Makna Puisi Secara Keseluruhan Tanah Airku Tanah Yang Beragam

Admin
0

Tanah Airku Tanah Yang Beragam menyiratkan kecintaan pada Indonesia sebagai sebuah bangsa yang memiliki keberagaman budaya, bahasa, dan agama. Puisi ini mengajak para pembacanya untuk merenungkan betapa indahnya negeri ini dengan segala keragamannya. Melalui kata-kata yang dipilih dengan teliti, puisi ini memberikan gambaran tentang keindahan alam, kearifan lokal, dan sejarah yang dilalui oleh bangsa Indonesia. Dengan demikian, Tanah Airku Tanah Yang Beragam memotivasi kita untuk terus menjaga dan menghargai keberagaman yang ada di Indonesia.

Kumpulan Pertanyaan dan Jawaban yang Berkaitan dengan "Makna Puisi Secara Keseluruhan Tanah Airku Tanah Yang Beragam":



Makna Puisi Secara Keseluruhan Tanah Airku Tanah Yang Beragam



Daftar Isi:

1. apa makna puisi secara keseluruhan dari tanah airku,tanah yang beragam​


Jawaban:

Makna puisi secara keseluruhan adalah Indonesia memiliki beraneka ragam suku dan bangsa. Kita harus bersyukur dan bangga hidup di Indonesia. Oleh karena itu kita harus merawat, menyayangi, dan menjaga Indonesia demi bangsa Indonesia.

SEMOGA BERMANFAAT 。☆✼★━━━━━━━━━━━━★✼☆。

Jawaban:

Makna Puisi Secara Keseluruhan Adalah Indonesia Memiliki Beraneka Ragam Suku Dan Bangsa.

Penjelasan:

Semoga Membantu...

Jangan Lupa Follow Aku Ya...


2. Makna puisi Tanah airku, tanah yang beragam secara seluruhan


Bangsa Indonesia adalah bangsa yang beragam budaya nya, bahasa, dan agama

Smoga membantu.

3. puisi Tanah Airku , Tanah Yang Beragam 1.) Makna puisi bait pertama= 2.) Makna puisi bait kedua= 3.) Makna puisi bait ketiga= 4.) Makna puisi baik keempat= 5.) Makna puisi secara keseluruhan =


Makna puisi tanah airku, tanah yang beragam:

Paragraf 1

Walaupun terdiri dari beraneka ragam suku bangsa, kita semua adalah orang Indonesia.

Paragraf 2

Rasa syukur dan bangga lahir di Indonesia.

Paragraf 3

Indonesia kaya akan semua kekayaan alam untuk seluruh rakyat indonesia.

Paragraf 4

Mengajak merawat, menyayangi, dan menjaga indonesia

Makna keseluruhan

Bangsa Indonesia terdiri dari beraneka ragam suku dan bangsa Indonesia yg mempunyai banyak kekayaan bagi seluruh rakyat Indonesia maka dari itu, kita harus bersyukur dan bangga bisa hidup di indonesia. Kita haru mau untuk merawat, menyayangi, dan menjaga tanah air Indonesia.

Pembahasan

Pengertian dari puisi ialah salah satu jenis dari karya sastra yang berwujud tulisan yang dimana di dalam puisi tersebutmengandung sebuah rima, irama, ritma dan lirik yang terdapat pada masing-masing baitnya.

Puisi terdiri dari dua jenis:

a. Puisi lama:

Puisi lama merupakan salah satu dari jenis puisi yang berkaidah atau beraturan dalam penulisan puisi.

Ciri-ciri puisi:

Jumlah kata yang tertentu dalam satu baris puisi.Mempunyai jumlah baris atau kalimat yang tertentu hanya dalam satu bait.Bersajak dan berima.Terdiri dari banyak suku kata.

b. Puisi baru:

Ciri-ciri puisi baru:

Tersusun rapi dan bersifat simetris.Sajaknya beraturan.Pada uumnya menggunakan sajak syair dan berpola pantun.Bentuknya empat seuntai.Terdiri dari satu kesatuan yang utuh dan sintaksis - gatra.Setia gatra terdiri atas 4 - 5 suku kata. Pelajari lebih lanjut  

Materi penjelasan tentang puisi pada link  

brainly.co.id/tugas/9116095    

Materi penjelasan tentang ciri-ciri puisi pada link  

brainly.co.id/tugas/1999845    

Detil Jawaban

Kelas     : VIII

Mapel    : Bahasa Indonesia

Bab        : Bab 1 - Sastra

Kode      : 8 .1.1

#TingkatkanPrestasimu


4. Makna puisi Secara Keseluruhan,Tanah Airku Tanah yang beragam By:Karitas TOLONG DI JAWAB YA KAK SAYA KASI 79 KOIN SOALNYA BESOK MAU DI KUMPULIN;)


Jawaban:

Pada bait pertama, disebutkan bahwa suku-suku yang ada di Indonesia tetap disebut orang Indonesia.

