anaknya keluar dari tubuh induknya. Pernyataan tersebut merupakan ciri hewan … 22. Negara ASEAN yang paling maju adalah …. 23. "Negara yang dijuluki Gajah Putih, negara Seribu Pagoda, lumbung padi ASEAN “ adalah …. 24. Fungsi patung monument adalah……. 25. Patung Garuda Wisnu Kencana terdapat di provinsi…..​


Jawaban:

1. a

2.d

3.c

4.a

maafjikajawabansyaslh


Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)