2. Makna puisi bait kedua

Pada bait kedua, setiap orang harus bangga terhadap identitas kesukuannya.

Meskipun berasal dari daerah dan suku yang berbeda, pada akhirnya akan dikenal sebagai bangsa Nusantara.

3. Makna puisi bait ketiga

Pada bait ketiga, disebutkan bahwa tanah air Indonesia adalah tanah yang beragam. Tanah air Indonesia adalah titipan Tuhan yang diberikan untuk bangsa Indonesia

4. Makna puisi bait keempat

Puisi bait keempat berisi ajakan untuk senantiasa merawat dan memelihara bumi tempat kita tinggal. Selain itu, kita juga harus menyayangi Indonesia sebagai jagad Nusantara tempat kita hidup dalam perbedaan dan keragaman.

Jawaban:

1. Makna puisi bait pertama yaitu meskipun kita berasal dari daerah yang berbeda, tetap menjadi satu sebagai orang Indonesia.

Kata 'kami' pada baris terakhir bait pertama merujuk pada orang Toraja, orang Papua, dan orang Madura, yang merupakan wilayah Indonesia.

2. Makna puisi bait kedua yaitu rasa syukur dan bangga kita terhadap wilayah masing-masing, membuat kita semakin bangga disebut Nusantara.

Nusantara berarti sebutan bagi seluruh wilayah Kepulauan Indonesia.

3. Makna puisi bait ketiga yaitu Indonesia dikenal karena keragaman sumber daya alamnya, sehingga disebut titipan para dewa.

Dengan keberagaman alam yang melimpah, masyarakat Indonesia akan merasa berkecukupan untuk memenuhi kebutuhannya.

4. Makna puisi bait keempat yaitu sebagai rakyat Indonesia kita harus merawat ibu pertiwi dan menyayanginya, untuk kebaikan bangsa Indonesia.

Lalu, bagaimanakah makna keseluruhan puisi "Tanah Airku, Tanah yang Beragam"?

Jawabannya yaitu Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang kaya akan wilayah, budaya, dan keberagaman alam.


5. puisi tanh airku tanah yang beragam 1.) makna puisi bait pertama= 2.) Makna puisi bait kedua= 3.) Makna puisi baik ketiga= 4.) Makna puisi bait keempat= 5.) Makna puisi secara keseluruhan=


puisinya mna oi?tolong buat puisinya lah

6. Kamu menyebut dirimu orang Toraja...Dia menyebutkan dirinya orng Papua..Aku menyebut diriku orang Madura..Kami menyebut diri kami orang Indonesia.. Kamu bersyukur dilahirkan di tanah para raja.. Dia berterimakasih bergelar mutiara hitam.. Aku bangga disebut sebagai punggawa.. Kami bersujud dikenal sebagai Nusantara.. Tanah air ku,tanah titipan para dewa Tanah air ku, tanah pusaka Tanah air ku,tanah yang beragamSegalanya ada untuk manusia Indonesia Mari kita rawat ibu Pertiwi ini Mari kita sayangi jagad Nusantara ini Mari kita pelihara pusaka ini Demi kita,bangsa IndonesiaSebutkan makna setiap bait puisi dan Makna puisi secara keseluruhan!​


Jawaban:

saling menghormati antar perbedaan

Penjelasan:

maaf kalau salah


7. tanah airku,tanah yang beragamkamu menyebut dirimu orang torajadia menyebut dirinya orang papuaaku menyebut diriku orang madurakami menyebut diri kami,orang indonesia kamu bersyukur dilahirkan di tanah para raja dia berterima kasih bergelar mutiara hitam aku bangga disebut sebagai punggawa kami bersujud dikenal sebagai nusantaratanah airku,tana titipan para dewatanah airku,tanah pusakatanah airku,tanah yang beragam segalannya ada untuk manusia indonesia mari kita rawat ibu pertiwi ini mari kita sayangi jagad nusantara ini mari kita pelihara pusaka ini demi kita,bangsa indonsia1.makna puisi bait pertama2.makna puisi bait kedua3.makna puisi bait ketiga4.makna puisi bait keempat5.makna puisi secara keseluruhan


1. keberagaman suku
2. lahir di indonesia yang semuanya raja
3. Indonesia disebut tanah yang beragam akan nusantara
4. Indonesia mempunyai kebutuhan(alam) yang bisa di penuhi untuk orang indonesia
5. bangga karena lahir di indonesia atas keberagaman suku, budaya, dan alam indonesia

#maaf kalau salah ,


Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)